Adev Natural Indonesia, PT – Jasa Maklon Kosmetik Sabun

Pembuatan Sabun: Bahan, Cara dan Proses Saponifikasi

Pembuatan Sabun – Cara pembuatan sabun umumnya menggunakan bahan berupa minyak dan alkali melalui proses saponifikasi. Kata saponifikasi atau saponify memiliki makna membuat sabun yang diambil dari bahasa Latin yaitu sapon yang diartikan sabun danc digabungkan dengan akhiran –fy adalah akhiran dalam bahasa Inggris yang berarti membuat. Sejarah pembuatan sabun bermula dari Bangsa Romawi kuno yang mulai membuat sabun sejak 2300 tahun yang lalu dengan memanaskan campuran lemak hewan dengan abu kayu. Selanjutnya pada abad 16 dan 17 di Eropa sabun hanya digunakan dalam bidang pengobatan. Barulah menjelang abad 19 penggunaan mulai sabun meluas.

Pembuatan Sabun: Bahan, Cara dan Proses Saponifikasi

Fungsi sabun – Sabun adalah salah satu kelengkapan mandi yang wajib ada di dalam kamar mandi. Hampir semua orang mempunyai sabun mandi dirumahnya dan hampir semua orang bisa dipastikan selalu menggunakan sabun mandi ketika ia hendak mandi. Fungsi utama dari sabun mandi adalah untuk membersihkan diri dari berbagai macam kotoran dan kuman. Karena mempunyai fungsi atau peranan yang begitu penting pasti setiap orang akan membutuhkannya. Fungsi dasar sabun yang awalnya hanya untuk membersihkan badan, saat ini telah bergeser dan lebih dari sekedar pembersih kotoran badan. Mungkin anda mengenal sabun kecantikan.

Proses Saponifikasi dalam Pembuatan Sabun

Saponifikasi adalah reaksi hidrolisis asam lemak oleh adanya basa kuat (misalnya NaOH). Sabun terutama mengandung c12 dan c16 selain itu juga mengandung asam karboksilat.

Reaksi saponifikasi antara trigliserida dan basa kuat menghasilkan produk berupa sabun dan gliserolProses saponifikasi dalam pembuatan sabun melibatkan lemak hewan (tallow) atau minyak. Minyak tersusun atas asam lemak (fatty acid) yang terdiri dari rantai hidrokarbon panjang (C-12 sampai C18) yang berikatan membentuk gugus karboksil. Asam lemak rantai pendek jarang digunakan karena menghasilkan sedikit busa. Reaksi saponifikasi tidak lain adalah hidrolisis basa suatu ester dengan alkali (NaOH, KOH).

Sabun Madu

Bahan dan Cara Membuat Sabun

Bagi anda yang kreatif ingin membuat sabun sendiri dirumah, disini saya akan mengulas tentang cara membuat sabun. Cara membuat sabun ini tidaklah sulit. Penasaran dengan cara membuat sabun transparan? Berikut ini ulasannya.

Alat dan Bahan Membuat Sabun Transparan :

  • larutan NaOH
  • Minyak kelapa, minyak jarak, serta minyak sawit
  • Alcohol
  • Panci serta gelas transparan
  • Gula, pewarna makanan serta pengharum.

Cara Membuat Sabun Transparan :

  • Tuangkan atau masukkan larutan NaOH ke dalam air yang sudah di suling.
  • Campurkan minyak kelapa, minyak kelapa sawit serta minyak jarak selanjutnya panaskan pada suhu di atas 50 drajat celcius.
  • Setelah larutan alkali turun hingga 50 drajat celcius selanjutnya campurkan minyak yang sudah didihkan tadi.
  • Panaskan sabun sampai proses akhir sponisasi. Setelah itu cek PH – nya. Jika sudah sesuai selanjutnya campurkan gliserin serta alcohol kedalam panci.
  • Diamkan campuran ini hingga 30 menit, sampai suhu pada sabun turun hingga 30 drajat celcius. Jangan lupa pada proses ini tutup wadah jangan sampai terbuka, hal ini bertujuan agar alcohol pada larutan ini tidak menguap.
  • Siapkan larutan gula. Saya sarankan agar anda menyiapkan larutan gula sebanyak 2, karena nantinya pasti akan dibutuhkan untuk penyesuaian transparansi.
  • Setelah itu campurkan larutan gula kedalam sabun dan aduk hingga merata.
  • Test transparasi sabun dengan menggunakan gelas.
  • Apabila sabun masih terlihat buram atau kurang transparan maka tambahkan lagi larutan gulanya.
  • Setelah proses transparasi dirasa cukup, hal selanjutnya adalah tambahkan aroma pewangi serta pewarna makanan kedalam adonan sabun
  • Kemudian tuangkan adonan sabun ke dalam cetakan yang sudah disiapkan, jangan sampai ada gelembung yang muncul. Setelah itu masukkan cetakan kedalam lemari es hingga 2 jam.
  • Setelah 2 jam keluarkan cetakkan dari lemari es, selanjutnya diamkan sabun selama 1 minggu. Setelah itu baru bisa dipakai untuk mandi.

Nah itulah tadi ulasan mengenai alat, bahan serta cara membuat sabun transparan sendiri dirumah, cukup mudah bukan. Semoga dengan artikel saya ini bisa memberi manfaat serta menambah pengalaman anda. Selamat mencoba !!

Pembuatan Sabun: Bahan, Cara dan Proses Saponifikasi
5 (100%) 6 votes

Tags:

proses pembuatan sabun, proses pembuatan produk pembersih sabun, contoh proses pembuatan sabun dengan teknik saponifikasi, material sabun, proses pembuatan produk pembersih, bahan pembuatan sabun, proses produksi produk pembersih dengan metode 6m, pembuatan sabun batang, pembuatan sabun serta reaksinya, proses pembuatan sabun secara singkat, alat alat pembuat produk pembersih sabun, Sebutkan lima alat untuk membuat produk pembersih sabun!, reaksi saponifikasi pada proses pembuatan sabun, Tahapan pembuatan sabun, proses pembuatan pembersih, bagaimana proses pembuatan produk sabun, jelaskan proses pembuatan produk pembersih sabun, ada beberapa proses dalam pembuatan sabun?jelaskan setiap poinnya, bahan sabun, material pembuatan sabun