Adev Natural Indonesia, PT – Jasa Maklon Kosmetik Sabun

Sejarah Sabun Mandi Transparan

Sejarah Pembuatan Sabun di Eropa

Sejarah sabun mandi transparan untuk bayi seperti sabun lux dapat dimengerti dari catatan sejarah pembuatan sabun dalam bentuk manuskrip atau catatan peneliti. Dari catatan tersebut dapat diketahui bahwa pembuatan sabun telah dimulai pada zaman pertengahan sekitar abad ke 7 M. Kala itu, pembuatan sabun merupakan keahlian yang umum di Eropa. Cara membuat sabun pada jaman itu adalah dengan cara menggunakan minyak nabati atau minyak hewani sebagai bahan utamanya. Selanjutnya ke dalam minyak tersebut ditambahkan pewangi. Perkembahgan selanjutnya dari sejarah sabun adalah jenis sabun tidak hanya difungsikan semata-mata untuk membersihkan badan, tetapi juga untuk kecantikan serta sabun bayi. Secara berangsur-angsur jenis sabun berkembang dari sabun dasar menjadi sabun yang beragam bentuk dan beragam pilihan. Saat ini sudah tersedia sabun yang khusus digunakan untuk mencuci rambut, mencukur dan sabun untuk kecantikan, seperti sabun madu transparan.
Sejarah Sabun Mandi Transparan
Sejarah mencatat bahwa negara Italia, Spanyol dan Perancis merupakan pusat pabrik pembuatan sabun yang pertama. Orang-orang Inggris baru memulai membuat sabun pada abad ke 12. Pada tahun 1622 perkembangan bisnis sabun sangatlah baik. Saat itu sabun diperdagangkan dalam bentuk monopoli. Adalah raja James I yang memberikan legitimasi pasar monopoli kepada para pembuat sabun sehingga bernilai $100.000 per tahun. Pada abad ke 19, sabun merupakan komoditas dengan pajak tertinggi sehingga sabun menjadi barang mewah di beberapa negara. Namun belakangan pajak dihapuskan dan sabun menjadi tersedia di pasaran dalam jumlah cukup untuk semua kalangan termasuk orang biasa. Penggunaan sabun juga semakin meluas karena standar kebersihan yang juga kian meningkat.

Sejarah Sabun di Amerika

Pembuatan sabun berkembang dari Eropa dan menyebar ke Amerika. Sejarah sabun di benua Amerika dimulai pada tahun 1608. Awal mulanya adalah pembuat sabun datan ke Amerika dengan menumpang kapal Inggris yang kedua di Jamestown, VA. Pembuatan sabun di Amerika agak tersendat karena sangat bergantung kepada persediaan lemak yang ada.

Pada tahun 1791 Nicholas LeBlanc, ahli kimia dari Perancis, mematenkan proses pembuatan sabun, yaitu sabun soda abu atau sodium karbonat yang dibuat dari garam biasa. Maka pada abad ke 18 tersebutlah pembuatan sabun secara masal dimulai. Soda abu berbentuk alkali (basa). Sabun soda abu diperoleh dengan cara mencampurkan abu dengan lemak. Proses tersebut disebut dengan proses Leblanc , seperti nama penemunya. Sabun soda abu yang dihasilkan berkualitas baik, murah dan dapat diproduksi dalam jumlah besar.

Perkembangan Teknologi Pembuatan Sabun

Sejarah pembuatan sabun terus berkembang. Ilmu pembuatan sabun modern muncul 20 tahun kemudian. ahli kimia dari Perancis, Michel Eugene Chevreul, menemukan proses pembuatan sabun yang merupakan kombinasi atau reaksi dari beberapa bahan kimia alami, lemak atau asam lemak dan gliserin. Ahli kimia dari Belgia, Ernest Solvay, juga ikut mewarnai perkembangan kemajuan teknologi pembuatan sabun mandi. Beliau membuat sabun dengan proses ammonia atau proses Solvay. Biaya produksi pembuatan sabun alkali dapat ditekan dengan proses Solvay, serta kuantitas dan kualitas soda abu yang dihasilkan dapat ditingkatkan.

