Resep/Formula/Formulasi Pembuatan Sabun Transparan

Resep/Formula/Formulasi Pembuatan Sabun Transparan

Resep/formula/formulasi pembuatan sabun transparan telah banyak disebutkan dalam jurnal penelitian, baik jurnal dalam negeri maupun luar negeri. Mahasiswa IPB dan dosen pembimbingnya mencoba berbagai formulasi sediaan sabun transparan untuk mendapatkan produk yang terbaik berdasarkan kriteria tertentu. Beberapa diantaranya membuat sabun transparan yang didalamnya menggunakan minyak nilam sebagai obat jerawat dan ekstrak lengkuas sebagai bahan aktif anti jamur. Dalam artikel ini kami sediakan kumpulan resep sabun transparan yang dapat anda coba sendiri di rumah.

Formulasi Sabun Transparan

Resep dan formula sabun transparan yang menghasilkan produk sabun transparan dengan kualitas tinggi banyak dicari oleh para produsen kecantikan jenis sabun. Untuk mendapatkan formulasi sabun transparan yang baik memang tidak mudah. Diperlukan riset, ujicoba, dan trial error berkali kali hingga mendapatkan resep sabun mandi transparan yang mujarab. Namun hasil kerja keras tersebut tidak akan sia-sia, karena harga produk berkualitas akan diterima oleh masyarakat.

Salah satu resep sabun transparan yang sedang popular adalah formulasi sabun transparan minyak nilam sebagai obat jerawat. Minyak nilam mengandung senyawa aktif patchouli yang dipercaya dapat mengurangi terbentuknya jerawat pada kulit. Anda dapat membaca jurnal penelitian terkait sediaan sabun transparan dengan minyak nilam disini. Namun tidak semua orang menyukai aroma minyak nilam yang menyengat. Untuk itu padu padan formula sabun transparan sebagai aroma terapi terus dikembangkan oleh produsen sabun transparan.

Jurnal Formulasi Sediaan Sabun Transparan

Berikut ini kami sediakan tautan yang berisi jurnal terkait dengan pembuatan sabun transparan dan formulasinya. Anda bisa mendownloadnya pada tautan yang diberikan:

  • Pembuatan sabun transparan dengan bahan aktif teh putih | Download
  • Pembuatan sabun transparan dengan bahan aktif minyak atsiri jeruk nipis | Download
  • Pengaruh asam stearat pada formula sabun transparan | Download
  • Formulasi Sabun Transparan Minyak Ylang-Ylang | Download
  • Optimasi formula sabun transparan dengan Virgin Coconut Oil dan surfaktan cocoamidopropyl betaine | Download
  • Pembuatan Sabun Transparan Aromaterapi Minyak Atsiri Akar Wangi | Download

Bentuk dan Warna Sabun Transparan

Bentuk dan warna sabun transparan padat saat ini beraneka ragam. Alasan utama yang mendasarinya adalah untuk meremajakan pasar sehingga tidak jenuh. Anda dapat menemui sabun transparan dalam bentuk batang, bulat, oval. Warna sabun transparan pun beragam seperti hijau, orange, merah, dan warna sabun transparan metalik lainnya. Lihat contoh gambar sabun transparan berikut ini.

Resep/Formula/Formulasi Pembuatan Sabun Transparan

Sabun Wajah Transparan atau Sabun Mandi Tranparan

Sabun transparan umumnya digunakan untuk wajah atau muka, namun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan sebagai sabun mandi. Kandungan alkohol dalam formula sabun transparan membuat sabun tersebut lebih efektif untuk menghilangkan jerawat dan difungsikan sebagai pemutih wajah. Namun bagi sebagian orang terutama yang memiliki kulit sensitif dan hipersensitif, sabun transparan dapat berbahaya bagi mereka karena alkohol dapat bersifat iritan atau menyebabkan iritasi kulit. Sebagai alternatif, orang yang kulitnya sensitif masih dapat menggunakan sabun transparan yaitu jenis sabun transparan tanpa alkohol atau sabun transparan non alkohol yang kemungkinan harganya tidak murah. Berikut kami jelaskan bahan dan Resep/Formula/Formulasi Pembuatan Sabun Transparan.

