Adev Natural Indonesia, PT – Jasa Maklon Kosmetik Sabun

Syarat Maklon Kosmetik

Syarat Maklon Kosmetik harus dipenuhi oleh pihak yang memesan jasa maklon pembuatan kosmetik, termasuk jika anda memesan produk kosmetik dan sabun di Adev Natural Indonesia. Namun jangan kuatir, karena syarat maklon kosmetik di perusahan pembuat kosmetik tersebut mudah. Biaya maklon kosmetik juga murah. Sebelum menyimak apa saja syaratnya menggunakan jasa maklon kosmetik, mari kita simak artikel tentang produk kosmetik aman dan halal.

Syarat Maklon Kosmetik

Jaminan Kosmetik yang Aman dan Halal dari Luar Negeri Sama dengan MUI? Ini Jawabannya!

Kosmetik yang aman dan halal sangat dianjurkan bagi kaum muslimah Indonesia. Namun, tidaklah mudah mengenali produk kecantikan yang halal dan aman. Terlebih, untuk produk kosmetik dari luar negeri. Anda tetap harus waspada dengan produk luar negeri, namun juga tidak perlu antipati. Tidak selamanya produk luar negeri haram dan tidak semuanya halal. Setiap negara juga mempunyai lembaga yang menyaring produk kosmetik halal. Hanya saja, apakah standar yang mereka gunakan sama seperti standar yang ditetapkan MUI? Oleh karena itu, pengetahuan tentang sertifikasi dari lembaga halal luar negeri menjadi wajib untuk Anda miliki.

  1. Langkah Awal Memilih Kosmetik yang Aman dan Halal

Syarat maklon kosmetik – Sebagai konsumen, ada beberapa langkah awal yang perlu Anda terapkan saat kan menggunakan suatu produk kosmetik untuk menjamin keamanan dan kehalalannya. Langkah-langkah tersebut antara lain:

  1. Mengecek legalitas produk. Untuk produk dalam negeri, jelas harus ada logo halalnya. Sedangkan, untuk produk luar negeri, tidak selamanya logo lembaga terkait dicantumkan dalam kemasan. Untuk itu, Anda perlu riset lebih lanjut tentang produk tersebut. Sumber internet bisa menjadi acuan Anda.
  2. Mengecek komposisi bahan pada kemasan. Produk dengan bahan haram jelas harus Anda hindari, seperti plasenta atau gliserin turunan hewan. Sedangkan, bahan dari tanaman atau herbal lebih aman untuk Anda gunakan.
  3. Mengecek nama dan alamat produsen. Sebuah perusahaan tidak akan mempertaruhkan namanya untuk memproduksi kosmetik tidak berkualitas. Oleh karena itu, akan lebih aman jika Anda menggunakan produk kecantikan yang mencantumkan nama serta alamat produses secara lengkap.
  4. Standar MUI tentang Kehalalan Suatu Produk

Jika produk dalam negeri menyandarkan dasar kehalalannya pada label Halal yang diberikan LPPOM MUI, lalu bagaimana dengan produk luar negeri? Apakah produk yang berlabel halal bukan dari MUI juga masih terjamin kehalalan dan keamanannya? Menurut salah satu pengurus di LPPOM MUI, kewenangan memberikan pencantuman halal hanya pada BPOM. Namun, MUI telah merekomendasikan beberapa lembaga sertifikasi halal dunia yang diakui dan mempunyai standar sama.

Adapun beberapa jenis produk yang dijadikan dasar standar sertifikasi MUI adalah pemotongan hewan atau penjagalan (HAS 23103), bahan-bahan halal (HAS 23201), industri pengemasan (HAS 23101), restoran (HAS 23102), dan katering (HAS 23104).

  1. Beberapa Lembaga Sertifikasi Halal yang Diakui MUI

Di luar negeri, terdapat banyak lembaga sertifikasi keamanan dan kehalalan produk kosmetik. Salah satu contohnya Malaysia dengan Standards Malaysia. Secara keseluruhan, dari 23 negara di dunia, terdapat 42 lembaga sertifikasi halal yang diakui MUI. Lembaga-lembaga tersebut antara lain Majelis Ugama Islam Singapore, Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM), Office Muslim Affair (OMA), Filipina, The Central Islamic Comittee of Thailand (CICOT), dan sebagainya.

Semua produk yang sudah mendapatkan sertifikasi dari lembaga-lembaga tersebut, juga akan dilengkapi label Halal dari Indonesia karena mempunyai standar halal yang sama. Sedangkan, untuk produk dengan lembaga sertifikasi yang tidak diakui MUI, mempunyai standar halal yang berbeda dengan Indonesia. Baca artikel tentang syarat maklon kosmetik.

Untuk bisa diakui MUI, ada beberapa syarat yang harus dimiliki lembaga-lembaga sertifikasi luar negeri tersebut, antara lain:

  1. Mempunyai kantor permanen.
  2. Mempunyai sumber daya manusia yang memadai.
  3. Bernaung di bawah organisasi Islam.
  4. Mempunyai tim auditor yang bertugas menguji kehalalan produk.
  5. Mempunyai tim komisi fatwa yang bertugas memutuskan suatu produk halal atau haram.

Semua syarat dan standar yang diberlakukan MUI tersebut tidak lebih untuk semakin menjamin keamanan bagi kaum muslimah di Indonesia agar selalu bisa menggunakan kosmetik yang aman dan halal.

Itulah tadi artikel tentang syarat maklon kosmetik. Untuk lebih detail dan syarat maklon kosmetik terbaru, silakan menghubungi kami melalui laman kontak.

Syarat Maklon Kosmetik
5 (100%) 2 votes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

5,430 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!