Beberapa Penemuan terkait Produk Sabun :

  • pada tahun 1950 : ditemukan pencuci piring bubuk
  • pada tahun 1960 : ditemukan pencuci kotoran serta penghilang noda dengan bubuk enzim serta perendaman dengan zat enzim
  • pada tahun 1970 : ditemukan sabun untuk cuci tangan dengan bentuk cair, serta telah ditemukan juga produk yang multifungsi yakni detergen lengkap dengan pelembutnya.
  • Pada tahun 1980 : ditemukan pencuci baju dengan menggunakan konsentrat.
  • Pada tahun 1990 : ditemukan pencuci piring dengan gel, pelembut kain, detergen bubuk lengkap dengan cairan ultranya serta pencuci baju lengkap dengan refilnya.

Sejarah pembuatan sabun bubuk (deterjen)

Sabun batang yang digunakan untuk mandi dipandang tidak efisien jika digunakan untuk mencuci. Sehingga sabun pun berkembang dalam bentuk bubuk yang disebut dengan deterjen. Deterjen pertama kali digunakan untuk mencuci piring dan mencuci baju yang terbuat dari bahan yang lembut. Pada tahun 1946 ada terobosan pemikiran jika detergen dapat digunakan untuk mencuci baju dengan bahan yang umum (tidak hanya lembut). Di Amerika Serikat, pembuatan deterjen menggunakan bahan surfaktan (surface active agent) atau bahan aktif permukaan. Surfaktan dinilai lebih efektif digunakan sebagai bahan pembersih dibandingkan dengan sabun. Sejara mencatat bahwa pada tahun 1953, penjualan deterjen di negara Amerika Serikat meningkat bahkan melebihi penjualan sabun.

 Jenis-Jenis Sabun :

Jenis sabun terus berkembang seiring dengan berkembangnya sejarah manusia. Telah disebutkan di awal bahwa sabun telah mengalami metaformosis menjadi salah satu produk perawatan kulit untuk kecantikan dan kesehatan. Salah satu sabun yang berkembang adalah yaitu sabun transparan. Sabun ini memiliki ciri tembus pandang sehingga menarik dimata konsumennya. Prinsip dalam pembuatan sabun transparan itu sendiri adalah pencampuran dari massa sabun dengan etanol yang dipanaskan secara perlahan. Ke dalam sabun transparan dapat ditambahkan bahan lainnya yang mempunyai fungsi tertentu seperti pewarna dan pewangi. Berikut adalah beberapa jenis sabun

  • Sabun transparan : sabun ini terkesan lebih elegan dan mewah jika dibandingkan dengan sabun padat lainnya. Sangat cocok digunakan untuk anda yang memiliki masalah jerawat.
  • Sabun Foam : Jika anda suka berendam, anda dapat menggunakan sabun jenis ini. Busanya yang lembut akan membuat anda merasa nyaman saat berendam.
  • Sabun Scrub : sabun ini mempunyai tekstur scrub yang sedikit kasar. Sabun ini mempunyai manfaat untuk membersihkan serta mengangkat sel kulit mati, sehingga wajah anda akan nampak semakin cerah. Jika tidak cocok dengan memakai sabun dapat membuat kulit muka menjadi kering.
  • Sabun Acne atau sabun jerawat: sabun ini sangat cocok bagi anda yang sedang mengalami masalah jerawat. Karena sabun ini memang diformulisasikan secara khusus untuk membunuh sel jerawat yang membandel.

Itulah tadi sekilas cerita tentang sejarah sabun mandi, sabun bubuk atau deterjen, beberapa penemuan sabun dan jenis-jenis sabun. Semoga artikel tentang sabun ini memberikan manfaat buat anda. Anda juga dapat membeli sabun dan jasa maklon sabun di adevnatural.com

Sejarah Sabun Mandi Transparan
5 (100%) 4 votes

Tags:

sejarah sabun transparan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

6,186 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!