Bahan Pembuatan Sabun Transparan

Bahan pembuatan sabun transparanyang baku adalah minyak kelapa dan larutan hidroksida (NaOH). Selain itu juga dapat diformulasikan dengan zat aktif herbal seperti sereh, nilam, minyak kelapa murni (Virgin coconut oil, VCO), madu, lengkuas, green tea, lidah buaya, papaya atau pepaya, rumput laut dan bahan alami lainnya sehinggga jadilah sabun herbal. Penggunaan sabun transparan sekarang sudah meluas dan sudah keluar dari fungsi dasarnya sebagai pembersih badan. Anda dapat menggunakan sabun transparan sebagai souvenir atau gift untuk teman anda. Berikut adalah penjelasan bahan dalam pembuatan sabun dan fungsinya.

Minyak dan Lemak

Minyak adalah trigliserida yang umumnya diperoleh dari tanaman, sedangkan lemak adalah trigliserida yang diekstrak dari hewan. Jenis minyak yang dapat digunakan pada proses pembuatan sabun adalah minyak kedelai , minyak kelapa, minyak sawit, minyak jarak, minyak jagung, dan minyak lainnya. Berikut ini adalah tabulasi jenis minyak nabati dan asam lemak yang dominan di dalamnya. Minyak menjadi bahan baku dalam Resep/Formula/Formulasi Pembuatan Sabun Transparan.

Tabel Kandungan asam lemak yang dominan pada beberapa jenis minyak

NoJenis MinyakAsam Lemak yang DominanJumlah
1Minyak KelapaAsam Laurat44 – 53 %
2Minyak SawitAsam Palmitat

Asam Oleat

40 – 46 %

39 – 45 %

3Minyak jarakAsam Risinoleat86 %
4Minyak jagungAsam Linoleat

Asam Oleat

56,3 %

30,1 %

5Minyak KedelaiAsam Linoleat

Asam Oleat

15 – 64 %

11 – 60 %

 

Anda dapat membedakan lemak dan minyak secara fisik. Dalam suhu ruangan, lemak akan berbentuk padat dan minyak berbentuk cair.

 

Perbedaan Lemak Nabati dan Lemak Hewani

Perbedaan mendasar antara lemak nabati dan lemak hewani adalah :

  • Lemak hewani mengandung kolesterol, sedangkan lemak nabati mengandung fitosterol
  • Kadar lemak jenuh dalam lemak hewani lebih kecil daripada lemak nabati

Warna minyak

Zat warna dalam minyak dan lemak dibedakan menjadi dua yaitu warna alamiah dan warna akibat oksidasi atau degradasi komponen kimia yang terdapat dalam minyak. Zat warna alamiah terdapat secara alamiah dalam bahan dan ikut terekstraksi bersama minyak dalam proses ekstraksi, zat warna tersebut antara lain alfa dan beta karoten, xanthofil dan anthosianin. Zat warna ini menyebabkan warna kuning , kuning kecoklatan, kehijau-hijauan dan kemerah-merahan. Warna akibat oksidasi dan degradasi komponen kimia yang terdapat pada minyak antara lain: warna gelap disebabkan oleh oksidasi tokoferol (vitamin E).

Bau (odor dan flavor) Minyak

Bau amis pada minyak atau lemak disebabkan oleh interaksi trimetil amin oksida dengan ikatan rangkap dari minyak tak jenuh. Trimetil amin berasal dari pemecahan ikatan C-N dari cholin dalam molekul lesitin kemudian ikatan C-N ini diuraikan oleh zat pengoksidasi seperti gugus peroksida dalam lemak, sehingga menghasilkan trimetil-amin.

Odor dan flavor pada minyak umumnya disebabkan oleh komponenbukan minyak, misalnya bau khas dari minyak kelapa sawit disebabkan oleh beta-ionone, sedangkan bau khas dari minyak kelapa disebabkan oleh nonyl methylketon (Ketaren, 1986). Selain terdapat secara alami odor dan flavor juga terjadi karena pembentukan asam-asam lemak berantai pendek sebagai hasil penguraian pada kerusakan minyak atau lemak.

