fbpx

Sabun Muka Pria yang Bagus untuk Kulit Kering & Berminyak

Sabun muka pria yang bagus untuk jenis kulit kering dan berminyak merk apa ya? Apakah sabun muka Wardah, Sebamed, Queen ataukah sabun wajah Acne (jerawat)?

Beberapa alasan pria menggunakan sabun muka khusus adalah untuk menghilangkan bekas jerawat dan komedo, untuk memutihkan wajah, untuk membersihkan wajah karena jenis kulitnya sensitif, untuk mencerahkan wajah yang kusam.

Sebagai produsen kosmetik dan skincare di Indonesia, AdevNatural.com akan ulas tuntas tentang sabun muka pria untuk kulit kering dan kusam yang bagus.

Perbedaan Kulit Wajah Pria Dan Wanita

Dilansir dari laman eucerin.com, penyebab perbedaan kulit wajah pria dan wanita adalah hormon testosteron. Hormon pada pria ini bertanggungjawab pada munculnya karakter maskulin wajah lelaki. Meskipun setiap kulit wajah pria memiliki keunikannya sendiri, namun ada ciri-ciri umum yang membedakannya dengan kulit wajah wanita, yaitu:

  • kulit wajah pria lebih tebal dibanding wanita
  • kulit wajah laki-laki lebih berminyak dibanding perempuan

Kulit wajah pria lebih tebal

Kulit wajah pria umumnya 20% lebih tebal dibandingkan kulit wajah wanita. Kandungan kolagen yang lebih banyak pada pria membuat kulitnya terlihat lebih kencang.

Seiring bertambahnya usia, kadar kolagen pada kulit pria berkurang secara konstan (stabil), sedangkan kadar kolagen pada wanita berkurang secara drastis. Penurunan kadar kolagen pada wanita makin meningkat terutama setelah masa menopause.

Perbedaan kadar kolagen tersebut membuat kulit pria cenderung terlihat ‘awet muda’. Dengan kata lain, tidak terlihat perbedaannya secara signifikan saat muda dan ketika tua. Hal ini berbeda dengan wanita yang keriput penuaan jelas terlihat dengan penambahan usia. 

Selain itu, kulit wajah pria juga memiliki kadar pigmentasi yang lebih tinggi. Pemilihan sabun muka yang bagus untuk pria perlu dilakukan dengan tepat. Sebaiknya gunakan sabun yang diformulasikan khusus untuk pria.

Kulit wajah pria lebih berminyak

Mengapa pria lebih banyak yang memiliki jenis kulit berminyak? Penyebabnya adalah sistem metabolisme dan hormon yang berbeda dengan wanita, terutama kandungan sebum.

Laki-laki memiliki kulit dengan kelenjar sebaceous aktif dan jumlah pori-pori yang lebih banyak. Ukuran pori-pori dan kelenjar pada pria lebih besar dibandingkan pada kulit wajah wanita. 

Kelenjar dan pori-pori tersebut mempengaruhi proses produksi sebum. Umumnya, produksi sebum pada pria lebih banyak dua kali (2x) lipat dibanding wanita. Akibatnya, wajah pria cenderung terlihat lebih berminyak. Dari beberapa studi ditemukan bahwa jumlah laki-laki yang memiliki jenis kulit kering lebih sedikit dibandingkan wanita.

Perbedaan karakteristik kulit wajah pada pria dan wanita tersebut disadari oleh pengusaha MLM. Mereka meminta jasa riset perusahaan untuk dibuatkan sabun khusus untuk pria. Pabrik atau manufaktur kosmetik pun memproduksi sabun muka untuk kulit kering pria sesuai dengan pesanan pengusaha MLM tersebut dengan sistem jasa maklon.

Kulit wajah pria cenderung kusam

Produksi sebum juga mempengaruhi tingkat pH pada wajah pria. Kulit wajah pria memiliki kadar pH yang lebih rendah dibandingkan dengan pH kulit wajah pada wanita. pH yang rendah membuat kulit wajah pria cenderung lebih mudah kusam (kotor) dan muncul jerawat (acne). 

