Kosmetik Collagen: Pengertian Apa itu Kolagen, Fakta Collagen & Tips Beli

Kosmetik collagen seperti bedak, cream, dan vitamin banyak beredar di pasaran, termasuk produk asli dan palsu. Review yang menyebutkan cara memakai kosmetik yang mengandung collagen (kolagen) dan efek samping penggunaannya juga tidak sedikit.

Apa itu Kolagen (collagen)?

Pengertian kolagen

Collagen (kolagen) adalah protein struktural utama dalam ruang ekstraseluler di berbagai jaringan ikat dalam tubuh hewan. Sebagai komponen utama penyusun jaringan ikat, kolagen merupakan jenis protein yang paling banyak pada mamalia. Istilah kolagen berasal dari bahasa Yunani, kola yang bermakna lem (glue).

Harvey M. Fishman dari happi.com mengatakan bahwa kandungan protein pada seluruh tubuh berkisar 25% hingga 35%. Medicalnewstoday.com menyebutkan collagen dapat ditemukan pada tulang, otot, kulit dan jaringan tendon. Collagen berguna untuk membentuk kerangka yang mendukung kekuatan dan struktur tubuh. Jadi, selain sebagai bahan pembuat jaket kulit, kulit hewan ternak (sapi, domba, kambing) bisa diambil jaringan kolagen untuk dimanfaatkan menjadi gelatin. Gelatin adalah  kolagen yang telah mengalami hidrolisis dan bersifat ireversibel.

Karakteristik kolagen

Kolagen berkontribusi sekitar 1-2% pada jaringan otot dan 6% pada otot tendon kuat. Kolagen merupakan senyawa yang kaya asam amino seperti prolin dan hidroksiprolin. Kolagen memiliki kekuatan tarik yang besar. Kolagen merupakan komponen utama pada fasia, tulang rawan, ligamen, tendon, tulang dan kulit. Bersama dengan keratin lunak, kolagen bertanggung jawab pada kekuatan dan elastisitas kulit. Terjadinya degradasi pada kolagen akan menyebabkan kulit keriput yang merupakan ciri dari penuaan. Perhatikan ilustrasi pada gambar struktur kulit berikut.

Kosmetik Collagen: Pengertian dan 12 Fakta Tentang Collagen (Kolagen)

Penipisan kolagen sebabkan terjadinya keriput

Struktur molekul kolagen tidak diketahui secara pasti. Model analog kolagen adalah berupa tali tiga untai yang setiap untainya adalah rantai polipeptida. Berdasarkan analog tersebut, diperkirakan bobot molekul kolagen adalah sekitar 100.000 dalton.

12 Fakta tentang Collagen

  1. Protein membentuk sekitar 20% dari massa tubuh dan kolagen membuat sampai sekitar 30% dari protein dalam tubuh manusia.
  2. Setidaknya ada 16 jenis kolagen, tetapi 80-90% dari kolagen dalam tubuh terdiri dari tipe I, II, dan III.
  3. Fibril kolagen tipe I lebih kuat dari baja.
  4. Kolagen paling banyak ditemukan tubuh pada bagian kulit, tulang dan jaringan ikat.
  5. Kata “kolagen” berasal dari bahasa Yunani “Kolla,” yang berarti lem.
  6. Kolagen memberikan kekuatan dan struktur kulit dan berperan dalam penggantian sel-sel kulit mati.
  7. Produksi kolagen menurun seiring dengan bertambahnya usia (sebagai bagian dari penuaan intrinsik) dan kolagen berkurang jika terpapar sinar ultraviolet dan adanya faktor lingkungan lainnya (penuaan ekstrinsik).
  8. Kolagen yang terdapat pada produk medis dapat berasal dari manusia, sapi, babi dan sumber ovines lainnya.
  9. Balutan kolagen dapat menarik sel-sel kulit baru untuk menutup luka.
  10. Produk kosmetik seperti revitalizing lotionsyang mengklaim dapat meningkatkan jumlah kolagen adalah tidak benar , karena faktanya molekul kolagen terlalu besar untuk dapat diserap melalui kulit.
  11. Produksi kolagen dapat dipacu melalui penggunaan terapi laser dan penggunaan all-trans retinoic acid(dalam bentuk vitamin A).
  12. Beberapa faktor merusak produksi kolagen dapat dikontrol, seperti paparan sinar matahari, merokok dan konsumsi gula yang tinggi.

Tips Membeli Kosmetik Collagen

Perlu kehati-hatian saat akan membeli kosmetik yang mengandung bahan anti penuaan, collagen. Jangan tertipu dengan harga yang murah. Pastikan produk kosmetik collagen yang anda beli telah memiliki izin edar dari BPOM RI. Mari kita simak ulasan tentang collagen yang mungkin memperkaya pengetahuan anda terkait dengan produk kosmetik yang mengandung kolagen.

Jika anda seorang muslim/muslimah, maka anda perlu memperhatikan betul kehalalan kosmetik yang mengandung bahan collagen. Meskipun memberikan efek positif bagi kulit dan perawatan kecantikan anda, tetapi kosmetik mengandung kolagen yang berasal dari hewan yang diharamkan seperti babi, maka anda perlu meninggalkan produk tersebut. Semoga artikel terkait kosmetik collagen di atas bermanfaat buat anda. Anda dapat membeli jasa maklon kosmetik dari kami untuk keperluan bisnis kosmetik anda

Tags: efek samping bedak collagen, bedak collagen

Diupdate pada oleh

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *