Adev Natural Indonesia, PT – Jasa Maklon Kosmetik Sabun

Kosmetik Haram Menurut MUI: Ketentuan Hukum dan Rekomendasi MUI

Kosmetik haram menurut MUI adalah kosmetik yang mengandung bahan haram dan tidak halal. Baca daftar produk kosmetik halal yang telah mendapat sertifikasi LPPOM MUI 2017 pada artikel ini. Simak penjelasan tentang ketentuan dan rekomendasi menggunakan kosmetik menurut Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) sehingga anda dapat menentukan kosmetik halal selain wardah, menentukan pixy halal atau haram serta menentukan status kosmetik halal Korea.

Kosmetik Haram Menurut MUI: Ketentuan Hukum dan Rekomendasi MUI

Setiap muslim diperintahkan untuk menggunakan (mengkonsumsi) produk yang halalan thoyibban (halal lagi baik). Baik disini dipandang memberikan manfaat dan tidak berbahaya. Produk tersebut tidak hanya melulu soal makanan dan minuman. Kosmetik yang mungkin hanya untuk pemakaian luar pun juga diharuskan untuk menggunakan kosmetik yang halal. Dalam panduan umat Islam, Al Quran dan Al Hadits, bahan yang disebutkan haram atau belum jelas halal haram nya (subhat) jumlahnya lebih sedikit bila dibandingkan dengan bahan yang mubah atau halal.

Kosmetik haram menurut MUI – Dalam laman webnya, pastihalal.com menyebutkan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang berisi tentang ketentuan hukum dan rekomendasi tentang penggunaan kosmetik. Berikut adalah ketentuan penggunaan kosmetik dan rekomendasi penggunaan kosmetik berdasarkan fatwa MUI.

8 Ketentuan Hukum Menggunakan Kosmetik Menurut MUI

  1. Penggunaan kosmetika untuk kepentingan berhias hukumnya boleh dengan syarat: bahan yang digunakan adalah halal dan suci, ditujukan untuk kepentingan yang dibolehkan secara syar’i; dan tidak membahayakan.
  2. Penggunaan kosmetika dalam (untuk dikonsumsi/masuk ke dalam tubuh) yang menggunakan bahan yang najis atau haram hukumnya haram.
  3. Penggunaan kosmetika luar (tidak masuk ke dalam tubuh) yang menggunakan bahan yang najis atau haram selain babi dibolehkan dengan syarat dilakukan penyucian setelah pemakaian (tathhir syar’i).
  4. Penggunaan kosmetika yang semata-mata berfungsi tahsiniyyat, tidak ada rukhshah (keringanan) untuk memanfaatkan kosmetika yang haram.
  5. Penggunaan kosmetika yang berfungsi sebagai obat memiliki ketentuan hukum sebagai obat, yang mengacu pada fatwa terkait penggunaan obat-obatan.
  6. Produk kosmetika yang mengandung bahan yang dibuat dengan menggunakan mikroba hasil rekayasa genetika yang melibatkan gen babi atau gen manusia hukumnya haram.
  7. Kosmetika yang menggunakan bahan (bahan baku, bahan aktif, dan/atau bahan tambahan) dari turunan hewan halal (berupa lemak atau lainnya) yang tidak diketahui cara penyembelihannya hukumnya makruh tahrim, sehingga harus dihindari.
  8. Kosmetika yang menggunakan bahan dari produk mikrobial yang tidak diketahui media pertumbuhan mikrobanya apakah dari babi, harus dihindari sampai ada kejelasan tentang kehalalan dan kesucian bahannya.