Keriput wajah pria muncul lebih lambat

Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, bahwa proses penuaan pada pria berjalan konstan. Ada beberapa ciri proses penuaan wajah pada pria, yakni:

  • kulit wajah mulai mengendur
  • kulit wajah bagian bawah mata semakin tebal atau terlihat ‘membengkak’, 
  • muncul lingkaran hitam disekitar mata (mata panda) sehingga kadang membuat mereka terlihat lelah

Kerutan di kulit wajah pria muncul lebih lambat daripada wanita. Namun, ketika muncul, kerutan tersebut akan sangat terlihat jelas dan lebih dalam. Bagian bawah kelopak mata pria yang mengendur juga akan lebih terlihat menonjol dibandingkan wanita. 

Kulit wajah pria mengalami iritasi

Efek mencukur kumis dan jenggot pada wajah pria adalah kulit mudah mengalami iritasi (menjadi lebih sensitif). Pada saat mencukur, sel-sel kulit terluar ikut terangkat dan ‘membuka’ di bagian permukaannya. Hal ini mengakibatkan sel kulit lebih sensitif terhadap pengaruh luar.  

Menurut laman eucerin.com, hampir 40% laki-laki mengalami masalah kulit yang terkait dengan proses mencukur. Pria dalam rentang umur yang masih muda dan memiliki kulit cerah lebih rentan mengalami hal tersebut.

Jenis Kulit Wajah dan Nutrisinya

Pernahkan anda datang ke toko kosmetik atau salon kecantikan dan kemudian bertanya pada pegawainya: “Sabun muka apa yang cocok dengan kulit saya?”. Mungkin anda akan mendapati muka sang pegawai yang kebingungan.

Meskipun anda sudah memberi tahu jenis kulit anda, belum tentu sang pegawai dapat menjawab pertanyaan anda dengan tepat. Setiap jenis kulit membutuhkan nutrisi yang berbeda. Kebutuhan nutrisi untuk kulit berminyak tentu berbeda dengan kulit kering. Salah menggunakan nutrisi kulit yang salah, dapat berakibat fatal.

Baik pria maupun wanita tentu menginginkan kulit muka yang cerah. Banyak sekali orang yang mengabaikan sabun muka yang mereka pilih dan gunakan. Pria saat ini sudah mulai aware atau sadar untuk menjaga penampilan muka mereka. Para pria pun berusaha untuk menggunakan sabun muka yang bagus untuk kulit mukanya. Apakah itu sabun susu?

Cara Merawat Kulit Wajah Pria

Sabun Muka yang Bagus untuk Pria Kulit Berminyak dan Kering

Gunakan Pembersih Wajah yang Sesuai

Jangan asal memilih produk pembersih wajah karena anggapan yang penting ‘membersihkan’. Pilihlah produk pencuci wajah dengan kandungan yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan kulit. 

Selain menghindari iritasi, produk dengan kandungan yang cocok juga dapat membantu mengatasi masalah kulit dan menjaga wajah selalu bersih dan sehat. Terlebih lagi aktivitas pria yang biasanya lebih berat dibandingkan wanita. Pria pun kebanyakan beraktivitas di luar ruangan yang peluang wajah menjadi kotor dan kusam menjadi lebih besar. 

Berhati-Hati Saat Bercukur

Terutama untuk kulit wajah pria yang sensitif atau mengalami masalah kulit tertentu, proses mencukur harus sangat diperhatikan. Sebelum mencukur, usap kulit dengan air hangat atau handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat selama beberapa menit. Kemudian, lindungi dan melembabkan kulit dengan produk-produk seperti krim cukur (shaving cream) atau gel cukur (shaving gel). Produk-produk semacam itu dapat mengurangi kemungkinan terluka saat proses mencukur.

Setelah bercukur, basuh wajah dengan air dan keringkan dengan cara ditepuk-tepuk secara lembut menggunakan handuk. Lalu, gunakan produk yang juga dapat melembabkan atau menenangkan kulit setelah sel-sel kulit bagian atasnya ‘terkikis’.  Iritasi pada kulit setelah bercukur juga dapat diminimalisir dengan produk cukur yang mengandung anti-bakteri.