Natrium Hidroksida ( NaOH )

Natrium hidroksida (NaOH) seringkali disebut dengan soda kaustik atau soda api yang merupakan senyawa alkali yang bersifat basa dan mampu menetralisir asam. NaOH berbentuk kristal putih dengan sifat cepat menyerap kelembapan. Natrium hidroksida bereaksi dengan minyak membentuk sabun yang disebut dengan saponifikasi. bahan soda api ini merupakan bahan utama dalam Resep/Formula/Formulasi Pembuatan Sabun Transparan.

Asam Stearat

Asam stearat merupakan monokarboksilat berantai panjang (C18) yang bersifat jenuh karena tidak memiliki ikatan rangkap diantara atom karbonnya. Asam stearat dapat berbentuk cairan atau padatan. Pada proses pembuatan sabun, asam stearat berfungsi untuk mengeraskan dan menstabilkan busa.

Etanol

Etanol (etil alkohol) berbentuk cair, jernih dan tidak berwarna, merupakan senyawa organik dengan rumus kimia C2H5OH. Etanol pada proses pembuatan sabun digunakan sebagai pelarut karena sifatnya yang mudah larut dalam air dan lemak.

Gliserin

Gliserin adalah produk samping dari reaksi hidrolisis antara minyak nabati dengan air untuk menghasilkan asam lemak. Gliserin merupakan humektan sehingga dapat berfungsi sebagai pelembab pada kulit. Pada kondisi atmosfir sedang ataupun pada kondisi kelembaban tinggi, gliserin dapat melembabkan kulit dan mudah dibilas. Gliserin berbentuk cairan jernih, tidak berbau, dan memiliki rasa manis.

Coco dietanolamida (Coco-DEA)

Coco-DEA merupakan dietanolamida yang terbuat dari minyak kelapa. Dalam formula sediaan kosmetik, DEA berfungsi sebagai surfaktan dan penstabil busa. Surfaktan adalah senyawa aktif penurun tegangan permukaan yang bermanfaat untuk menyatukan fasa minyak dengan fasa air.

Natrium Klorida (NaCl)

Natrium klorida (garam) merupakan bahan berbentuk kristal putih, tidak berwarna dan bersifat higroskopik rendah. Penambahan NaCl selain bertujuan untuk pembusaan sabun, juga untuk meningkatkan konsentrasi elektrolit agar sesuai dengan penurunan jumlah alkali pada kahir reaksi sehingga bahan-bahan pembuat sabun tetap seimbang selama proses pemanasan. Garam juga dikenal sebagai bahan yang menekan pertumbuhan mikroorganisme dalam Resep/Formula/Formulasi Pembuatan Sabun Transparan.

Gula Pasir

Gula pasir berbentuk kristal putih. Pada proses pembuatan sabun transparan, gula pasir berfungsi untuk membantu terbentuknya transparansi pada sabun. Penambahan gula pasir dapat membantu perkembangan kristal pada sabun.

Asam Sitrat

Asam sitrat memiliki bentuk berupa kristal putih. Berfungsi sebagai agen pengelat (chelating agent) yaitu pengikat ion-ion logam pemicu oksidasi, sehingga mampu mencegah terjadinya oksidasi pada minyak akibat pemanasan. Asam sitrat juga dapat dimanfaatkan sebagai pengawet dan pengatur pH.

Pewarna

Pewarna ditambahkan pada proses pembuatan sabun untuk menghasilkan produk sabun yang beraneka warna. Bahan pewarna yang digunakan adalah bahan pewarna untuk kosmetik grade. Pewarna adalah bahan tambahan dalam Resep/Formula/Formulasi Pembuatan Sabun Transparan.

Pewangi

Pewangi ditambahkan pada proses pembuatan sabun untuk memberikan efek wangi pada produk sabun. Pewangi yang sering digunakan dalam pembuatan sabun adalah dalam bentuk parfum dengan berbagai aroma (buah-buahan, bunga, tanaman herbal dan lain-lain). Pewangi adalah bahan aditif dalam Resep/Formula/Formulasi Pembuatan Sabun Transparan.

Contoh Resep/Formula/Formulasi Pembuatan Sabun Transparan

Semua formula sabun dibawah ini diformulasikan menggunakan formula sabun dasar yaitu sabun transparan chipsoap. Berikut adalah formula sabun transparan yang diambilkan dari situs ini.

Pembuatan sabun transparan dengan proses panas

Formulasi pembuatan sabun transparan dengan metode panas menggunakan chipsoap beralkohol

Bahan bahan :

minyak kelapa                             100 gr
minyak zaitun                              100 gr
minyak kastor                              100 gr
steric acid                                   100 gr
aquadez                                      133 gr
caustic soda                                  63 gr
bht                                               0.5 gr
sirup                                            300 gr
gliserin                                          30 gr
garam                                              2 gr
borax                                              2 gr
EDTA                                          0,5 gr
T.E.A                                            50 gr
alkohol  (96%)                              100 gr

Formulasi pembuatan sabun transparan dengan metode panas menggunakan chipsoap non-alkohol

Bahan bahan :

minyak kelapa                               200 gr
minyak sawit                                100 gr
stearic acid                                     100 gr
aquades                                          133 gr
caustic soda                                     65 gr
bht                                                  0.5 gr
sirup                                               350 gr
propilyn glikol                                50 gr
gliserin                                           30 gr
garam                                             2 gr
borax                                              2 gr
TEA                                              50
EDTA                                           0,5 gr

Pembuatan sabun transparan dengan proses dingin

  • All Coconut soap :

minyak kelapa       200 gr
kaustik soda    34 gr
aquades         66 gr
garam

  • All sawit soap :

minyak sawit                200 gr
kaustik soda                   30 gr
aquades                          60 gr

  • Mixed SAWIT – COCONUT SOAP

Minyak kelapa                      100 gr
minyak sawit                       100 gr
soda kaustik                          32 gr
aquadez                                 66 gr

Anda dapat membuat sabun transparan dengan menggunakan dua proses pembuatan sabun diatas, proses panas (hot process) dan proses dingin (cold process). Anda dapat menambahkan senyawa lain untuk memperkaya atau mempercantik sabun anda dengan dengan penambahan pewarna, agen aktif ( pelembab, kondisioner, emolien, pemutih, anti septik, chelating agent), dan parfum. Contoh varian sabun transparan yang dapat anda buat dengan Resep/Formula/Formulasi Pembuatan Sabun Transparan adalah seperti berikut:

  1. sabun spa
  2. sabun untuk souvenir
  3. sabun transparan anti jerawat
  4. sabun transparan bebas alkohol
  5. sabun aroma terapi
  6. sabun sereh
  7. sabun pepaya
  8. sabun susu beras
  9. sabun lulur beras
  10. sabun susu
  11. sabun madu
  12. sabun yoghurt
  13. sabun transparan chipsoap
  14. sabun susu beras bioterra

Semoga anda berhasil membuat sabun transparan anda sendiri.

Referensi:

http://abi-aksar.blogspot.co.id/2010/07/cara-pembuatan-sabun-transparan.html

Resep/Formula/Formulasi Pembuatan Sabun Transparan
4.8 (95%) 4 votes

Tags: cara membuat sabun batang transparan, cara membuat sabun wajah, cara membuat sabun mandi padat transparan, cara buat sabun muka, cara membuat sabun transparan herbal, merk sabun transparan, https://adevnatural com/resep-dan-formula-sabun-transparan-untuk-wajah-atau-mandi-badan/, formula sabun, cara buat sabun transparan, sabun pepaya untuk jerawat, Sabun batang kotak merah transparan untuk wajah, formulasi pembuatan sabun, formulasi pembuatan sabun lengkuas, formulasi pembuatan sabun padat, formulasi sabun wajah, cara membuat sabun batangan Transparan, cara buat sabun mandi transparan, bikin sabun muka, bahan untuk membuat sabun transparan, bahan bahan pembuatan sabun transparan

2 pemikiran pada “Resep/Formula/Formulasi Pembuatan Sabun Transparan

Tinggalkan komentar

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

x Shield Logo
This Site Is Protected By
The Shield →