Sabun MLM: Pengertian, Standar, Jenis Merk dan Rekomendasi

Sabun MLM (Multi Level Marketing) adalah satu jenis produk yang bisa menjadi peluang bisnis untuk dijual kepada membernya. Perusahaan MLM yang baru launching tentu memerlukan produk terbaru, terbaik dan unik.

PT. ADEV Natural Indonesia selaku spesialis sabun transparan (bening) bisa menjadi salah satu solusi jitu buat perusahaan MLM. Perusahaan maklon sabun ini telah memiliki sistem tracking originalitas produk secara online.

Yuk simak selengkapnya ulasan kami.

Apa itu sabun MLM

Apa itu sabun mlm adalah

Sabun MLM adalah salah satu jenis produk yang dipasarkan oleh suatu perusahaan dengan penjualan langsung (direct-sales) melalui strategi pemasaran berjenjang (multi-level). Untuk mendapatkan produk sabun berkualitas tetapi harganya murah, perusahaan MLM menggandeng produsen sabun untuk menyediakan pasokan produknya. Sinergi antara produsen dan pemasar jaringan ini mampu memasarkan produk secara cepat dan efisien.

Pengertian MLM

MLM (Multi Level Marketing) atau pemasaran bertingkat adalah strategi penjualan langsung dengan cara mendorong pemasar (distributor) untuk membuat jaringan baru di bawahnya (downline). Untuk setiap anggota baru yang masuk, perusahaan membayarkan sejumlah komisi penjualan. Definisi MLM ini ditulis ulang dari instopedia.com.

Strategi Penjualan sabun MLM di Indonesia

Demi mencapai peningkatan angka penjualan, strategi pemasaran dengan sistem bisnis MLM masih cukup efektif diterapkan di Indonesia. Melalui strategi MLM ini, pemilik usaha (owner) membagi keuntungannya dengan distributor. Distributor ini berperan dalam menjaring anggota di bawahnya (downline) untuk bersama-sama memasarkan produk secara bersama-sama.

Karena menjalankan bisnis MLM itu menguntungkan dengan modal (biaya) murah, maka banyak orang di Indonesia beralih (bergabung) profesi menjadi pemasar jaringan. Secara umum, setiap anggota MLM mendapatkan keuntungan ganda. Mereka mendapatkan kompensasi penjualan langsung dan komisi penjualan dari anggota (downline) di bawahnya.

Sebelum anda bergabung dengan perusahaan MLM produk kecantikan seperti sabun, anda perlu mempelajari beberapa jenis sabun yang populer di dunia MLM. Dengan berbekal product knowledge yang cukup, maka anda bisa memasarkan suatu produk dengan lebih yakin dan tingkat closingan semakin besar.

Jenis sabun MLM

jenis sabun MLM

Mendekati akhir tahun 2018 dan menyongsong kedatangan tahun 2019, beberapa perusahaan MLM menyiapkan produk yang akan mereka launching. Terkait sabun, kami mendapati informasi melalui Google bahwa jenis sabun MLM yang populer dan booming di tahun 2018 adalah sabun alami. Beberapa jenis sabun alami yang disukai masyarakat adalah sabun zaitun, sabun herbal, dan sabun bulus.

Dari trend ini, dapat dilihat bahwa masyarakat sudah aware (sadar) dengan produk kecantikan tetapi juga menyehatkan. Selanjutnya, mari kita kupas satu-persatu jenis-jenis sabun MLM tersebut.

Sabun zaitun

Sabun zaitun atau olive oil soap adalah salah satu jenis sabun alami yang bagus untuk perawatan kulit. PT. ADEV Natural Indonesia juga memproduksi jenis ini dengan brand sabun zaitun ADEV dengan warna hijau transparan. Sabun zaitun ini juga dipadukan dengan minyak sereh (serai) sehingga bagus untuk menolak nyamuk. Bagi anda pemilik usaha jaringan dapat mempertimbangkan urusan produksi kepada perusahaan maklon di Bogor tersebut.

Dilansir dari laman nourishedlife.com.au, di dalam komposisi sabun batangan alami sering ditemui minyak zaitun. Hal ini disebabkan oleh karakteristik minyak zaitun yang sangat baik dalam melembabkan kulit dan menutrisi kulit (moisturising and nourishing properties). Minyak zaitun juga dapat dimanfaatkan sebagai body oil (terapi alami) dan perawatan rambut. Sebagai sabun alami, sabun zaitun dapat membantu meringankan kulit kering dan melembutkan kerutan. Sabun zaitun juga sering dianggap sebagai sabun yang paling ringan dari semua jenis sabun (mild soap).