Jangan lupa untuk menggunakan pisau cukur yang benar-benar bersih dan tajam. Pisau yang tumpul lebih besar kemungkinannya membuat kulit terluka atau menimbulkan razor bumps. Bercukurlah searah dengan tumbuhnya rambut, bukan sebaliknya. 

Gunakan Pelembab 

Bukan hanya wanita, pria juga perlu menggunakan pelembab. Pelembab berfungsi menutrisi dan menjaga kulit pria agar tetap terhidrasi karena kulit yang berminyak bukan berarti tidak akan mengalami dehidrasi. Pelembab juga dapat berfungsi mengatasi masalah-masalah kulit seperti jerawat dan munculnya tanda-tanda penuaan dini. Pria dapat memilih pelembab dengan tekstur yang ringan dan mudah menyerap, kecuali untuk kulit yang memang bertipe kering.  Jika tidak ingin terlalu repot, pilihlah pelembab yang mengandung sunscreen atau sebaliknya. 

Jangan Lupakan Sunscreen 

Baik pria atau wanita, sunscreen adalah produk perawatan wajah yang harus digunakan. Bahkan meskipun berada pada kondisi yang tidak terkena sinar matahari langsung, misalnya saat cuaca mendung atau di dalam ruangan, selama sinar matahari masih mengenai kulit, perlindungan sunscreen sangat dibutuhkan. 

Sunscreen berfungsi menjaga kulit dari dampak buruk sinar matahari. Dilansir dari alodokter, sinar UVA dapat menyebabkan keriput dan meningkatkan risiko kanker kulit. Sementara, sinar UVB, meskipun membantu pemenuhan vitamin D kulit, tetapi juga dapat menimbulkan masalah seperti sunburn dan kanker kulit. Gunakan sunscreen yang setidaknya mengandung SPF 15 (semakin tinggi kadarnya, semakin baik) dan tahan air. 

Berdasarkan rekomendasi dari American Academy of Dermatology, untuk bagian atas tubuh, sunscreen tidak hanya diaplikasikan pada wajah tapi juga telinga dan leher. 

Hindari Merokok

Tidak hanya sinar matahari, merokok dapat memberikan dampak buruk terhadap kulit. Bahkan lebih parah. Merokok dapat menyebabkan kerusakan kulit dan munculnya kerutan. 

Jenis Produk Perawatan Kulit Wajah Pria

Cleansing bar

Jenis sabun ini untuk jenis sabun ini memang cukup ramah bagi anda, karena sabun ini hanya mengandung pelembab serta tidak ada kandungan detergennya. Sabun ini cocok sekali bagi anda yang suka mencuci muka dengan menggunakan sabun serta air bersih.

Busa pembersih

Busa digunakan untuk membersihkan wajah yang lebih dalam lagi, sehingga wajah anda akan tampak mengkilap. Namun anda perlu hati hati saat memilih produk pembersih wajah untuk kulit kering pria ataupun wanita. Pastikan produk tersebut terdaftar BPOM.

Facial scrub

Jenis sabun ini mempunyai kandungan butiran yang agak kasar, sehingga mampu mengangkat sel kulit yang mati serta membersihkan pori-pori kulit yang dalam sehingga kulit wajah anda akan tampak terlihat lebih bersinar dan tidak kusam lagi. namun anda jangan sering-sering menggunakan sabun untuk muka jenis ini, karena bisa menyebabkan kulit wajah anda menjadi kering. Baca penjelasan facial scrub.

Krim pembersih

Disamping untuk membersihkan wajah, krim ini juga berguna untuk melembabkan permukaan wajah anda.

Toner

Toner dapat membantu menyegarkan wajah anda setelah penggunaan scrub atau sabun. Untuk hasil yang maksimal, pakailah toner yang tidak mempunyai kandungan alkohol.

Setelah mengetahui jenis sabun wajah/muka yang cocok untuk kulit wajah anda, kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang jenis sabun untuk muka yang sesuai atau cocok dengan jenis kulitnya. Mari kita simak ulasan berikut.

Review Produk Sabun Muka Pria Terbaik 2020

ClorisMen Soap

Salah satu merek sabun cuci muka pria untuk kulit kering adalah ClorisMen Soap. Dilansir dari laman clorismen.com, sabun ini diformulasikan khusus sehingga cocok dengan karakteristik kulit pria. 

Beberapa manfaat sabun cuci muka untuk kulit kering pria dengan brand Clorismen ini adalah dapat membantu:

  • meregenerasi sel kulit
  • mengangkat sel kulit mati
  • menghilangkan flek
  • memudarkan kerutan
  • menghilangkan jerawat
  • mengecilkan pori-pori yang besar
  • membersihkan wajah dari kotoran dan minyak yang menempel
  • mencerahkan kulit wajah
  • melembutkan kulit 
  • membuat kulit menjadi lebih sehat 

Review: Sabun muka pria untuk kulit berminyak dan kusam ini aman digunakan karena telah terdaftar di Badan POM. Ada dapat cek di laman BPOM dengan nomor registrasi NA18170500092.

Harga: Anda bisa membeli sabun cowok ini di marketplace. Di Shopee sabun ini dijual dengan harga reguler Rp 40.000 – Rp 55.000. Pada 26 Februari 2020, penjual memberikan diskon sebesar 22% sehingga harganya menjadi Rp 31.200 – R p48.400.

CLORIS MEN Fast Cleansing Foam

Sabun Cloris yang diciptakan dalam bentuk foam dengan busa yang lembut. Kandungannya terdiri dari active charcoal, olive oil dan propolis yang diklaim mampu membersihkan dengan cara mengangkat kotoran, debu dan minyak berlebih pada wajah secara efektif. Sabun ini dijamin aman karena sudah terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi NA18191235313. 

Manfaat Clorismen Fast Cleansing Foam di antaranya adalah:

  • Menutrisi kulit 
  • Melembapkan kulit
  • Mencegah dan mengatasi jerawat serta bekasnya
  • Menormalkan kembali pori-pori yang besar
  • Meremajakan kulit
  • Mengurangi minyak berlebih
  • Mencerahkan kulit

Clorismen Fast Cleansing Foam dijual di Shopee dengan harga mulai dari Rp 77.000. 

RODEOS Facial Treatment With Charcoal & Aloevera

Sabun khusus pria yang mengandung bahan utama ekstrak Aloe vera, kolagen, dan charcoal powder.  Sabun ini diklaim cocok untuk semua jenis kulit pria termasuk kulit wajah yang sensitif. 

Apa saja manfaat sabun wajah Rodeos?

  • mengatasi jerawat
  • mengatasi minyak berlebih
  • melembapkan 
  • mencerahkan 
  • mengatasi kekusaman
  • menyamarkan flek hitam 
  • menyamarkan keriput

Sabun rodeos terjamin aman untuk digunakan karena sudah terdaftar di BPOM. Produk ini terdaftar dengan nomor registrasi NA18180500414. 

Review: 

Dilansir dari Rodeos.online, berikut ini beberapa review dari para pengguna sabun rodeos:

“Setelah pake ini komedo yang kasar di hidung ga pada ada. Sampe2 ibu saya bilang muka pake apa. Saya ga pake pelembab atau setelah cuci muka. Mau ada acara udah ajah cukup cuci muka.”

Yusuf

“Saya cocok pake sabun ini.Setelah aktifitas seharian debu, keringat, kotoran, setelah cuci muka bersih. Saya suka sensasi coolnya”

Yusdi

“Adem banget di muka. Suka banget sama bau daun mintnya.”

Ogie

Harga: Sabun Rodeos dijual di shopee dengan harga mulai dari Rp65.000.

The Body Shop Maca Root Face Wash

Pencuci muka dari The Body Shop dengan kandungan akar maca Peru (Peruvian Maca Root) yang diklaim bebas sabun dan mampu membersihkan kulit secara efektif tanpa membuatnya kering berlebihan. Menghasilkan busa berlimpah dan aroma yang segar setelah terkena air. 

