Adev Natural Indonesia, PT – Jasa Maklon Kosmetik Sabun

Kosmetik Aman : Kenali Bahaya pada 5 Bahan Kosmetik

Kosmetik aman, perlukah? – Tuntutan profesi saat ini menuntut para pelakunya untuk tampil maksimal. Para karyawan, terutama yang bekerja kantoran, sering menggunakan kosmetik untuk membantu meningkatkan performa penampilannya. Tak jarang, wanita hamil dan menyusui pun juga tetap ingin tampil cantik dan menggunakan produk kecantikan. Meskipun secara alamiah wanita yang lazim menggunakan kosmetik, namun ternyata kosmetik juga sering digunakan oleh para pria. Disebutnya sebagai pria metroseksual. Bahkan kecenderungan yang terjadi adalah wanita rela membelajakan uangnya untuk membeli kosmetik yang harganya selangit demi yang namanya cantik. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kosmetik sangat diperlukan.

Kosmetik Aman : Kenali Bahaya pada 5 Bahan Kosmetik

Perlu anda ketahui bahwa kosmetik yang beredar di pasaran tidak semuanya aman. Umumnya kosmetik yang sudah mendapatkan izin dari BP POM, Depkes, LP POM MUI dan lembaga yang mensertifikasi produk kecantikan, dapat dikatakan sebagai kosmetik yang aman untuk digunakan. Oleh karena itu pastikan anda hanya membeli kosmetik yang telah resmi mendapatkan izin produksi dan dari toko kosmetik yang terpecaya. Semuanya demi kesehatan anda juga.

Satu produk kosmetik dibuat dari aneka bahan yang diramu (diracik) sehingga menjadi produk yang memiliki fungsi tertentu (bisa lebih dari satu). Dilihat dari jenis bahan kosmetiknya, kita dapat temukan bahwa kosmetik dapat dibuat dari bahan kimia (sintetis) maupun dari bahan herbal (alami). Bisa juga kosmetik dibuat dari perpaduan dari kedua jenis bahan tersebut. Kosmetik aman tentunya dibuat dari bahan yang aman. Silakan anda bandingkan mana yang menurut anda lebih aman.

Sebagai konsumen atau pengguna kosmetik yang baik, anda harus sadar (aware) dan faham tentang bahan-bahan yang terkandung di dalam produk kosmetik. Jangan hanya tergiur dengan bahasa iklan yang terkadang mengandung informasi yang keliru (missleading information). Dengan demikian, anda dapat terhindar dari bahaya yang mungkin timbul dari penggunaan produk kosmetik tersebut. Dalam situs treehuger.com disebutkan ada 20 bahan kimia yang sering digunakan dalam resep produk kosmetik. Berikut kami sampaikan 5 bahan yang perlu anda ketahui:

  1. Coal tar (tar batubara)
  2. Formaldehyde (formaldehida)
  3. Hydroquinone (hidrokuinon)
  4. Mercury (merkuri)
  5. Paraben

Berikut penjelasan setiap bahan di atas:

  1. Coal Tar : Dikenal sebagai bahan karsinogen (penyebab kanker). Bahan ini telah dilarang di Uni Eropa, tetapi masih digunakan di Amerika Utara. Bahan ini sering digunakan pada produk perawatan kulit kering, sampo anti ketombe dan anti-lice. Selain itu juga tercatat sebagai pewarna (colour plus number) seperti: FD&C Red No. 6.
  2. Formaldehyde : Dimungkikan bersifat karsinogen dan iritan (penyebab iritasi). Bahan ini umumnya ditemukan pada produk perawatan kuku, pewarna rambu (hair dye), fake eyelash adhesives, dan sampo. Bahan ini telah dilarang untuk digunakan di wilaya Uni Eropa.
  3. Hydroquinone : Bahan ini digunakan sebagai pencerah warna kulit (lightening skin). Bahan ini telah dilarang di Inggris. Berdasarkan informasi yang disediakan oleh EWG’s Skin Deep database, bahan ini termasuk dalam kategori paling beracun (rated most toxic). Bahan ini juga terkait dengan kanker dan keracunan (kerusakan) pada sistem reproduksi.
  4. Mercury : Bahan ini dikenal sebagai alergen yang mengganggu perkembangan otak. Bahan ini umumnya ditemukan pada maskara dan eyedrops.
  5. Paraben : Bahan ini digunakan sebagai pengawet (preservative) dan ditemukan pada banyak produk. Bahan ini terkait dengan kanker, kerusakan endokrin dan kerusakan pada reproduksi.

Itulah beberapa bahan kimia yang umumnya ditemukan pada produk kosmetik. Sekali lagi, kenali produk yang anda gunakan sehingga kesehatan anda akan senantiasa terjaga. Jikalau memilih: cantik atau sehat? Untuk itu, gunakan selalu kosmetik aman dan jasa maklon kosmetik bermutu.

Kosmetik Aman : Kenali Bahaya pada 5 Bahan Kosmetik
5 (100%) 2 votes

Tags:

bahan kosmetik aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

6,795 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!