Sabun herbal

Sabun herbal adalah jenis sabun yang mengandung komponen bahan alami (natural ingredient), jus atau ekstrak dan vitamin dari tanaman, buah-buahan dan sayuran berkhasiat obat (Businessdiary.com.ph, 2018).

Edukasi tentang sabun kesehatan alami di media cetak dan elektronik turut menyadarkan masyarakat tentang penggunaan sabun herbal alami, baik untuk perawatan wajah maupun badan. Review dan testimoni positif (merasakan manfaat) dari pengguna sabun herbal juga turut meningkatkan kepercayaan customer. PT. ADEV Natural Indonesia faham betul tentang proses dan cara membuat sabun herbal. Jika anda punya bisnis penjualan sabun herbal dan kekurangan stok, maka pabrik maklon di Bogor tersebut siap memproduksinya buat anda.

Karena terbuat dari bahan alami, maka sabun herbal relatif aman digunakan untuk semua jenis kulit. Terkecuali anda memiliki alergi terhadap jenis senyawa tertentu, sehingga kemampuan beradaptasi kulit menjadi terganggu. Sabun herbal untuk MLM banyak diminati oleh masyarakat di Solo, Jogja, Surabaya, Jakarta dan kota besar lainnya di Indonesia. Beberapa merk sabun herbal MLM herbal yang mungkin anda sudah kenal adalah sabun HNI atau sabun HPAI, Glizelife, Adeva, Mahira dan lainnya.

Sabun bulus

Sabun Bulus adalah sabun jenis MLM yang sedang melejit di pasaran. Saking larisnya sabun tersebut sudah memiliki berbagai produk lainnya seperti SR12.

Terlepas dari perdebatan sejak tahun 1976 dalam majalah New Scientist, minyak bulus (turtle oil soap) memang menjadi booming di Indonesia 2 tahun belakangan ini. Salah satu merek sabun bulus yang fenomenal adalah SR12. Banyak review dan testimoni yang menyebutkan bahwa sabun bulus memiliki khasiat yang baik untuk payudara dan jerawat berdasarkan hasil pemakaian oleh para penggunanya. Di marketplace seperti Tokopedia, sabun bulus SR12 dijual dengan harga sekitar Rp. 25.000,-.

Standar Sabun MLM

standar sabun MLM yang baik

Legal menjadi syarat utama bagi suatu produk MLM untuk diperjualbelikan, tak terkecuali sabun. Aspek kelegalan produk penting bagi konsumen (pembeli) dan penjual. Dengan memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh peraturan perundangan, maka bisnis menjadi lebih terpercaya dan konsumen juga tidak merasa tertipu.

Selain legal, ada beberapa syarat sabun MLM lainnya yang mungkin perlu anda pertimbangkan sebelum join dengan perusahaan MLM. Diantara syarat lainnya adalah terdaftar di Badan POM, sabun tersebut aman dan menyehatkan, serta memiliki karakter yang unik dan menarik.

Berikut ini adalah uraian mengenai syarat-syarat sabun MLM.

Terdaftar BPOM

Informasi bagi anda yang baru dan akan menjalankan bisnis MLM. Pastikan produk yang anda jual terdaftar di Badan POM RI.

Anda harus memenuhi beberapa persyaratan untuk mendapatkan no izin edar (NIE) dari BPOM. Salah satunya adalah mengajukan surat pendaftaran ke BPOM. Notifikasi edar BPOM ini bertujuan untuk melindungi konsumen dari produk yang merugikan kesehatan. Setiap produk sabun tidak boleh mengandung bahan berbahaya. Pewarna dalam sabun pun dibatasi jumlahnya dan ada ambang batas maksimal yang tidak boleh dilanggar.

Meskipun BPOM telah menetapkan prosedur dan peraturan perundangan yang harus ditaati oleh pelaku industri (produsen), tetap saja ada produsen sabun yang nakal. Mereka memalsukan sabun alias memproduksi sabun palsu. Meskipun mendatangkan keuntungan pribadi yang besar, namun produk yang dijual produsen nakal tersebut bisa membahayakan kesehatan konsumen. Oleh karena itu, BPOM dan instansi terkait biasanya melakukan sidak ke pabrik sabun ilegal seperti yang terjadi di Solo belakangan ini.

Label Produk Halal (opsional)

Jika anda (pengusaha jaringan) menargetkan produk anda digunakan untuk umat Islam, baik laki-laki ataupun perempuan, maka sebaiknya anda memberi label halal untuk produk anda tersebut. Bagaimana prosedur halal di Indonesia? Pemerintah bersama DPR telah membuat peraturan produk halal yang tertuang dalam Undang-undang No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH).

Label halal dalam kemasan produk harus dibuktikan dengan sertifikat halal. Untuk mendapatkan sertifikat halal tersebut, berdasarkan UU JPH No 33 tahun 2014 dalam pasal 24, pelaku usaha yang mengajukan permohonan Sertifikat Halal wajib:

  1. memberikan informasi secara benar, jelas, dan jujur;
  2. memisahkan lokasi, tempat dan alat penyembelihan, pengolahan, penyimpanan, pengemasan, pendistribusian, penjualan, dan penyajian antara Produk Halal dan tidak halal;
  3. memiliki Penyelia Halal; dan
  4. melaporkan perubahan komposisi Bahan kepada BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal)

Lebih lanjut, dalam pasal 25 UU JPH No 33 tahun 2014, bagi Pelaku Usaha yang telah memperoleh Sertifikat Halal wajib:

  1. mencantumkan Label Halal terhadap Produk yang telah mendapat Sertifikat Halal;
  2. menjaga kehalalan Produk yang telah memperoleh Sertifikat Halal;
  3. memisahkan lokasi, tempat dan penyembelihan, alat pengolahan, penyimpanan, pengemasan, pendistribusian, penjualan, dan penyajian antara Produk Halal dan tidak halal;
  4. memperbarui Sertifikat Halal jika masa berlaku Sertifikat Halal berakhir; dan
  5. melaporkan perubahan komposisi Bahan kepada BPJPH.

Untuk mendapatkan sertifikat halal, maka pemilik usaha (produsen) harus melakukan permohonan sertifikasi halal dengan serangkaian proses yang sudah diatur. Pencantuman label halal itu sangat penting bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim.

Lebih lanjut, dalam pasal 25 UU JPH No 39 tahun 2014, bagi Pelaku Usaha yang ingin mengajukan permohonan sertifikasi, berikut beberapa ketentuan yang harus dipenuhi.

  1. Permohonan Sertifikat Halal diajukan oleh Pelaku Usaha secara tertulis kepada BPJPH.
  2. Permohonan Sertifikat Halal harus dilengkapi dengan dokumen:
    1. data Pelaku Usaha;
    2. nama dan jenis Produk;
    3. daftar Produk dan Bahan yang digunakan; dan
    4. proses pengolahan Produk.
  3. Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara pengajuan permohonan Sertifikat Halal diatur dalam Peraturan Menteri.

Beberapa informasi terkait pengajuan sertifikasi halal bagi industri pengolahan berikut ini mungkin bermanfaat buat anda.:

  1. Produsen wajib mendaftarkan semua jenis produk yang diproduksi di perusahaannya baik merek/brand dan lain sebagainya.
  2. Produsen wajib mendaftarkan semua lokasi produksi termasuk maklon dan pabrik pengemasan.
  3. Ketentuan untuk tempat maklon harus di perusahaan yang sudah mempunyai produk bersertifikat halal atau yang bersedia di sertifikasi halal.

Letakkan No. BPOM dan label Halal di kemasan produk di bagian yang mudah terlihat mata. Ketika anda memasang label palsu dalam kemasan produk anda, maka anda telah melanggar peraturan perundangan. Sanksi atas pelanggaran tersebut adalah berupa pidana penjara selama 5 tahun dan denda sebanyak-banyaknya Rp 2 Miliar.

Aman dan Menyehatkan

Konsumen memerlukan produk kecantikan yang aman dan kalau bisa menyehatkan. Badan POM melarang penggunaan beberapa bahan kimia dalam kosmetik. Bahan berbahaya dalam kosmetik menurut BPOM ada 43 jenis. Beberapa diantaranya adalah merkuri, hidrokinon, asam retinoat, klindamisin, deksametason, bahan pewarna merah K3 dan merah K10. Bahan-bahan berbahaya tersebut dilarang penggunaannya dalam pembuatan kosmetika berdasarkan Peraturan Kepala Badan POM RI No. 18 Tahun 2015 tentang Persyaratan Teknis Bahan Kosmetika.

Efek samping dari bahan berbahaya tersebut dalam kosmetik adalah sebagai berikut.

Nama bahanBanyak disalahgunakan sebagaiSifat bahan
Merkuribahan pemutih/pencerah kulitbersifat karsinogenik (menyebabkan kanker) dan teratogenik  (mengakibatkan cacat pada janin).
Asam retinoatpengelupas kulit kimiawi (peeling)bersifat teratogenik.
Hidrokinonbahan pemutih/pencerah kulitselain dapat menyebabkan iritasi kulit  juga dapat menimbulkan ochronosis (kulit berwarna kehitaman) yang mulai terlihat setelah 6 bulan penggunaan dan kemungkinan bersifat irreversible (tidak dapat dipulihkan).
Bahan pewarna Merah K3 dan Merah K10lipstik atau sediaan dekoratif lain (pemulas kelopak mata dan perona pipi)Kedua zat warna ini bersifat karsinogenik.

Referensi: Hukmas BPOM RI, 2016

Peraturan tersebut ditetapkan oleh pemerintah bukan hanya sebatas untuk memenuhi regulasi internasional, tetapi juga untuk melindungi konsumen. Dengan pembuatan produk yang terstandarisasi, maka penjualannya akan menjadi lebih mudah. Setiap negara yang memiliki regulasi yang sama (kesepakatan bersama), maka peredaran produk yang memenuhi standar bisa diperjualbelikan lintas negara.

Karakternya unik

Sebetulnya, karakter unik produk ini adalah syarat yang terlintas di benak penulis. Dalam dunia marketing (pemasaran), penting untuk membuat karakter produk yang membedakan dirinya dengan produk sejenis. Efeknya, produk menjadi lebih diingat oleh konsumen.

Karakter unik menjadi salah satu memenangkan persaingan penjualan produk. Pemberian karakter unik ini disebut dengan istilah branding. Keunikan suatu produk dapat dilihat dari nama produk, logo, slogan, desain dan bentuk produk, desain dan bentuk kemasan, dll. Oleh karena itu, kemaslah produk sebaik mungkin sehingga calon customer tertarik untuk membelinya.

Bagaimana memunculkan karakter unik suatu produk? Pernahkah anda membeli air minum dalam kemasan? Apa yang anda ucapkan kepada penjual untuk membeli produk tersebut? Apakah anda bertanya, “Ada Aqua?”. Aqua adalah salah satu brand air minum dalam kemasan yang sangat kuat tertanam di benak konsumen. Selaku pemasar, anda perlu menanamkan hal serupa ke calon pembeli produk anda. Riset diperlukan untuk memunculkan karakter unik ini. Selain dengan trial and error, anda dapat berkonsultasi dengan pakar branding terdekat di kota anda.

Mengapa branding produk diperlukan? Branding menjadi penting karena untuk menciptakan bahwa anda dan produk anda tersebut diperlukan konsumen. Benang merahnya adalah untuk menciptakan trust alias kepercayaan. Jika target market anda percaya dengan produk anda atau anda, maka anda bisa menjual produk apapun kepada mereka. Di umat Islam, hal tersebut dicontohkan oleh Nabi Muhammad. Dengan demikian, branding bisa membuat customer secara otomatis menggunakan produk anda dalam kesehariannya.

Beberapa brand sabun MLM

bisnis sabun MLM

Ada beberapa brand sabun MLM yang baru launching, sedang booming dan sudah lama tenar di telinga masyarakat (customer). Beberapa diantaranya adalah Gove, Amoorea, Black Walet, Black Tuma, Mahira, Almira dan Queen. Yuk kita lihat satu per satu merk sabun MLM tersebut.

Gove

Apa itu sabun Gove? Sabun Gove adalah merk sabun herbal yang dipasarkan oleh perusahaan MLM, PT. Damai Prima Internasional. Sabun buatan PT. ADEV Natural Indonesia ini terbuat dari perpaduan beberapa bahan alami untuk perawatan kulit. Aroma alami yang khas diambil dari tanaman sereh yang nama ilmiahnya Cymbopogon Citratus (Serai).

Sistem bisnis MLM sabun Gove yang menarik, menjadikan produk ini booming di tahun 2018. Permintaan produk sabun Gove terus meroket. Hal ini merupakan indikator bahwa produk yang diperjualbelikan memang berkualitas, terbaru dan terbaik. Beberapa orang pun sukses menjalan sistem penjualan MLM sabun Gove tersebut. Oleh karena itu, beberapa perusahaan MLM baru mencoba meniru strategi pemasaran sabun Gove.

Amoorea

Amoorea yang berevolusi menjadi Nu Amoorea menyediakan 2 jenis sabun batang, yaitu Nu Amoorea beauty bar dan Nu Amoorea beauty plus bar. Sabun buatan PT. DEP ini diklaim terbuat dari bahan utama Heilmoor clay (lumpur) yang didatangkan dari Austria.

Produk sabun perawatan kulit wajah dipasarkan melalui jaringan MLM ini juga mengandung bahan alami seperti tea tree oil, ekstrak licorice, ekstrak apel hijau, dan hydration microalgae. Manfaat sabun Nu Amoorea ini diantaranya adalah menghilangkan jerawat, mencerahkan wajah kusam, dan merawat kelembaban kulit. Pastikan produk yang anda beli adalah asli dan terdaftar di Badan POM. Baca dahulu review dan testimoni (keluhan) pelanggan yang telah merasakan manfaat dan efek samping (bahaya) sabun Amoorea.

Umumnya, harga sabun ini cukup bervariasi di kisaran 100rb an (termasuk ongkir). Jika anda seorang pebisnis dan ingin membuat kerajaan bisnis di produk sabun, percayakan urusan produksinya kepada perusahaan maklon sabun, PT. ADEV Natural Indonesia.

Black Walet

Sabun Black Walet terbuat dari sarang burung walet. Sarang burung ini pada dasarnya merupakan air liur burung walet. Menurut mitologi Cina, sarang burung walet sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Mungkin anda akan kaget dengan harga sarang burung ini. Dilansir dari laman tribunnews.com Banjarmasin, harga per kg nya mencapai 16 juta rupiah pada bulan Juni 2018.

Dengan kemajuan teknologi, manfaat yang terkandung di dalam sarang burung tersebut dibuat menjadi produk untuk perawatan kecantikan, yakni berbentuk sabun. Sabun berwarna hitam ii dijual dalam oleh perusahaan MLM dalam bentuk paketan. Satu paket sabun black walet terdiri dari 3 pcs sabun dengan bobot per unitnya sekitar 45 gram. Dengan kandungan pure swallow extract, olive oil, dan jojoba oil, sabun ini diformulasikan untuk perawatan wajah, sehingga dapat membantu untuk mencerahkan dan membersihkan wajah anda.

Black Tuma

Perusahaan MLM Black Tuma memasarkan produk sabun dan masker melalui sistem pemasaran jaringan (MLM). Sabun untuk mengatasi minyak berlebih pada kulit wajah ini mengandung bahan ekstrak arang bambu, minyak zaitun, dan minyak atsiri lainnya. Charcoal atau arang mampu menyerap minyak dan zat cair lainnya ribuan kali jika telah diaktifkan (activated carbon).

Kami rekomendasikan anda membaca review dan testimoni pengguna yang telah merasakan manfaat dan efek samping sabun atau masker black tuma. Cek juga nomor BPOMnya.

Mahira

Sabun Mahira dipasarkan oleh perusahaan MLM, PT. Rizki Mahira Cipta. Sabun kecantikan ini sudah lama beredar di masyarakat Bogor dan difungsikan untuk perawatan kulit.

Bahan aktif sabun Mahira adalah Black Tea (teh hitam) dan minyak bulus. Warna sabun ini adalah gelap (hitam) yang selaras dengan black tea yang terkesan hitam.

Jika anda ingin menjalankan bisnis sabun Mahira, maka anda perlu membeli sabun ini dalam bentuk paketan. Sabun ini dipasarkan melalui sistem penjualan MLM. Anda akan mendapatkan satu paket sabun yang terdiri dari 4 set sabun batang berukuran 45 gram pada saat anda bergabung. Sabun ini diformulasikan khusus untuk perawatan kulit.

Almira

Keunggulan sabun Almira adalah formulasinya yang mengandung minyak daun kelor, minyak daun bidara, minyak bulus, minyak sereh, charcoal dan propolis/kolagen. Produk sabun kecantikan yang terbuat dari bahan alami ini dipasarkan oleh perusahaan MLM, PT. Almira Global Sejahtera.

Perusahaan yang berkantor pusat di Bandung ini menawarkan 3 paket sabun. Diantaranya adalah sabun padat dengan bobot 80 gram, kemasan sabun cair 100 ml dan kombinasi padat-cair. Sabun Almira dipercaya dapat menjaga kelembaban dan kelembutan kulit.

Queen

Sabun Queen pernah booming di tahun 2016. Mitra bisnis yang mengembangkan produk ini adalah Qiu9. Sabun herbal queen diformulasikan khusus untuk wajah (Facial Soap). Karena terbuat dari bahan alami, maka sabun queen relatif aman digunakan sebagai perawatan kulit wajah. Adapun varian aroma sabun Queen adalah apel, sakura, madu dan green tea dan melati.

Peluang bisnis sabun MLM

Jika anda tertarik untuk menjadi seorang pebisnis MLM, maka anda perlu memperhatikan dan memprediksi bagaimana peluang bisnis sabun MLM terupdate. Bisnis MLM banyak dipilih orang sebagai solusi terbaik untuk mendatangkan income, terutama yang modalnya minim.

Dilansir dari laman Bisnis Tempo (published pada 13 Januari 2018), nilai bisnis MLM di Indonesia tembus di angka 15.75 triliun rupiah. Menurut ketua Umum APLI, Djoko Jartanto Komar, nilai transaksi tersebut tumbuh 10 persen dibanding tahun sebelumnya yang hanya sekitar US$ 1,067 juta atau Rp 14,31 triliun. Untuk anda pengusaha, sebelum anda menjalankan sistem bisnis dengan salah satu perusahaan jaringan sabun MLM, maka ketahui dulu bagaimana cara memilih produsen sabun MLM. Dengan demikian, anda bisa lebih fokus membesarkan jaringan bisnis MLM (pemasaran) anda.

Cara memilih produsen sabun MLM [bagi pengusaha]

memilih perusahaan sabun mlm

Bagaimana cara memilih produsen sabun MLM yang baik dan menguntungkan untuk bisnis? Berikut ini adalah beberapa poin penting yang perlu anda pertimbangkan jika ingin bekerjasama dengan produsen sabun untuk MLM.

Lihat legalitas perusahaan

Legalitas atau keabsahan suatu perusahaan menjadi penting ketika bersentuhan dengan dunia perdagangan (commerce). Produsen yang jelas legalitasnya akan memiliki nilai trust yang lebih tinggi dimata pelanggan. Dia bukan perusahaan abal-abal yang tidak taat terhadap hukum yang berlaku. Jadi, sebelum Anda bekerjasama dengan produsen untuk bisnis MLM anda, maka cek dulu legalitas perusahaan tersebut.

Secara ringkas, anda dapat melihat legalitas perusahaan di website resminya. Umumnya di bagian halaman profil perusahaan. Beberapa dokumen yang terkait legalitas perusahaan adalah SIUP, TDP, Izin Produksi Kosmetika dari Kemenkes, dll.

Lihat review dan testimoni

Di era internet sekarang ini, review dan testimoni asli yang diberikan oleh customer menjadi poin kredibilitas perusahaan. Jika layanan perusahaan atau produk yang dihasilkannya bagus dan berkualitas, maka isi dari ulasannya akan cenderung positif. Kami menyarankan anda untuk melihat dan membaca apa kata customer tentang perusahaan dan produk yang diproduksinya.

Anda bisa melihat review dan testimoni di beberapa sumber. Untuk perusahaan layanan jasa (ecommerce) anda dapat melihatnya di laman website perusahaan. Lihat bagaimana perusahaan merespon (memberi tanggapan) setiap kritik dan saran yang diberikan customer. Untuk perusahaan yang menjual produk di Marketplace, BukaLapak, Tokopedia, Lazada, anda dapat melihat rating produk dan layanan customer servicenya. Pilihlah perusahaan atau produk yang rating bintangnya di atas 4 (skala 1-5).

Jika anda bergabung dengan komunitas bisnis, anda dapat menanyakan apa pendapat mereka tentang suatu produk atau perusahaan yang berlaku sebagai produsen sabun. Tanyakan apakah produknya bagus dan responnya oke jika dijadikan produsen sabun untuk bisnis MLM. Review dan testimoni dari teman Anda yang pernah bekerjasama dengan produsen sabun tersebut dapat anda jadikan acuan untuk memilih perusahaan sabun.

review testimoni sabun MLM

Gambar ilustrasi review testimoni sabun MLM

Lihat sejarah dan track record perusahaan

Walaupun bukan elemen kunci dalam memutuskan untuk kerjasama atau tidak dengan perusahaan maklon sabun, namun track record perusahaan patut anda pertimbangkan. Lihat kapan berdirinya perusahaan dan pencapaian apa yang berhasil dia dapatkan. Misalnya saja reward dan award yang pernah diperoleh. Pastikan betul bahwa produsen sabun yang Anda pilih benar-benar memiliki komitmen sebagai supplier sabun untuk jaringan bisnis MLM Anda. Selain itu, lihat juga track record orang-orang yang berada di balik perusahaan sabun tersebut.

Perusahaan maklon sabun yang bagus track recordnya, umumnya memperhatikan betul kualitas sabun yang diproduksi. Jadi tidak semata-mata mengejar harga jual murah sehingga abai terhadap kualitas.

Track record perusahaan juga dapat anda lihat di dinas terkait (aspek legal). JIka perusahaan mengantongi perizinan dari Badan POM, LPPOM MUI (sertifikasi halal), KEMENKES dan lainnya, maka track recordnya juga baik.

Cek kuantitas dan kualitas produk yang dihasilkan

Kuantitas dan kualitas adalah dua parameter produk yang berkaitan. Keduanya memiliki hubungan yang terbalik. Maksudnya adalah sebagai berikut. Jika suatu perusahaan memproduksi barang dalam jumlah (kuantitas) sedikit, umumnya kualitas produk yang dihasilkan akan lebih tinggi. Semakin banyak produk yang dihasilkan maka kualitas akan menurun.

Kami merekomendasikan anda untuk mencari perusahaan yang mampu memproduksi barang yang kualitasnya stabil. Kalaupun jumlah order meledak, maka produsen sabun punya standar kualitas minimal yang harus dipenuhi. Kualitas ini berkaitan dengan banyak hal. Mulai dari kualitas bahan, kualitas pengerjaan (proses), pengemasan dan delivery produk.

ADEV Natural Indonesia adalah produsen sabun yang mampu memproduksi produk dalam jumlah banyak namun tetap berkualitas. Bahkan, perusahaan tersebut membuat sistem checker untuk pengecekan produk secara online. Dengan checker ini, pelanggan bisa tahu apakah produk yang dibelinya buatan PT. ADEV Natural Indonesia atau bukan.

Cek sistem manajemen perusahaan

Sistem manajemen ibarat aliran darah dalam suatu perusahaan. Perusahaan sabun yang telah mendapatkan sertifikat CPKB atau GMP, maka sistemnya akan lebih rapi dan teratur. Mereka mampu menjalankan perusahaan dengan standar mutu yang diakui oleh pihak lain.

Ambil contoh sederhana. Perhatikan bagaimana perusahaan (supplier) sabun menangani pengiriman. Apakah produk dikirimkan tepat waktu atau molor. Jika kemudian pengiriman delay, adakah konsekuensi atau kompensasi yang timbul. Dari sini, anda bisa memutuskan apakah mau bekerjasama dengan perusahaan atau tidak. Manajemen waktu yang baik bagi perusahaan berperan penting terhadap perkembangan bisnis Anda juga.

Rekomendasi perusahaan sabun MLM

Salah satu brand perusahaan MLM di Indonesia yang memasarkan sabun kecantikan (kosmetik) adalah ORIFLAME. Banyak orang Indonesia yang bergabung dengan Oriflame karena biaya murah dan keuntungan yang wow. Namun, jika anda adalah seorang pengusaha jaringan, maka gunakan produsen lokal untuk membantu anda menyediakan produk berkualitas. Rekomendasi kami adalah PT. ADEV Natural Indonesia.

Tags: mlm terbaru 2019, MLM baru 2019, produk piring CNC Indonesia, mlm baru launching, mlm 2019, multi level marketing terbaru 2019, bisnis mlm kosmetik 2019, mlm terbaru 2019 dan murah, bisnis mlm terbaru launching 2019, mlm murah 2019

Diupdate pada oleh

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *