fbpx

Jual Mesin Produksi Sabun Proses Skala Industri UMKM

Jual mesin produksi sabun batang (padat) dengan proses skala industri UMKM harga murah. Mesin pembuatan sabun ini dibuat oleh perusahaan/pabrik maklon kosmetik.

Anda bisa membeli alat pembuatan sabun lengkap seperti: mesin mixer (pengaduk) sabun, cetakan sabun, mesin extruder, mesin stamping press sabun dan mesin penunjang lainnya.

Dasar Teori Pembuatan Sabun

Proses pembuatan sabun itu sederhana. Reaksi dalam pembuatan sabun adalah jenis reaksi netralisasi asam basa yang lebih populer disebut dengan reaksi saponifikasi atau reaksi penyabunan. Yang direaksikan adalah asam lemak dan alkali (basa seperti NaOH atau KOH).

Reaksi yang terjadi antara antara asam dan basa (umumnya asam lemah dengan basa kuat) menjadi dasar teori dalam pembuatan sabun. Jenis asam lemah contohnya asam lemak yang terdapat pada minyak nabati seperti minyak kelapa, minyak sawit dan minyak zaitun. Alkali (soda api) yang merupakan basa kuat dalam pembuatan sabun adalah NaOH atau KOH.

Reaksi saponifikasi dengan mencampurkan minyak dan alkali dapat dilakukan di rumah sendiri. Perkembangan teknologi komunikasi (group WA) juga turut memberikan andil dalam peningkatan usaha kecil yang memproduksi sabun dengan skala home industri.

Chip Soap, Bahan Baku Pembuatan Sabun

Untuk menggunakan sabun dengan metode proses dingin (cold process), anda memerlukan bahan baku berupa chip soap (diperoleh dari hasil reaksi saponifikasi). Jika anda tidak melakukan proses saponfikasi, maka anda dapat membeli chip soap dari pasar online dan offline.

Chip soap sendiri beragam jenisnya. Ada chip soap yang keras dan ada juga chip soap yang lembek. Karakteristik sabun seperti ini terjadi karena keunikan dari formulasi sabun yang digunakan.

Tekstur chip soap

Tekstur (lunak kerasnya) chipsoap dipengaruhi oleh panjang rantai karbon trigliserida pada minyak/lemak. Semakin panjang rantai karbon semakin keras textur chipsoapnya.

Chip soap rendah kandungan gliserin

Chipsoap umumnya tidak mengandung gliserin. Oleh karena itu, jika anda membuat sabun dari chipsoap maka anda perlu menambahkan gliserin. Sabun dengan kandungan gliserin tinggi cocok digunakan untuk orang yang memiliki jenis kulit kering.

Pembuatan Sabun Cold Process dengan Mesin

Tahapan produksi sabun dg metode ini banyak dipakai pada proses pembuatan sabun mandi oleh pabrik besar. Contoh sabun yang diproduksi adalah sabun lux, lifebuoy, sinzui, sabun JF sulfur, sabun harmony dan lain sebagainya.

Berikut adalah tahapan produksi sabun:

  1. penimbangan chipsoap sesuai dengan kebutuhan. Biasanya chipsoap yg dipakai di dalam formulasi sebanyak 95%
  2. tambahkan titanium dioxide
  3. tambahkan pengikat campuran sabun, agar tidak pecah dan retak
  4. tambahkan fragrance pewangi)
  5. tambahkan pewarna
  6. pencetakan sabun
  7. pengemasan sabun

Proses mixing menggunakan mixer adalah tahapan penting. Pada tahapan inilah formulasi sabun dilakukan.

Jenis Mesin Produksi Sabun di Pasaran

Mesin Produksi Sabun Cair dan Batang Skala UMKM Harga Jual Termurah

Mesin pembuat sabun impor

Ada beragam jenis mesin produksi sabun yang tersedia di pasaran. Untuk produksi sabun dengan teknik cold process, maka anda akan menemukan mesin yang umumnya diimport dari luar negeri, seperti negeri China.

Industri manufaktur sabun skala nasional & internasional biasanya menggunakan mesin produksi dengan kapasitas besar. Jenis mesin produksi seperti ini memerlukan daya listrik yang besar untuk mengoperasikannya. Oleh karena itu wajar jika mesin pembuat sabun seperti ini banyak digunakan di industri sabun dg skala produksi besar.

Lalu bagaimana dengan industri rumahan atau produsen skala UMKM?

Mesin pembuat sabun buatan lokal

Mesin Produksi Sabun Buatan Lokal
Gambar Mesin Produksi Sabun Buatan Lokal

Workshop atau bengkel lokal sebetulnya juga mampu memproduksi mesin pembuat sabun. Mereka mengadadopsi dan melakukan adaptasi teknologi saponifikasi yang dilakukan di pabrik sabun. Hasilnya pabrikasi mesin lokal dapat membuat mesin sabun skala produksi menengah.

Salah satu mesin untuk membuat sabun skala UMKM adalah dengan mesin yang bekerja dg teknik plodder. Mesin plodder sabun buatan lokal dapat beroperasi secara efisien. Salah satu proses pembuatan sabun pada tahap pemotongan umumnya menghasilkan potongan sisa. Sisa potongan sabun ini dapat diolah kembali menjadi produk sabun yg dapat dijual.

Komponen Utama Mesin Produksi Sabun

Mesin Pembuat Sabun Metode Cold Process
Gambar Mesin Pembuat Sabun Metode Cold Process

Mesin produksi sabun dengan metode cold process adalah mesin pembuatan sabun yang efisien. Sisa potongan (remahan) sabun proses bisa dijadikan umpan balik (diolah kembali). Proses produksi sabun seperti ini dapat dapat meminimalkan lost (kehilangan selama proses).

Peralatan dan mesin produksi sabun terdiri atas beberapa bagian. Bagian yang utama adalah mixer (pencampur/pengaduk).

Karakteristik mixer ini berbeda dengan mixer (pencampur) pada umum nya. Untuk menggerakkan mixer sabun diperlukan daya 4 HP (horse power, tenaga kuda). Mengapa diperlukan tenaga yang besar. Alasannya adalah chipsoap sebagai dasar sabun memiliki textur lengket. Lengketnya adonan ini menjadi berat dan sulit untuk diaduk.

Masalah Produksi Sabun di Industri Kecil

Kendala umum yang ditemui pelaku UMKM atau UKM saat melakukan produksi sabun adalah gagalnya reaksi saponifikasi. Kesalahan dalam menghitung jumlah alkali yang diperlukan dalam reaksi saponifikasi sering mengakibatkan kegagalan produksi. Akibatnya sabun yang dihasilkan juga tidak layak jual dan memenuhi standar Badan POM RI.

Solusinya adalah industri kecil umkm menggunakan mesin produksi sabun ini. Kini pelaku usaha kecil menengah mikro dapat menggunakan teknologi produksi sabun dengan metode cold process. Sisa potong atau produk sabun yang tidak layak jual dapat diolah kembali. Bahkan, sabun yang berubah warna akibat reaksi oksidasi oleh air, udara akibat, dan paparan sinar matahari juga dapat diproses kembali sehingga berdaya jual.

Rekomendasi Penjual Mesin Produksi Sabun Terbaik

Mesin sabun yang ditawarkan oleh produsen sabun PT ADEV Natural Indonesia bisa menjadi solusi permasalahan di atas. Permasalan inefiesiensi produksi sabun bisa diatasi.

Jika anda tertarik untuk membeli mesin pembuat sabun untuk produksi sabun batangan (padat) dan sabun cair harga termurah & terbaru maka silakan hubungi PT. ADEV Natural Indonesia.

Produsen sabun yang berlokasi di Bogor ini jual mesin pembuat sabun lengkap seperti mixer sabun & alat pencetak sabun (mold), extruder dan mesin pengemas. Perusahaan sabun ini juga menawarkan jasa maklon sabun sehingga anda bisa memasarkan sabun dengan merek anda sendiri. Untuk harga mesin pembuat sabun terbaru, silahkan kontak adev natural.

Tags: harga mixer untuk sabun cair, harga mesin pengaduk sabun cair, Pabrik pembuatan skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!