 

5 Rekomendasi Penggunaan Kosmetik Menurut MUI

  1. Masyarakat dihimbau untuk memilih kosmetika yang suci dan halal serta menghindari penggunaan produk kosmetika yang haram dan najis, makruh tahrim dan yang menggunakan bahan yang tidak jelas kehalalan serta kesuciannya.
  2. Pemerintah mengatur dan menjamin ketersediaan kosmetika halal dan suci dengan menjadikan fatwa ini sebagai pedoman.
  3. Usaha diminta untuk memastikan kesucian dan kehalalal kosmetika yang diperjualbelikan kepada umat Islam.
  4. LPPOM MUI tidak melakukan sertifikasi halal terhadap produk kosmetika yang menggunakan bahan haram dan najis, baik untuk kosmetika dalam maupun luar.
  5. LPPOM MUI tidak melakukan sertifikasi halal terhadap produk kosmetika yang menggunakan bahan yang tidak jelas kehalalan dan kesuciannya, sampai ada kejelasan tentang kehalalan dan kesucian bahannya.
    Bahan Haram dalam Kosmetik Menurut MUI

Kosmetik haram menurut MUI – Selain membuat ketentuan hukum dan rekomendasi penggunaan kosmetik, MUI juga menyebutkan beberapa bahan atau unsur yang termasuk najis dan meragukan. Bisa saja unsur tersebut ada di dalam produk kosmetik. Unsur-unsur tersebut antara lain sebagai berikut:

Unsur haram yang tidak boleh ada di dalam kosmetik

  1. Unsur dari babi dan anjing
  2. Unsur hewan buas
  3. Unsur tubuh manusia
  4. Darah
  5. Bangkai
  6. Hewan halal yang penyembelihannya tidak sesuai dengan syariat Islam
  7. Khamar (alkohol)

Unsur syubhat (meragukan) yang harus diwaspadai

  1. Plasenta
  2. Gliserin
  3. Kolagen
  4. Lactic Acid
  5. Hormon
    Vitamin
  6. Aneka pewarna, pewangi dan lain-lain

Perkembangan zaman terkadang mengaburkan sesuatu yang sudah jelas. Bagi anda, muslim dan muslimah, bacalah panduan pada Tabel berikut yang dikutip dari blog yang membahas bahan halal haram dalam kosmetik. Informasi ini memperjelas keterangan di atas. Harapannya adalah anda dapat membedakan produk kosmetik yang halal dan yang haram. Kosmetik haram menurut MUI
Tabel 1. Bahan dalam kosmetik yang mungkin bersifat haram atau subhat

NoNama BahanProduk KosmetikKeteranganHaram jika
1PlasentaLipstik, pelembab bibir, parfum, cream wajah, lotion pelembab kulit, sabun mandi, bedakPlasenta atau yang lebih dikenal dengan nama ari-ari diklaim dapat mempertahankan kekenyalan kulit. Bahan tersebut dapat berasal dari manusia dan hewan mamalia seperti sapi, babi, dan kambing. Anda perlu berhati-hati karena bahan tersebut kadang disamarkan dalam kemasan produk dengan nama ‘protein’berasal dari manusia dan hewan haram. Sedangkan plasenta dari hewan yang halal dan diperoleh melalui proses persalinan, boleh digunakan.
2Cairan AmnionPelembab, lotion rambut dan perawatan kulit kepala serta shampo Merupakan cairan yang melindungi janin dari benturan fisik dalam rahim. Berfungsi menghaluskan kulit. Bahan ini dapat berasal dari manusia, sapi, lembu jantan dan babi.berasal dari manusia dan hewan haram
3Glycerin / GliserolSabun mandi, pelembab, hand and body lotion, face pack, masker, liquid face powder, lipstick, lip gloss, protective cream (sun block), skin freshener dan pasta gigi.Merupakan turunan lemak hasil samping pembuatan sabun. Berfungsi melembutkan dan menghaluskan kulit. Bahan ini dapat dibuat dari hidrolisis lemak atau minyak dari hewan atau tumbuhan (turunan lemak), sintetik kimia yang berasal dari gas propilena (minyak bumi) atau produk mikrobial.berasal dari lemak (minyak) hewan yang haram. Pembentukan gliserin ini bisa melibatkan enzim yang berasal dari hewan yang juga harus diwaspadai aspek kehalalannya.
4Kolagen (Collagen)Pelembab, hand & body lotion, produk rejuvenasi kulit baik secara implant maupun topical (dioleskan)Kolagen berasal dari jaringan ikat kulit babi, biri-biri, kambing, sapi (bovine collagen, zyderm) dan organ manusia. Berfungsi menjaga elastisitas kulit. Kolagen yang sering digunakan dalam kosmetik adalah kolagen dari babi karena lebih ekonomis dan lebih bagus.berasal dari manusia dan hewan haram
5Asam Alfa Hidroksi (Alpha Hydroxy Acid, AHA)CreamBerfungsi mengurangi keriput dan memperbaiki tekstur kulit. Salah satu senyawa AHA yang banyak dipakai adalah asam laktat (lactic acid). Selain itu juga turunan dari asam glikolat (glycolic acid), asam malat (malic acid), asam sitrat (citric acid) dan asam tartarat (tartaric acid)Pembuatan asam laktat melibatkan media yang berasal dari hewan yang harus diwaspadai aspek kehalalannya.
6VitaminProduk perawatan kulit dan rambut.Terdapat beberapa vitamin yang mempunyai sifat tidak stabil, sehingga harus distabilkan dengan bahan penstabil. Bahan yang sering dipakai diantaranya adalah gelatin (yang berasal babi dan sapi), karagenan, gum, atau pati termodifikasi.Menggunakan bahan pestabil berupa gelatin dari babi dan hewan haram
7HormonProduk anti aginghormon estrogen, ekstrak timus dan melantonin adalah contoh hormon yang biasa digunakan pada kosmetik. Hormon tersebut dapat memberi kesan seakan pengguna lebih muda, cantik, dan segarHormon berasal dari hewan sehingga harus diteliti lagi aspek kehalalannya.
8Elastinproduk perawatan kulit dan rambutElastin merupakan komponen jaringan ikat kulit selain kolagen. Biasanya terdapat bersama-sama kolagenBerasal dari hewan haram
9Allantoin dan turunannya meliputi Aluminiumchlorhydroxy Allantoinate, Aluminiumdihydroxy Allantoinate, Allantoin N Acetyl DL Methionine dll.produk deodoran, anti iritasi pada perawatan bayi, moisturizing cream, lotion, pasta gigi, produk skin care dan sebagai anti ketombe pada shampo.Berfungsi membantu mempertahankan kelembaban dan kelembutan kulit, serta anti iritasi kulit. Allantoin cair dapat diketemukan pada janin mahluk hidup, air seni anjing, benih gandum, cacing tanah dan komponen organik lainnya.Berasal dari hewan haram
10Botox atau botulinum toxin tipe AProduk anti agingMerupakan protein kompleks yang dihasilkan dari bakteri Clostridium Botulinum.Proses pembuatan menggunakan serum albumin dari manusia atau hewan haram
11Lanolinproduk lotion, salep kulit, whitening cream dan pemberi efek glossy pada lipstik.Sejenis minyak/lemak yang biasanya berasal dari hewan.Berasal dari hewan haram/proses penyembelihan tidak sesuai syariah
12Keratinproduk pewarna rambut.Dapat berasal dari protein kacang kedelai maupun protein hewanBerasal dari rambut manusia atau protein hewan haram
13Asam Hialuronat (Hyaluronic Acid)Krim pemutih dan perawatan kulitBerfungsi menjaga kesehatan kulit. Terdapat dalam cairan mata dan tali janin.Berasal dari hewan haram
14Lemak dan turunannya, seperti lauric acid, stearic acid, gliserin, GMS, cetyl alc, glycolic acid, dan palmitic acid; Nayad (ekstrak khamir); cerebroside; asam amino; cholesterol; cystine (sistina); hydrolised animal protein; lipids; dlllotion, sun block, whitening lotion, lotionLemak atau lipid dicirikan dengan membeku bila disimpan pada temperatur dinginBerasal dari hewan haram

Catatan: Kunjungi halaman web muslim.or.id yang membahas hewan haram secara syariat Islam.

Bahan yang disebutkan pada Tabel di atas umumnya haram jika menggunakan lemak atau bagian tubuh yang berasal dari hewan yang dinyatakan haram. Selain itu juga ada bahan lain seperti alkohol yang diharamkan karena sifatnya yang memabukkan. Ada perbedaan pendapat dikalangan ulama tentang penggunaan alkohol, terutama untuk alasan medis dan kecantikan. Namun selaku muslim, sebaiknya mengikuti anjuran untuk tidak menggunakan produk yang mengandung alkohol. Berikut adalah beberapa jenis alkohol yang mungkin terdapat dalam produk kecantikan.

Tabel 2. Bahan Alkohol dalam kosmetik

NoNama AlkoholKeterangan
1Cetyl AlcoholCetyl alcohol adalah alcohol yang terdiri dari molekul berantai panjang. Alkohol ini berbentuk padat sehingga tidak dapat diminum dan tidak dapat diserap kulit. Bahan ini juga tidak beracun.
2Cetearyl alcoholPada kosmetik dan skin care, cetearyl alcohol bukanlah benar-benar alcohol. Zat ini merupakan lilin (wax) yang teremulsi yang dibuat dari tumbuhan.
3Ethyl Alcohol atau etanol Ethyl Alcohol banyak digunakan pada lotion after shave maupun parfum wanita. Zat ini dapat diserap oleh kulit. Nama lain bahan ini antara lain ethanol dan methylated spirit

Untuk lebih meyakinkan anda tentang status halal haram produk kosmetik, LP POM Halal MUI telah membuat daftar produk kosmetik halal. Daftar tersebut senantiasa diperbarui dari waktu ke waktu. Anda dapat mengunjungi laman halalmui.org atau mendownload aplikasi halal nya di playstore. Kosmetik haram menurut MUI – Melalui laman webnya hellohijabers membuat Daftar Kosmetik Halal 2017. Informasi tersebut merujuk pada direktori LPPOM Halal MUI. Ada 19 perusahaan yang masuk ke dalam daftar tersebut. Kosmetik haram menurut MUI.

 

Daftar kosmetik halal tahun 2017.

  1. 1. PT. PARAGON TECHNOLOGY. Produk : Wardah, Putri Spa Series Olive Body Scrub Nomor Sertifikat : 00150010680899 Berlaku hingga : 11 October 2018
  2. PT. IMMORTAL COSMEDIKA INDONESIA. Produk : Aladerm, Amaranthine, Mazaya, Immortal Cosmetoceutical, Actifem Fmale Hygiene, Aphroderma, Hydraline Nomor Sertifikat : 00150068420314 Berlaku hingga : 06 December 2018
  3. PT. UNILEVER INDONESIA. Produk : Pepsodent, Close Up, Citra, Lux, Lifebuoy, Dove (soap bar), Zwitzal (soap), Camay International Fragrance (Soap) Nomor Sertifikat : 00150002450899 Berlaku hingga : 21 June 2018 Produk : Vaselin, Ponds, Axe, Clear, Fair & Lovely, Tresemme Nomor Sertifikat : 00150074871115 Berlaku hingga : 17 November 2017
  4. PT. YASULOR INDONESIA. Produk : Garnier Skin Natural (Pure Active, Light, Light Complete, Oil clear,Sakura White, Garnier Men (Acnofight, Turbolight) Nomor Sertifikat : 00150069760714 Berlaku hingga : 21 June 2018
  5. PT. SPARINDO MUSTIKA. Produk :BDL, Placenta, Nouvelle Silhoutte No. Sertifikat : 00150069260614 Berlaku hingga : 27 September 2018
  6. PT. ROHTO LABORATORIES INDONESIA. Produk : Khalisa Lipcare, Lip Ice No. sertifikat : 00150067940114 Berlaku hingga : 02 February 2018
  7. PT. GLORIA ORIGITA COSMETICS. Produk : Purbasari, Freya, Kanna, Soft White, Cleanface, Nomor Sertifikat : 00150043050107 Berlaku hingga : 11 November 2017
  8. PT. FABINDO SEJAHTERA. Produk : Fanbo, Bambi For Baby,MARCKS™ VENUS, Rivera, Sophim Nomor Sertifikat : 00150065080413 Berlaku hingga : 19 August 2017
  9. PT UNZA VITALIS.Produk : Vitalis, Dashing, Direct For Men, Doremi (Family, Kids), Izzi Body Mist, Sumber Ayu Nomor Sertifikat : 00150063720113 Berlaku hingga : 11 November 2017
  10. PT L”ESSENTIAL. Produk : Theraskin Nomor Sertifikat : 00150064620313 Berlaku hingga : 24 November 2017
  11. PT. AIR MANCUR. Produk : Harum Sari, Bedak Intisari, Lulur Putri Ayu, Bebiku Baby Powder, Bedak Jerawat Nirmalasari. Nomor Sertifikat : 00150009261298 Berlaku hingga : 17 November 2017
  12. PT. MEGASURYA MAS. Produk : Lervia, Popular, Anita, Harmony, Medicare, Lark Beauty Nomor Sertifikat : 00150012250400 Berlaku hingga : 11 February 2017
  13. PT. FILMA UTAMA SOAP. Produk : Marina, Dione Kids, Total Care Nomor Sertifikat : 00150013140800 Berlaku hingga : 01 November 2018
  14. PT. BINA KARYA PRIMA. Produk : Sahara Soap, BKP Active Soap, Shinzu’I Skin Lightening soap, Dream Soap, Refined Glycerine Nomor Sertifikat : 00150040670606 Berlaku hingga : 03 February 2017
  15. PT GIZI INDONESIA. Produk : Gizi Super Cream (Gizi Secret Of Seaweed Super Cream), C7 HOLY SEASON Nomor Sertifikat : 00150068630314 Berlaku hingga : 24 May 2018
  16. PT Mustika Ratu. Produk : Mustika Ratu, Mustika Putri,Moor’s Proffesional Make Up, BASK For Men, Biocell, Taman Sari Royal Heritage, Ratu Mas Nomor Sertifikat : 00150064300313 Berlaku hingga : 31 March 2017
  17. PT. SOPHIE PARIS INDONESIA. Produk : Muslimah Almeera Non Alcohol Perfume Nomor Sertifikat : 00150071530115 Berlaku hingga : 13 January 2017
  18. PT TEMPO NAGADI. Produk : Claudia Beauty Soap, Marina Beauty Soap, My Baby Bar Soap Nomor Sertifikat : 00150073960915 Berlaku hingga : 15 September 2017
  19. PT.MEGASURYA MAS. Produk : Anita, Doll Beauty Soap, Harmony, Medicare Active, Lervia , Lark Beauty Soap, Popular Loundry Soap Nomor Sertifikat : 00150012250400 Berlaku hingga : 11 February 2017
  20. PT. ADEV NATURAL INDONESIA. Produk : sabun transparan, sabun madu, cream dll

Kata kunci terkait dalam artikel ini adalah Kosmetik yang Mengandung Bahan Haram, Daftar Kosmetik Haram, Daftar Produk Kosmetik Halal yang Telah Mendapat Sertifikasi LPPOM MUI, Kosmetik Halal Selain Wardah, Daftar Kosmetik Halal Dunia, Pixy Halal atau Haram, Daftar Kosmetik BPOM Berbahaya, Kosmetik Halal Korea. Artikel Kosmetik haram menurut MUI.

Perusahaan pembuat kosmetik seperti Adev Natural Indonesia juga menawarkan jasa maklon kosmetik. Anda dapat menggunakan jasa maklon kami. Produk kosmetik seperti lotion, cream, sabun kecantikan dan lainnya dapat anda pesan di kami. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami

Kosmetik Haram Menurut MUI: Ketentuan Hukum dan Rekomendasi MUI
4.6 (91.67%) 12 votes

Tags:

daftar kosmetik haram, kosmetik haram menurut mui, kosmetik yang mengandung bahan haram, Apakah Fair and Lovely halal, ponds halal atau haram, pixy halal, kosmetik yang mengandung babi, apakah pixy halal, fair and lovely halal atau haram, apakah produk pixy halal, apakah ponds halal, kosmetik pixy halalkah, merk kosmetik yang mengandung babi, fair and lovely halal or haram, fair and lovely haram, pixy halal atau tidak, kosmetik haram, bahan kosmetik haram, bedak halal, artikel haramnya fair and lovely

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

6,795 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!