Mesin Pembuat Sabun untuk Produksi Sabun Batangan dan Sabun Cair Harga Murah

Mesin pembuat sabun untuk produksi sabun batangan (padat) dan sabun cair harga termurah & terbaru tahun ini. Jual mesin mixer sabun & alat pencetak sabun batang lengkap dari produsen sabun, PT. ADEV Natural Indonesia.

Jika anda tertarik untuk menggunakan jasa maklon atau pembuatan sabun kecantikan murah dari pabrik/perusahaan jasa maklon, maka silakan call kontak adev natural untuk informasi biaya dan harga jasa maklon kosmetik (sabun herbal) terupdate dari PT. ADEV Natural Indonesia. Perusahaan sabun di Bogor ini siap memproduksi sabun dengan merek anda sendiri. Beberapa jenis sabun yang telah diproduks adalah sabun herbal, sabun hotel, sabun transparan (bening), sabun cair, sabun susu, sabun madu dan jenis-jenis sabun lainnya.

Material Mesin Pembuat Sabun

Mesin sabun atau mesin pembuat sabun itu mempermudah manusia dalam memproduksi sabun. Produksi sabun cair dan sabun batang (contohnya sabun transparan madu) bisa menggunakan reaktor saponifikasi yang sama. Reaktor saponifikasi (penyabunan) harus terbuat dari material yang tahan korosif dan tahan panas.

Material Mesin Pembuat Sabun

Gambar Material Mesin Pembuat Sabun

Apa itu stainless steel

Stainless steel (SS) atau inox merupakan jenis logam yang sering digunakan untuk membuat reaktor kimia. Menurut Wikipedia, logam disebut SS jika didalamnya terdapat paling sedikit 10,5% kromium (basis masa).

Stainless steel dan molibdenum

Ketahanan stainless steel terhadap korosi dipengaruhi oleh kandungan kromium. Semakin tinggi kandungan kromium, maka semakin tahan logam tersebut terhadap korosif. Logam molibdenum ditambahkan untuk meningkatkan ketahanan korosif karena asam dan daya tahan terhadap “pitting attack” dalam larutan klorida. Kombinasi (variasi) campuran kromium dan molibdenum tersebut menjadikan variasi kualitas logam SS. Hal ini diperlukan untuk memenuhi standar ketahanan logam terhadap kondisi lingkungan tertentu.

Karakteristik ketahanan stainless steel

Logam baja tahan karat (SS) dikenal memiliki karakteristik tahan terhadap korosi dan karat, biaya perawatan rendah dan logam berkilau. Sifat logam seperti ini menjadikan SS cocok untuk diaplikasikan di industri makanan dan industri kimia seperti manufaktur sabun. Beberapa sifat anti korosif logam SS adalah tahan terhadap:

  • Asam (Acid)
  • Basa atau Alkali (Base)
  • Organik (Organic)
  • Korosi lokal (Localized corrosion)
  • Korosi galvalum (Galvanic Corrosion)
  • Korosi (kerak) karena suhu tekanan tinggi (High temperature corrosion, scaling)

Jenis stainless steel

Telah disebutkan bahwa perpaduan kromium dan molibdenum menghasilkan jenis stainless steel yang berbeda kualitas dan karakteristiknya. Berikut ini beberapa jenis logam stainless steel

  • Austenitic stainless steel
  • Ferritic stainless steel
  • Martensitic stainless steel
  • Duplex stainless steel
  • Precipitation hardening stainless steel

Stainless steel 304 (SS 304)

Stainless steel 304 masuk dalam kategori food grade. Jenis stainless steel ini memiliki komposisi 18/8 atau 18/10. Arti kode ini menunjukkan komposisi kandungan kromium dan nikel. SS 304 tidak mengandung logam molibdenum.

Kandungan kromium berfungsi untuk mengikat oksigen di permukaan SS dan melindungi bahan dari proses oksidasi yang dapat menimbulkan karat. Sementara nikel membuat SS memiliki sifat yang lebih tahan karat lagi. Semakin besar kandungan nikel semakin besar pula kemampuan bahan untuk mencegah korosi. Selain itu, kandungan nikel membuat SS lebih kokoh.

Ada beberapa tipe SS 304. SS 304 memiliki kandungan kromium 16-24 persen dan nikel hingga 35 persen, dan sejumlah karbon dan mangan. SS seri 304 dengan komposisi 18/8 artinya memiliki kandungan kromium 18% dan nikel 8%.

Adanya nikel membuat SS 304 lebih kokoh dan lebih tahan terhadap korosi. SS 304 aman ketika bersentuhan langsung dengan makanan/minuman. SS 304 banyak digunakan untuk industri kuliner, hotel, rumah sakit, atau tempat makan khusus bayi.

Kelemahan logam SS 304 adalah tidak tahan korosi karena kondisi klorida. Ion klorida membentuk korosi lokal yang disebut “pitting”. Korosi ini dapat menyebabkan kerusakan struktur internal dibawah lapisan kromium (krom). Larutan klorida dengan konsentrasi 25 ppm dapat mengakibatkan efek korosif pada logam SS 304. Oleh karena itu, SS 304 tidak cocok pada air dengan salinitas tinggi seperti di area pantai.

Stainless steel 316 (SS 316)

Logam SS 316 adalah stainless steel yang paling banyak digunakan setelah SS 304. SS 316 memiliki sifat fisik dan sifat mekanik yang mirip dengan SS 304. Perbedaan utama keduanya adalah SS 316 mengandung logam molibdenum 2-3% sedangkan SS 304 tidak. Penambahan logam ini memperbaiki ketahanan logam terhadap klorida dan pelarut industri lainnya.

SS 316 cocok digunakan pada industri yang memerlukan kondisi inert karena sifatnya yang non-reaktif. Jenis SS 316 banyak digunakan pada peralatan medis.

SS 300-series mengandung molibdenum hingga 7%. Penambahan molibdenum dapat memperbaiki ketahanan logam terhadap klorida.

Perbedaan stainless steel 304 dan 316

Seri 316  memiliki kandungan kromium sebesar 16% (kandungan kromium seri 304 berjumlah 18%), serta kandungan nikel sebanyak 10% (kandungan nikel seri 304 sebesar 8%). Selain itu, seri 316 memiliki kandungan molibdenum (Mo), yang membuat seri ini lebih tahan terhadap korosi pitting.

SS 304 hanya tahan terhadap konsentrasi asam 3% pada suhu ruang, sedangkan SS 316 tahan pada kondisi asam 3% dengan suhu hingga 50oC dan asam 20% pada suhu ruang. SS 304 jarang digunakan pada kondisi yang kontak dengan belerang (sulfur). SS 316 mengandung molibdenum, sedangkan SS 304 tidak. Harga SS 304 lebih ekonomis dan praktis pada berbagai kondisi, hanya saja tidak tahan terhadap klorida seperti SS 316. Selengkapnya informasi tentang SS 304 vs 316 silakan kunjungi laman reliance-foundry.com.

Perbedaan stainless steel 304 dan 316

Gambar ilustrasi Perbedaan stainless steel 304 dan 316

Paket Mesin Pembuat Sabun

Industri sabun yang membuat sabun dasar melalui reaksi kimia saponifikasi memerlukan peralatan yang tahan korosi (asam basa) dan tahan panas (tidak membentuk kerak). Selain itu, material mesin pembuat sabun tersebut harus bersifat inert. Logam yang memenuhi syarat untuk membuat mesin sabun tersebut adalah SS 304 dan SS 316.

mesin pembuat sabun adevnatural

Lini produksi sabun terdiri dari beberapa mesin dan peralatan. Mulai dari peralatan penimbangan bahan hingga mesin pengemas sabun. Berikut ini adalah beberapa mesih yang digunakan dalam 1 lini produksi sabun. Mesin pembuat sabun umumnya terdiri dari beberapa jenis mesin/peralatan:

  1. Mesin pengaduk sabun (Mesin mixer Low Speed dengan Heater)
  2. Alat pencetak atau pembentuk (molder) sabun (sabun batangan)
  3. Mesin pengisi/filling (filler machine) untuk pembuatan sabun cair.
  4. Alat pendorong sabun dari cetakan (plodder)
  5. Alat pemotong sabun
  6. Alat pengemas sabun

Mesin pengaduk sabun (Mesin mixer Low Speed dengan Heater)

Mengaduk bahan baku pada pembuatan sabun cair maupun pada pembuatan sabun padat (batangan). Mesin ini terdiri atas tangki reaktor dan batang pengaduk yang diputar dengan motor kecepatan rendah. Untuk memanaskan bahan pembuat sabun, digunakan kompor yang diletakkan pada bagian bawah reaktor.

Mesin Mixer Sabun

Gambar mesin pengaduk sabun

Spesifikasi mesin pengaduk sabun

Berikut adalah spesifikasi mesin pengaduk sabun:

  • Motor Pengaduk 1 PK dg daya kurang lebih 750 VA
  • Gear pengaduk 1:20
  • Pengaduk Blade stainless steel 310
  • Reaktor pengaduk volume 100 liter stainless 310
  • Kompor gas high preassure
  • Dudukan Tangki rangka besi siku
  • Pijakan tangga dari besi

Gambar mesin pengaduk sabun

Mesin Pembuat Sabun Dijual Harga Murah Online

Harga mesin pengaduk sabun

Harga mesin ini sekitar 50 juta rupiah. Anda dapat melakukan negosiasi untuk mencapai kesepakatan harga. Silakan kontak sales dan marketin PT. ADEV Natural Indonesia.

Mesin pengisi dan mesin pencetak sabun

Pada prinsipnya, mesin untuk membuat sabun cair tidak berbeda dengan mesin untuk membuat sabun padat, sabun batangan maupun sabun colek. Dalam lini produksi sabun cair, mesin pengisi digunakan untuk memasukkan cairan sabun ke dalam kemasan. Produksi sabun batang tidak menggunakan mesin pengisi tapi memakai mesin pencetak sabun atau alat cetakan sabun.

Cetakan sabun

Untuk mencetak sabun, anda dapat menggunakan paralon yang dibentuk. Anda bisa membuat bentuk kotak, oval, atau bulat. Diameter sabun dapat ditentukan dengan memilih paralon yang sesuai. Berikut adalah spesifikasi cetakan sabun dari paralon (PVC):

  • Moulding pipa berbentuk oval/bulat/kotak volume 2 liter
  • Panjang atau tinggi 45 cm
  • Warna abu-abu
  • Dilengkapi busa penutup untuk alas (bagian bawah paralon)

Cetakan Sabun Mandi Padat Batang Hotel Unik

Alat pencetak sabun (molding)

Untuk merapikan bentuk sabun, anda memerlukan alat pencetak. Alat pencetak ini membentuk sabun sehingga berbentuk lonjong. Prinsip kerjanya adalah menekan sabun pada cetakan (atas dan bawah) dengan dorongan tenaga hidrolik. Tenaga manual dapat digunakan sebagai opsi untuk menghemat listrik.

cetakan sabun

Alat pendorong sabun dari cetakan (extrudder)

Mesin extrudder berguna untuk mengeluarkan sabun beku dari cetakan (paralon). Dengan menggunakan daya dorong dari motor penggerak, mesin ini dapat menghemat penggunaan tenaga manusia. Sebenarnya, bisa saja mengeluarkan sabun secara manual, tetapi jika jumlahnya banyak maka sangat tidak efisien.

Cara Mengeluarkan Sabun dari Cetakan dengan Extruder

Alat pemotong sabun

Alat pemotong sabun ini berupa pisau dari bahan stainless steel. Alat ini digunakan untuk memotong sabun setelah dikeluarkan dari extruder.

Alat pengemas sabun

Jika anda memproduksi sabun transparan, maka anda memerlukan kemasan bening. Dengan demikian produk anda akan terlihat bening dan lebih menarik buat konsumen.

mesin pengemas sabun

Cara Memilih dan Membeli Mesin Pembuat Sabun

Jika ada ingin membuat sabun sendiri, maka anda perlu peralatan produksinya. Ada beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan saat memilih dan membeli mesin sabun. Beberapa hal tersebut adalah

  • Kualitas bahan (material) yang digunakan untuk membuat mesin,
  • Kapasitas produksi
  • Layanan purna jual atau after sale services
  • Harga mesin pembuat sabun

Berikut adalah penjelasan dari beberapa pertimbangan membeli peralatan produksi sabun.

Kualitas bahan (material) mesin pembuat sabun

Harga mesin pembuat sabun dipengaruhi oleh kualitas bahan yang digunakan untuk membuat mesin tersebut. SS 304 dan SS 316 adalah jenis logam yang paling banyak digunakan untuk industri manufaktur. FYI, harga SS 316 lebih mahal daripada SS 304

Kapasitas produksi

Proyeksi penjualan produk sabun erat kaitannya dengan kapasitas produksi. Dalam ilmu manajemen produksi, dengan kapasitas produksi yang sama adalah lebih baik menggunakan 2 mesin dibandingkan menggunakan 1 mesin produksi. Pertimbangannya adalah pada saat terjadi kerusakan pada 1 mesin, maka anda masih punya 1 mesin sabun untuk produksi. Pertimbangkan kapasitas produksi anda sebelum anda membeli mesin pembuat sabun.

Layanan purna jual atau after sale services

Layanan yang ramah dan responsif sangat disukai konsumen. Mereka berani membayar sedikit lebih mahal jika mendapatkan pelayanan purna jual yang lebih baik. Daripada disambut dengan muka masam walau harga murah, konsumen lebih senang dilayani oleh muka ceria walau harganya lebih mahal. Pertimbangkan pelayanan sebelum anda membeli mesin sabun

Harga mesin pembuat sabun

Untuk membuat sabun yang berkualitas tidak harus menggunakan harga mesin pembuat sabun yang mahal. Mesin sabun yang lengkap walau harganya murah, masih lebih baik jika dibandingkan dengan mesin sabun yang harganya mahal tetapi tidak lengkap.

Jika anda bermaksud untuk memproduksi sabun, maka anda dapat menelusurinya melalui pasar online ataupun pasar offline. Banyak sekali website yang memberikan informasi tentang penjualan mesin sabun. Anda cukup mengetikkan kata kunci “jual mesin sabun”, maka anda akan disuguhi beragam informasi tentang penjual mesin sabun. Sebelum melakukan pembayaran, sebaiknya anda memastikan reputasi penjual mesin sabun tersebut.

Rekomendasi Penjual Mesin Pembuat Sabun

PT. Adev Natural Indonesia adalah perusahaan maklon sabun yang juga menjual mesin pembuat sabun. Pabriknya telah memproduksi berbagai macam sabun. Aneka jenis sabun telah diproduksi pabrik ini adalah sebagai berikut:

  1. sabun herbal
  2. sabun transparan
  3. sabun hotel
  4. sabun madu
  5. sabun cair
  6. sabun kunyit
  7. sabun hitam
  8. sabun beras
  9. sabun fruitamin
  10. sabun susu
  11. jenis sabun lainnya

Selain memproduksi (membuat) sabun, perusahaan jasa maklon ini juga membuat kosmetik seperti lotion, cream, scrub, acne cleanser dan masker dengan sistem titip produksi (maklon). Silakan hubungi kami untuk mendapatkan penawaran jasa maklon.

Jika anda tertarik untuk menggunakan jasa maklon atau pembuatan sabun kecantikan murah dari pabrik/perusahaan jasa maklon, maka silakan call kontak adev natural untuk informasi biaya dan harga jasa maklon kosmetik (sabun herbal) terupdate dari PT. ADEV Natural Indonesia. Perusahaan sabun di Bogor ini siap memproduksi sabun dengan merek anda sendiri. Beberapa jenis sabun yang telah diproduks adalah sabun herbal, sabun hotel, sabun transparan (bening), sabun cair, sabun susu, sabun madu dan jenis-jenis sabun lainnya.

Video Mesin Pembuat Sabun di Pabrik

Berikut ini adalah video yang dibuat oleh pembeli mesin kami. Video tersebut ditayangkan di laman youtube.

Pada artikel berikutnya kita akan coba membahas bagian-bagian mesin sabun secara lebih terperinci. Jika anda tertarik untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang mesin pembuat sabun, terutama untuk membuat sabun transparan, anda dapat menghubungi kami.

Jika anda tertarik untuk membeli mesin pembuat sabun untuk produksi sabun batangan (padat) dan sabun cair harga termurah & terbaru maka silakan hubungi PT. ADEV Natural Indonesia. Produsen sabun yang berlokasi di Bogor ini jual mesin pembuat sabun lengkap seperti mixer sabun & alat pencetak sabun (mold), extruder dan mesin pengemas. Perusahaan sabun ini juga menawarkan jasa maklon sabun sehingga anda bisa memasarkan sabun dengan merek anda sendiri. Untuk harga mesin pembuat sabun terbaru, call 0251-7539769 atau kontak adev natural.

Tags: mesin pembuat sabun, harga mesin pembuat sabun

Diupdate pada oleh

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *