Adev Natural Indonesia, PT – Jasa Maklon Kosmetik Sabun

Kosmetik Aman Untuk Kulit – Kenali Semua Jenis Kulit

Kosmetik aman untuk kulit bagi semua jenis kulit berjerawat, kulit berminyak, kulit kering, kulit sensitif, dan kulit kusam itu tidaklah sama.  Banyak toko online menawarkan daftar harga produk kecantikan dengan berbagai merek yang diklaim aman, cepat, bagus, permanen dan paling ampuh untuk memutihkan dan  mencerahkan kulit muka. Maka dari itu, wajar kiranya produk pemutih wajah menjadi yang terlaris di pasar kosmetik Indonesia. Namun, sebagai konsumen yang pintar, anda tetap harus waspada dengan peredaran kosmetik yang mengandung bahan berbahaya menurut BPOM. Mari kita ulas cara memilih kosmetik yang aman untuk kulit dalam artikel ini.

kosmetik aman untuk kulit

Kosmetik aman untuk kulit itu yang gimana?

Kosmetik aman untuk kulit adalah produk kecantikan yang mampu meningkatkan kecantikan dan kecerahan kulit secara alami. Di Indonesia, cantik itu diidentikan dengan kulit yang putih. Padahal perlu diketahui, bahwa Indonesia bagian barat termasuk ke dalam ras malayan mongoloid yang cenderung memiliki kulit berwarna kuning ‘langsat’. Untuk wilayah Indonesia timur, penduduknya termasuk ke dalam ras Melanesian Negroid yang kulitnya cenderung berwarna gelap (hitam). Penulis menduga, kecenderungan wanita Indonesia yang menginginkan kulit putih karena Indonesia dijajah bangsa Eropa dalam waktu cukup lama. Penjajahan tersebut menempatkan bangsa Eropa dan Tionghoa yang berkulit putih berada dalam stratifikasi masyarakat kelas atas di Indonesia. Oleh karena itu wajar, saat ini wanita Indonesia menginginkan kulit putih karena adanya stigma kulit putih itu elit dan berkelas. Padahal sejatinya tidak demikian.

Kosmetik yang digunakan di bagian wajah haruslah disesuaikan dengan jenis kulit dan yang paling penting tidak mengganggu kesehatan kulit. Kosmetik aman untuk kulit tentunya tidak mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kulit ketika menggunakannya. Oleh karenanya, kulit teriritasi, bernanah dan kemerahan tidak terjadi pada saat menggunakan produk kecantikan. Kulit yang lebih cerah dan merona adalah hasil akhir yang diharapkan.

Apa jenis kulit saya?

Ada lima jenis kulit yang umum dikenal dimasyarakat: normal, berminyak, kering, kombinasi dan sensitif. Kosmetik aman untuk kulit juga berbeda untuk setiap jenis kulit. Meletakkan selembar kertas tisu yang bersih di wajah anda pada pagi hari adalah cara mudah untuk mengetahui jenis kulit Anda. Berikut adalah rincian yang diambil dari situs ini.

Kulit Normal

Jenis kulit normal memiliki sirkulasi yang baik. Tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Anda tidak akan menemui bekas yang tertinggal pada kertas tisu. Ciri kulit normal adalah lembut, kadang terasa halus.

Kulit Berminyak

Pada jenis kulit berminyak, anda akan menjumpai bekas noda minyak di kertas tisu, terutama pada bagian pipi, hidung dan dahi. Jenis kulit ini memiliki kelenjar sebaceous yang terlalu aktif sehingga menghasilkan lebih banyak minyak. Jenis kulit berminyak bisa disebabkan oleh faktor keturunan, diet, kadar hormon, kehamilan, kosmetik dan stres. Stres juga menyebabkan munculnya jerawat dan membesarnya ukuran pori-pori. Rekomendasi bagi anda yang memiliki jenis kulit berminyak untuk membersihkan kulit secara teratur dengan pembersih lembut yang bebas sabun (soap-free).

Kulit kering

Jenis kulit kering memiliki tingkat sebum yang rendah dan sulit untuk mempertahankan kadar minyak pada kulit. Pada umumnya, kulit kering sering terkelupas dan terasa kencang setelah diseka. Hati-hati pada saat membersihkan kulit dan gunakan produk kecantikan yang kaya pelembab. Pada saat perubahan musim, anda perlu mengganti tingkat kelembaban produk kosmetik yang anda gunakan.

Kulit kombinasi

Orang dengan jenis kulit kombinasi, umumnya berminyak di area T (T-zone), yakni hidung dan dahi. Untuk daerah pipi, mulut dan area mata tidak termasuk berminyak.  Perawatan kulit terbaik untuk kulit kombinasi adalah dengan menggunakan perlakuan  yang berbeda untuk setiap area wajah.

Kulit Sensitif

Jenis kulit yang sensitif bisa bermacam-macam jenisnya sehingga sensitif berbeda untuk setiap orang.  Jenisk ulit ini bisa disebabkan oleh kondisi kulit itu sendiri seperti rosacea, eksim atau alergi. Hal yang muncul pada kulit sensitif adalah radang dan teriritasi. Penting untuk memilih produk perawatan kulit yang tepat untuk kulit sensitif karena banyak kosmetik pembersih dan pelembab mengandung bahan yang dapat menyebabkan iritasi dan radang.

Mengapa Kulit Putih dikatakan Cantik?

Adanya pemikiran cantik itu putih membuat produk kosmetik seperti cream pemutih kulit hampir tidak dapat dilepaskan dari keseharian seorang wanita, terutama wanita karir dan pekerja kantoran. Belum lagi ketika wanita menghadiri even-even tertentu yang sifatnya publik (ramai orang), sudah pasti bukan hanya krim/cream saja kan yang digunakan. Iklan di televisi pun juga memperlihatkan perusahaan kosmetik gencar untuk memasarkan krim pemutih dengan beragam merk. Akan tetapi yang harus diperhatikan adalah bahan-bahan dasar pembuatan kosmetik tersebut. jika kita tidak jeli dan cermat maka bisa jadi kosmetik menjadi bencana buat kita. bukannya menambah kecantikan dan keelokan kulit, malah bisa jadi merusak dan membahayakan kulit.

Kulit wajah seringkali di jadikan sebagai bagian yang khusus dan harus dirawat dengan baik. Hal ini dikarenakan kulit wajah memiliki sensitifitas lebih tinggi dibandingkan dengan kulit dibagian lain. Oleh karena itu mengetahui bahan bahan berbahaya yang merusak kulit haruslah diketahui dan diidentifikasi sebelum menggunakan kosmetik tersebut. Gunakan kosmetik aman untuk kulit dan bebas bahan berbahaya.

Daftar Bahan Berbahaya dalam Kosmetik

Merkuri (Hg)

Fungsi utama dari bahan ini pada kosmetik adalah membuat wajah nampak lebih putih. Akan tetapi bahan ini adalah bahan yang berbehaya bagi kulit jika digunakan dalam jangka waktu yang lama dan terus menerus. Merkuri termasuk dalam logam berat yang berbahaya dan bersifat racun bagi kulit. Beberapa efek jika menggunakan merkuri dalam kosmetik adalah timbulnya bintik-bintik hitam, iritasi kulit, alergi sehingga timbul bercak merah, kerusakan sel saraf yang menghubungkan ke otak, dan bahkan menyebabkan kanker. Jadi bahan ini sangatlah tidak dianjurkan untuk digunakan.

Asam retinoat

Tujuan penggunaan bahan ini pada awalnya adalah mempercepat regenerasi kulit mati sehingga mudah membentuk sel baru dengan pori-pori yang lebih kecil dan terlihat mulus. Akan tetapi penggunaan yang salah dan tidak cocok dengan kulit wajah akan menyebabkan rusaknya sel pada kulit sehingga tampak kering dan terkelupas. Selain itu bagian yang terkena bahan ini akan terasa panas dan menimbulkan iritasi dan teratogenik.

Bahan pewarna

Bahan pewarna yang digunakan pada kosmetik pada umumnya bertujuan untuk memberikan sentuhan lain pada titik-titik di wajah yang bisa menambah aura kecantikan. Akan tetapi tak sedikit bahan yang menggunakan pewarna yang membahayakan bagi kulit. Bahan pewarna yang paling sering ditemui dan membahayakan adalah merah K.3 ( CI 15585), merah K.10 (Rhodamin B), dan jingga K.1 (CI 12075). Pewarna-pewarna ii seringkali ditambahkan pada lipstik. Bahan-bahan ini termasuk dalam salah satu bahan paling membahayakan karena bisa menimbulkan kanker dan kerusakan permanen pada kulit jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Cara Memilih Kosmetik yang Aman

Setelah memahami bahan-bahan yang berbahaya bagi kulit, sekarang yang harus difahami berikutnya adalah cara memilih kosmetik yang aman bagi kulit wajah. Bukan hanya aman tapi juga menyehatkan dan memberikan kepuasan dengan bertambah cantik ketika memakainya. Adapun kamu bisa melakukan beberapa tahap untuk memilih kosmetik yang aman ketika menggunakannya.

  1. Memilih bahan kosmetik yang telah memiliki label dari pemerintah
  2. Meneliti kembali bahan yang tertera dalam pembuatannya
  3. Mengecek tanda kadaluwarsa pada produk tersebut.

Beberapa langkah tersebut bisa kamu gunakan untuk memilih bahan kosmetik aman untuk kulit.

Summary
Kosmetik Aman Untuk Kulit - Kenali Semua Jenis Kulit
Article Name
Kosmetik Aman Untuk Kulit - Kenali Semua Jenis Kulit
Description
Kosmetik aman untuk kulit bagi semua jenis kulit berjerawat, kulit berminyak, kulit kering, kulit sensitif, dan kulit kusam itu tidaklah sama.  Banyak toko online menawarkan daftar harga produk kecantikan dengan berbagai merek yang diklaim aman, cepat, bagus, permanen dan paling ampuh untuk memutihkan dan  mencerahkan kulit muka.
Author
Publisher Name
PT. ADEV Natural Indonesia
Publisher Logo
Kosmetik Aman Untuk Kulit – Kenali Semua Jenis Kulit
Rate this post

Tags:

placenta cream pagi yang putih apa yang kuning, ceraderm soap, apakah aloe vera bisa untuk perawatan kulit kering?, cari supplier kosmetik termurah, kenapa krim siang dan malam identik dengan warna kuning dan putih, kosmetik yang aman bagi wajah berminyak, MAKLON SABUN HERBAL, tempat makloon kosmetik surabaya, manfaat sabun adev kunyit
Tagged on: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

6,182 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!