Kelebihan dan Kekurangan Sabun Mandi Cair & Batang

Kelebihan dan kekurangan sabun mandi cair dan sabun batang ditentukan oleh kualitas bahan atau komponen penyusun sabun itu sendiri. Apapun merk sabun batangan, baitu lifebuoy nuvo dettol give ataupun lainnya memiliki keuntungan dan kerugian sabun berdasarkan bahan pembuatannya.

Jika anda tertarik untuk menggunakan jasa maklon sabun murah dari pabrik/perusahaan jasa maklon, silakan call kontak adev natural untuk informasi biaya dan harga jasa maklon kosmetik (sabun herbal, sabun batang, sabun cair) terupdate dari PT. ADEV Natural Indonesia.

Cara Kerja Sabun dalam Membersihkan Kotoran

Pada dasarnya, sabun berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menempel pada permukaan kulit. Mekanisme atau cara kerja sabun dalam membersihkan kotoran itu simpel. Sabun Molekul penyusun sabun terdiri atas bagian kepala dan ekor.

mekanisme sabun membersihkan kotoran

Gambar ilustrasi mekanisme sabun membersihkan kotoran

Pada saat sabun dilarutkan dengan air, maka molekul sabun akan memecah kotoran (umumnya hidrofobik) menjadi ukuran yang lebih kecil (tahap dekomposisi). Dalam hal ini, ekor berfungsi untuk mengikat kotoran. Selanjutnya, supaya kotoran tidak bergabung kembali maka digunakan tambahan bahan kimia (de-koagulasi).

Bahan Pembuatan Sabun

Bahan utama

Bahan baku untuk membuat sabun mandi cair dan batang itu sama, yakni minyak/lemak dan alkali. Pun begitu juga dengan sabun transparan, bahan baku yang digunakan pun tidak banyak berbeda dengan sabun jenis lainnya. Perbedaannya terletak pada bahan penolong (pewarna, pewangi). Selain itu, alkali yg digunakan untuk membuat sabun padat adalah NaOH, sedangkan alkali untuk membuat sabun cair adalah KOH.

Bahan penolong

Penambahan penolong berupa bahan aktif seperti kandungan aromaterapi dan herbal dapat meningkatkan nilai jual sabun. Hal inilah yang menjadi dasar kelebihan dan kekurangan sabun.

Minyak zaitun

Misalnya saja, sabun yang mengandung minyak zaitun atau olive oil dalam formula sabun transparan tentu memiliki harga lebih mahal. Alasannya adalah sabun tersebut dianggap memiliki khasiat seperti minyak zaitun. Berikut ini kami sebutkan 12 kelebihan minyak zaitun.

Kelebihan minyak zaitun sebagai bahan pembuatan sabun

  • Menurunkan resiko penyakit kardiovaskular(jantung) dan arteriosclerosis (Pembuluh darah tersumbat)
  • Kandungan antioksidannya mampu mencegah darah beku
  • Kaya dengan kandungan vitamin E yang mampu melindungi sel-sel dari radikal bebas yang berbahaya dan menguatkan sistem imun manusia.
  • Melawan racun di dalam badan dengan bertindak sebagai ‘laxative’ dan menyingkirkan cacing di dalam badan.
  • Membantu mengatasi masalah darah tinggi
  • Menurunkan terjadinya pembentukan batu empedu (gallstone)
  • Sebagai bahan aktif pada formula produk kecantikan
  • Menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol Jahat),
  • Menurunkan kadar gula dalam darah dan mengurangi resiko terkena penyakit diabetes.
  • Mengurangi risiko penyakit kanker
  • Meningkatkan metabolisme tubuh dan mencegah kegemukan dengan cara meningkatkan pembakaran lemak dan mencegah gula diubah menjadi lemak.
  • Merupakan salah satu sumber terbaik dengan kandungan lemak tunggal tidak jenuh.
  • Jika ditambahkan ke dalam makanan maka dapat digunakan untuk membersihkan saluran pencernaan dan penawar racun
  • Mengurangi resiko penyakit pencernaan dan gagal ginjal.
  • Sebagai olesan, minyak zaitun befungsisebagai pelembab dan pelembut pada kulit yang mengalami eczema/psoriasis.
  • Mampu menyehatkan rambut serta melambatkan proses penuaan.
kelebihan minyak zaitun utk bahan pembuatan sabun transparan
Gambar minyak zaitun untuk pembuatan sabun

Kelebihan dan Kekurangan Sabun Cair

Kelebihan Sabun cair

  1. Pertukaran kotoran dan kuman antar pengguna sangat minim. Sabun cair umumnya dikemas dalam botol tekan sehingga membatasi ruang lingkup penyebaran kuman.
  2. Penggunaan sabun cair lebih friendly. Dengan sistem dispenser dalam kemasan botol menjadikan sabun cair mudah digunakan.
  3. Relatif stabil kondisinya. Sabun batang akan cenderung menjadi lembek di kamar mandi.
  4. Lebih banyak menghasilkan busa. Orang kebanyakan menyukai sabun yang busanya banyak
  5. Lebih cocok untuk orang dengan kulit sensitif karena sabun cair memiliki ph lebih rendah daripada sabun batangan dan lebih lembut. Sabun cair mampu mempertahankan kelembaban alami kulit (lebih dari 30%) sehingga sabun cair cocok untuk kulit kering.
Kelebihan dan Kekurangan Sabun Cair

Kekurangan Sabun Cair

  1. Harga sabun cair relatif lebih mahal. Mahalnya sabun cair karena digunakannya bahan kemasan tambahan seperti botol, pompa dispenser dll.
  2. Sabun cair kurang ramah lingkungan karena penggunaan wadah plastik dan pompa tekan (dispenser).
  3. Sabun cair lebih boros air karena proses pengambilan sabun yang lebih kompleks (membuka tutup wadah, membaliknya, memeras jumlah sabun yang tepat, menutup tutupnya, dan menempatkan kembali wadah).
  4. Varian sabun cair lebih sedikit (terbatas).  Anda akan lebih sulit menemukan sabun cair dengan fungsi khusus seperti sabun cair tanpa pewangi atau atau sabun hand-made.

Kelebihan dan Kekurangan Sabun Batang Transparan

Kelebihan dan Kekurangan Sabun Mandi Cair Batang berdasarkan Fungsi Bahan pembuatan sabun

Ada beberapa penjelasan mengapa sabun transparan memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan sabun lain. Secara kimia, alkohol yang terdapat di dalam formula sabun transparan mampu melarutkan lemak atau minyak. Alkohol adalah salah salah satu pelarut nonpolar dan minyak merupakan senyawa non polar.

Telah disebutkan bahwa sabun difungsikan sebagai bahan yang menghilangkan kotoran berupa lemak atau minyak. Dengan adanya penambahan alkohol di dalam komposisi sabun transparan, maka efektivitas untuk menghilangkan noda minyak atau lemak pada kulit akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan sabun yang tanpa kandungan alkohol.

Kelebihan sabun transparan

  1. Memiliki warna yang cenderung transparan sehingga membuat penampilannya lebih menarik
  2. Kandungan alkoholnya mampu membunuh kuman dan penyakit lebih efektif, bahkan beberapa pelanggan menyebutkan bahwa sabun transparan efektif menghilangkan jerawat
  3. Cocok digunakan sebagai gift atau souvenir pada pesta pernikahan

Kekurangan sabun transparan

  1. Warna sabun transparan yang terlihat seperti fox candy akan berbahaya bagi anak-anak jika dimakan
  2. Kandungan alkohol pada sabun transparan mungkin tidak cocok digunakan untuk kulit yang hipersensitif

Kesimpulan tentang Kelebihan dan Kekurangan Sabun Mandi

Kelebihan dan Kekurangan Sabun

Dengan melihat penjelasan tersebut maka dapat ditarik satu kesimpulan bahwa sabun mandi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik itu sabun batang maupun sabun cair. Kandungan minyak zaitun pada sabun transparan dianggap lebih efektif untuk mengatasi masalah jerawat (kelebihan minyak atau lemak) yang terdapat pada wajah.

PT. ADEV Natural Indonesia menawarkan jasa maklon sabun yaitu jasa pembuatan sabun. Anda dapat memiliki sabun dengan merk atau label atau brand anda sendiri. Urusan produksinya, silakan kami yang mengurusnya

Jika anda tertarik untuk menggunakan jasa maklon sabun murah dari pabrik/perusahaan jasa maklon, silakan call kontak adev natural untuk informasi biaya dan harga jasa maklon kosmetik (sabun herbal, sabun batang, sabun cair) terupdate dari PT. ADEV Natural Indonesia.

Tags: manfaat sabun transparan, texapon pompa, Sabun adev, kelebihan dan kekurangan sabun lifebuoy, kelebihan sabun transparan, kelebihan sabun cair lifebuoy, kelebihan sabun cair, kelebihan dan kekurangan sabun dettol, kelebihan dan kekurangan sabun, manfaat sabun lux

Diupdate pada oleh

2 Comments

  1. masih di jual ga sabun adev nya? saya cari cari sabun adef nya di bandung sulit sekali untuk di cari, padahal saya cocok sama sabun adev, tolong distribusi nya lebih banyak lagi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *