Kosmetik Aman: Cara Memilih Kosmetik +Bahan Berbahaya di Kosmetik

Kosmetik aman dan halal tentu terdaftar di BPOM dan LPPOM MUI. Anda perlu mengenal jenis jenis bahan dasar (kimia) yang boleh dan yg tidak boleh ada di kosmetik. Meskipun brand kosmetik yang anda gunakan adalah yg termahal di dunia, anda mesti tetap waspada. Pasalnya ada beberapa produk kosmetik terbaik dan terlaris dijual online (booming), namun ternyata mengandung bahan berbahaya (atau tidak halal).

Kosmetik aman untuk pria dan wanita

Karena tuntutan profesi (pekerjaan), karyawan atau pekerja diminta untuk tampil maksimal. Oleh karena itu, karyawan, terutama yang bekerja kantoran, sering menggunakan kosmetik untuk membantu meningkatkan performa penampilannya. Tak jarang, wanita hamil dan menyusui pun juga tetap ingin tampil cantik dan menggunakan produk kecantikan.

Meskipun secara alamiah wanita yang lazim menggunakan kosmetik, namun ternyata kosmetik juga sering digunakan oleh para pria. Disebutnya sebagai pria metroseksual. Bahkan kecenderungan yang terjadi adalah wanita rela membelajakan uangnya untuk membeli kosmetik yang harganya selangit demi yang namanya cantik. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kosmetik sangat diperlukan.

Kosmetik Aman: Cara Memilih Kosmetik +Bahan Berbahaya di Kosmetik

Gambar ilustrasi Kosmetik Aman: Cara Memilih Kosmetik +Bahan Berbahaya di Kosmetik

Kosmetik aman menurut BPOM

BPOM sidak kosmetik

Secara berkala dan insidental, Badan POM melakukan sidak dan pembinaan ke beberapa produsen kosmetik. Setelah melakukan sidak, BPOM biasanya merilis beberapa pengumuman seperti daftar kosmetik berbahaya, daftar 27 kosmetik mengandung merkuri atau 70 kosmetik berbahaya menurut BPOM.

Namanya juga oknum. Mereka hanya mencari keuntungan semata tanpa mempertimbangkan keamanan produk buat konsumen. Oleh karena itu, dalam setiap sidak BPOM selalu dijumpai produk kecantikan yang mengandung merkuri, paraben ataupun bahan kimia berbahaya lainnya. Tujuan sidak ini sebenarnya untuk melindungi konsumen sehingga mereka bisa mendapatkan kosmetik yang aman untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Panduan BPOM

Saat ini, kualitas produk kosmetik lokal juga bagus, aman dan tahan lama. Beberapa diantaranya mengandung bahan alami yang aman untuk kulit. Dengan mengikuti arahan yang diberikan BPOM, produsen kosmetik lokal bisa membuat cream pemutih wajah dan penghilang jerawat yang bagus, cepat kelihatan hasilnya, aman, dan permanen. Karena dipromosikan oleh artis Indonesia lewat Instagram, produk kosmetik lokal tersebut booming dan bersanding dengan kosmetik import.

Cara memilih kosmetik aman

Cek review dan testimoni produk

Apakah suatu produk kecantikan seperti Wardah, Ertos, Safi, Mazaya dll itu berbahaya atau tidak, anda bisa melakukan beberapa tindakan preventif. Sebelum membeli, sebaiknya anda mengecek real review & testimoni produk dari pembelinya. Reviewer biasanya memberikan penilaian dari harga jual, keungguluan merk suatu produk dibanding kosmetik lain, dan efek smaping setelah memakai produk. Jangan terpaku pada merek, apapun jenis kosmetiknya, apakah itu skincare, make up, cream (krim) pemutih, lotion untuk kulit jerawat atau lainnya, tentu ada kelebihan dan kekurangannya.

Tips dan Cara Memilih Body Lotion yang Baik dan Tepat untuk Kulit

Cek Nomor Registrasi BPOM

Perlu anda ketahui bahwa kosmetik yang beredar di pasaran tidak semuanya aman. Umumnya kosmetik yang sudah mendapatkan izin dari Badan POM, Depkes, LP POM MUI dan lembaga yang mensertifikasi produk kecantikan, dapat dikatakan sebagai kosmetik yang aman untuk digunakan. Oleh karena itu pastikan anda hanya membeli kosmetik yang telah resmi mendapatkan izin produksi dan dari toko kosmetik yang terpercaya. Semuanya demi kesehatan anda juga.

badan pengawas obat dan makanan bpom RI

Cek komposisi produk

Satu produk kosmetik dibuat dari aneka bahan yang diramu (diracik) sehingga menjadi produk yang memiliki fungsi tertentu (bisa lebih dari satu). Dilihat dari jenis bahan kosmetiknya, kita dapat temukan bahwa kosmetik dapat dibuat dari bahan kimia (sintetis) maupun dari bahan herbal (alami). Bisa juga kosmetik dibuat dari perpaduan dari kedua jenis bahan tersebut. Kosmetik aman tentunya dibuat dari bahan yang aman. Silakan anda bandingkan mana yang menurut anda lebih aman.

Kosmetik Alami : Bahan alam yang aman dan halal untuk kulit wajah

5 Bahan Berbahaya dalam Kosmetik

Sebagai konsumen atau pengguna kosmetik yang baik, anda harus sadar (aware) dan faham tentang bahan-bahan yang terkandung di dalam produk kosmetik. Jangan hanya tergiur dengan bahasa iklan yang terkadang mengandung informasi yang keliru (misleading information). Dengan demikian, anda dapat terhindar dari bahaya yang mungkin timbul dari penggunaan produk kosmetik tersebut. Dalam situs treehuger.com disebutkan ada 20 bahan kimia yang sering digunakan dalam resep produk kosmetik.

Berikut kami sampaikan 5 bahan yang perlu anda ketahui:

  1. Coal tar (tar batubara)
  2. Formaldehyde (formaldehida)
  3. Hydroquinone (hidrokuinon)
  4. Mercury (merkuri)
  5. Paraben

Berikut penjelasan setiap bahan di atas:

Coal Tar

Dikenal sebagai bahan karsinogen (penyebab kanker). Bahan ini telah dilarang di Uni Eropa, tetapi masih digunakan di Amerika Utara. Bahan ini sering digunakan pada produk perawatan kulit kering, sampo anti ketombe dan anti-lice. Selain itu juga tercatat sebagai pewarna (colour plus number) seperti: FD&C Red No. 6.

Formaldehyde

Formaldehid diduga bersifat karsinogen dan iritan (penyebab iritasi). Bahan ini umumnya ditemukan pada produk perawatan kuku, pewarna rambu (hair dye), fake eyelash adhesives, dan sampo. Bahan ini telah dilarang untuk digunakan di wilaya Uni Eropa.

Hydroquinone

Bahan ini digunakan sebagai pencerah warna kulit (lightening skin). Bahan ini telah dilarang di Inggris. Berdasarkan informasi yang disediakan oleh EWG’s Skin Deep database, bahan ini termasuk dalam kategori paling beracun (rated most toxic). Bahan ini juga terkait dengan kanker dan keracunan (kerusakan) pada sistem reproduksi.

Mercury

Bahan ini dikenal sebagai alergen yang mengganggu perkembangan otak. Bahan ini umumnya ditemukan pada maskara dan eyedrops.

Paraben

Bahan ini digunakan sebagai pengawet (preservative) dan ditemukan pada banyak produk. Bahan ini terkait dengan kanker, kerusakan endokrin dan kerusakan pada reproduksi.

Jasa Maklon Kosmetik dan Sabun Kecantikan

Bagi anda pengusaha kosmetik yang membutuhkan tambahan varian produk, silakan membeli jasa maklon sabun kami, salah satunya sabun beras. Kami telah memproduksi aneka sabun seperti sabun transparan, sabun cair, sabun batang, dan jenis sabun herbal lainnya. Selain sabun, kami juga memproduksi kosmetik seperti lotion, cream, scrub, butter dan masker. Semua produk terdaftar di Badan POM.

Bagi anda pelaku UMKM yang ingin produksi sabun atau ingin jualan sabun dengan jasa maklon, silakan gunakan jasa pembuatan sabun. Jika anda tertarik untuk membeli mesin pembuat sabun untuk produksi sabun batangan (padat) dan sabun cair harga termurah & terbaru maka silakan hubungi PT. ADEV Natural Indonesia. Produsen sabun yang berlokasi di Bogor ini jual mesin pembuat sabun lengkap seperti mixer sabun & alat pencetak sabun (mold), extruder dan mesin pengemas. Perusahaan sabun ini juga menawarkan jasa maklon kosmetik sehingga anda bisa memasarkan sabun dengan merek anda sendiri. Untuk harga mesin pembuat sabun terbaru, call 0251-7539769 atau kontak adev natural. Melayani jasa maklon kosmetik Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi Bandung Surabaya Solo Jogja dan seluruh Indonesia.

Jika anda berminat untuk menggunakan jasa maklon sabun kecantikan, silakan hubungi kami. Kami akan infokan harga, biaya dan syarat maklon kosmetik sabun kecantikan kepada anda. Perbesar bisnis kosmetik anda dengan menggunakan jasa kami.

Itulah beberapa bahan kimia yang umumnya ditemukan pada produk kosmetik. Sekali lagi, kenali produk yang anda gunakan sehingga kesehatan anda akan senantiasa terjaga. Untuk itu, gunakan selalu kosmetik aman dan jasa maklon kosmetik bermutu.

Tags: kosmetik tanpa bahan kimia, bahan kimia yang aman dalam kosmetik, kosmetik paling aman, produk kecantikan tanpa bahan kimia, Solusi fabrikasi CNC PROFIL Indonesia, tabung baja produk tentang Medan, produk CNC industri fabrikator Jakarta, daftar kosmetik mengandung merkuri 2019, brand kosmetik termahal, lembaran logam bekerja BERANDA Indonesia loc:ID

Diupdate pada oleh

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *