Adev Natural Indonesia, PT – Jasa Maklon Kosmetik Sabun

Cara Menggunakan Cetakan Sabun yang Baik

Cara Menggunakan Cetakan Sabun yang Baik – Alat atau mesin cetakan sabun merupakan bagian peralatan yang diperlukan untuk membentuk sabun sesuai dengan bentuk tertentu yang diinginkan. Cetakan sabun disebut juga dengan soap molding yang berarti pembentuk sabun. Bentuk sabun dapat beraneka ragam seperti, kotak, bulat, oval, dan bentuk unik lainnya. Bentuk tersebut dihasilkan dari bentuk cetakan yang digunakan.

Cara Menggunakan Cetakan SabunDalam proses pembuatan sabun, cetakan sabun digunakan setelah adonan sabun siap dibentuk. Setelah adonan dituang ke dalam cetakan sabun, maka sabun tersebut dibiarkan mengeras di dalam cetakan. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan cetakan sabun yang dibuat dari bahan yang tahan terhadap sifat sabun, seperti anti karat. Setelah sabun mengeras, maka sabun selanjutnya dikeluarkan dengan bantuan mesin pendorong sabun (extruder).

Lalu bagaimana cara menggunakan cetakan sabun yang baik? Jika anda menggunakan molding sabun yang dibuat dari bahan PVC, berikut ada beberapa tips dan cara menggunakan cetakan sabun yang baik dan benar.

Tahap Persiapan

  • Molding atau cetakan sabun dibersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan.
  • Pastikan karet penutup cetakan menempel dengan baik dan tidak terdapat lubang yang menyebabkan kebocoran.
  • Selang penuangan disiapkan untuk dihubungkan dengan kran penuangan yang terdapat pada tangki pembuatan sabun saat adonan sabun hasil proses siap dituang.

Tahap Penggunaan

  • Letakkan molding atau cetakan sabun dengan posisi berdiri pada dudukan cetakan yang diam untuk menghindari tumpahnya sabun atau terjatuhnya cetakan sabun.
  • Saluran/selang penuangan adonan sabun dihubungkan dengan kran penuangan yang terdapat pada mesin pengolahan sabun.
  • Selanjutnya adonan sabun dialirkan ke dalam cetakan dengan membuka kran secara perlahan hingga cetakan terisi penuh. Aliran sabun dimatikan dengan menutup keran.
  • Selang selanjutnya dipindahkan keatas cetakan lainnya yang kosong dan demikian selanjutnya dituang hingga adonan sabun habis dari tangki pembuatan (pengadukan) sabun.
  • Setelah proses penuangan selesai selang penuangan dicopot dan dicuci serta dikeringkan untuk penggunaan berikutnya

Tahap Perawatan

  • Cuci molding atau cetakan yang telah selesai digunakan dan bersihkan setiap permukaannya untuk memastikan tidak ada sisa sabun yang tertinggal pada bagian dalam cetakan. Bersihkan juga sisa sabun yang menempel pada spon penutup.
  • Proses pencucian dapat dibantu dengan perendaman terlebih dahulu molding dan spon dalam bak air sebelum digosok atau dibilas

Itulah beberapa tips cara menggunakan dan merawat cetakan sabun, khususnya cetakan sabun yang dibuat dari PVC. Jikalau artikel ini bermanfaat untuk anda, silakan bagikan ke teman-teman anda.

Cara Menggunakan Cetakan Sabun yang Baik
5 (100%) 1 vote

Tags:

cara mengeluarkan sabun dari cetakan, bahan untuk cetakan sabun, cetakan untuk membentuk sabun, download video tutorial membentuk cetakan dari serpihan sabun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

5,284 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Layak Dibacaclose