Adev Natural Indonesia, PT – Jasa Maklon Kosmetik Sabun

Pengertian Sabun

Pengertian sabun – Jika anda mencari informasi mengenai pengertian dan definisi sabun, baik itu sabun cair, padat, deterjen maupun sabun organik serta manfaat sabun, maka anda telah mengunjungi web yang tepat. Dalam artikel ini akan dijelaskan definisi dan pengertian sabun.

Pengertian Sabun

Penjelasan lebih tentang Pengertian Sabun

Menurut cara pembuatan dan bahan pembuatan, sabun didefinisikan sebagai garam alkali dari rantai panjang trigliserida (asam lemak). Reaksi yang digunakan dalam pembuatan sabun adalah saponifikasi. Dari definisi tersebut dapat diketahui bahwa bahan dasar sabun adalah asam lemak dan alkali. Kedua bahan tersebut direaksikan sehingga membentuk garam (padatan). Pada awalnya alkali yang digunakan adalah sodium hidroksida dan sabun yang terbentuk adalah sabun padat. Namun belakangan digunakan alkali lain yaitu kalium hidroksida (KOH) sehingga sabun yang dihasilkan berbentuk cair. Namun seiring perkembangan jaman, sabun dasar jarang digunakan. Sebagai gantinya digunakan turunan dari sabun dasar berupa surfaktan (bahan aktif permukaan). Surfaktan dipandang lebih praktis dalam aplikasi pembuatan pembersih termasuk sabun, terutama deterjen.

Sabun adalah salah satu produk yang sangat penting serta diperlukan pada kehidupan sehari-hari. Sabun juga mempunyai pengertian sebagai bahan pembersih yang dapat digunakan dengan air untuk membersihkan serta mencuci pada setiap hari. Pada dasarnya sabun terbuat dari bahan dasar dari lemak (fatty acid) serta basa kuat yang melalui proses uji kimia yang biasanya disebut reaksi substitusi. Reaksi substitusi ini merupakan sebuah reaksi atom/gugus atom, secara khusus reaksi dari substitusi pada proses pembuatan sabun ini di sebut Reaksi saponifikasi atau yang biasa disebut penyabunan. Sabun merupakan salah satu kelengkapan mandi yang harus ada di dalam kamar mandi. Hampir setiap orang mempunyai sabun mandi dirumahnya masing-masing dan hampir semua orang bisa dipastikan selalu menggunakan sabun mandi ketika ia mandi. Berikut ini saya akan mengulas tentang macam-macam bentuk sabun.

Macam-Macam Bentuk Dari Sabun :

  1. Sabun dengan bentuk batang atau cetakan yang padat adalah bentuk sabun secara umum. Biasanya sabun inikita gunakan untuk mandi sehari-hari.
  2. Sabun berbentuk cair : biasanya sabun ini digunakan untuk cuci piring, cuci tangan serta untuk anak-anak.
  3. Sabun dengan bentuk busa atau biasa disebut foam : sabun yang satu ini biasanya digunakan untuk membersihkan wajah.
  4. Sabun dengan bentuk krim atau gel : sabun ini biasanya digunakan untuk mencuci peralatan dapur, sabun colek serta sabun untuk mencuci wajah.
  5. Sabun dengan bentuk serbuk atau yang biasanya sering kita sebut sebagai detergen : sabun ini biasanya digunakan untuk mencuci pakaian. Kandungan asam benzene sulfonat merupakan bahan dasar untuk membuat sabun ini

Jenis-Jenis Sabun :

  • Sabun transparan : sabun yang satu ini mempunyai kadat yang sangat ringan, sehingga sabun ini sangat cocok sekali digunakan untuk semua kulit. Sabun ini juga mempunyai sifat yang mudah larut jadi sangat cocok sekali digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  • sabun Foam : sabun yang satu ini mempunyai manfaat untuk membersihkan wajah secara sempurna. Kemasan sabun ini sangatlah fleksibel sehingga sangat nyaman untuk dibawa sehari-hari.
  • Sabun scrub : sabun ini mempunyai tekstur scrub yang sedikit kasar. Sabun ini mempunyai manfaat untuk membersihkan serta mengangkat sel kulit mati, sehingga wajah anda akan nampak semakin cerah. Namun jangan memakai sabun ini terlalu sering karena dapat membuat kulit muka menjadi kering.
  • Sabun Acne : sabun ini sangat cocok bagi anda yang sedang mengalami masalah jerawat. Karena sabun ini memang diformulisasikan secara khusus untuk membunuh sel jerawat yang membandel.
  • Sabun natural atau alami : sabun ini berbahan dasar dari tumbuhan yang alami seperti kandungan buah-buahan, aloe vera serta minyak essensial.

Itulah artikel tentang pengertian dan definisi sabun, bentuk dan jenis sabun. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Jika anda tertarik menekuni bisnis kosmetik dengan menggunakan jasa maklon sabun, silakan hubungi kami melalui laman kontak.

Pengertian Sabun
5 (100%) 4 votes

Tags:

pengertian sabun, materi sabun, pengertian sabun cuci tangan, pengertian sabun transparan, pengertian sabun cuci piring, pengertian sabun cair, artikel tentang sabun, artikel sabun, definisi sabun, jenis jenis sabun, pengertian sabun mandi, pengertian sabun herbal, materi tentang sabun, manfaat produk pembersih sabun, pengertian sabun mandi batangan, pengertian dan definisi sabun susu, artikrl tentang sabun, sejarah sabun mandi susu wikipedia indonesia, artikel mengenai sabun, tujuan sabun