Berbahan dasar alami, sabun ini diklaim mampu membersihkan, menyegarkan dan merevitalisasi kulit wajah. Kulit akan terasa lebih lembut setelah pemakaian. 

Produk ini dijual dengan harga mulai dari Rp132.600. 

Review:

# Pros: Works Great, Natural Ingredients, Gentle to Skin

“Very refreshing face wash. Unlike other men’s face washes that make skin dry, this makes the skin look nourished. I loved it.”

Thugsy aka pradip

“Good Product. Tried many brands but finally got this one. Recommended.”

Sam Jain 

Garnier Men Acno Fight 12-in-1 Scrub in Foam

Salah satu produk Garnier dari rangkaian Garnier Men yang menjadi favorit para pria. Kandungan Salicylic acid, Herbarepair, dan butiran scrubnya diklaim mampu membersihkan wajah dan mengurangi 12 tanda masalah jerawat dan minyak berlebih. Mulai dari flek hitam, pori-pori besar, warna kulit tidak merata dan bekasnya. Produk ini dijual dengan harga mulai dari Rp16.500 dilansir dari laman id.priceprice.com.

Review:

BIKIN KULIT SEGAR

Udah lama penasaran sama face wash cowok dan ternyata ga seburuk yang aku pikirkan. Di dalamnya ada scrub yang kecil dan besar, sebelum aku pake, aku buang dulu scrub besarnya dan campur dengan air sampai berbuih fluffy gitu. Setelah udah ga kerasa tekstur scrub halusnya, baru aku aplikasiin. Enak banget! Surprisingly wanginya enak.”

Deira (Femaledaily)

NYEGERIN WAJAH

“cinta sekale ama ni product sebagus itu buat ngebersihin dan nyegerin wajah . mengontrol oil dan jerawat yang ada di wajahku . dan aku akan selalu repurchase this product . love sekalee dehhhhhhhhhh.”

Mayskincare (Femaledaily)

Vaseline Men Face Anti-Acne Face Wash

Pembersih wajah dari rangkaian Vaseline Men yang diklaim memiliki 7 solusi untuk kulit berjerawat dengan kandungan Salicylic Acid dan Herbal Clay-nya (berdasarkan uji klinis, uji konsumen dan uji laboratorium tahun 2011):

  • Membantu mencegah terjadinya jerawat
  • Menghilangkan minyak berlebih
  • Mengurangi bintik hitam
  • Membuka pori-pori
  • Membantu mengurangi noda
  • Bekas jerawat tampak berkurang
  • Mengurangi 99% bakteri penyebab jerawat (kotoran, debu, kondisi tidak bersih, minyak berlebih, dan bakteri penyebab jerawat)

Selain itu, produk ini juga sudah teruji secara dermatologis cocok untuk segala jenis kulit.

Produk ini tersedia dalam ukuran 50 gram yang dijual dengan harga mulai dari Rp15.500 dan ukuran 100 gram yang dijual dengan harga mulai Rp 32.200 dilansir dari id.priceprice.com.

Review:

“Vaseline men face anti acne memang cocok buat wajahku yang berjerawat, jika pakai vaseline men ini wajah terasa segar, bebas dari jerawat dan bekas jerawat tentunya, lebih bersih, harga yang ditawarkan juga terjangkau untuk semua laki-laki.

Meski harganya terjangkau tapi vaseline men selalu memberikan yang terbaik untuk wajahku. cocok banget buat aku yang selalu bekerja dilapangan yang penuh debu dan polusi. vaseline men juga membersihkan wajah secara menyeluruh.”

Suko Siswanto (id.priceprice.com)

Garnier Men Turbo Light Oil Control Intensive Charcoal 3-in-1 Foam

Pembersih wajah multifungsi yang dapat berfungsi sebagai sabun cuci muka, scrub, dan masker dengan sensasi dingin menyegarkan. Kandungan charcoal-nya diklaim mampu menahan produksi minyak berlebih penyebab kulit kusam hingga 12 jam, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati dan menyamarkan noda hitam. Produk ini dijual dalam ukuran 50ml dengan harga mulai dari Rp19.500 dilansir dari website id.priceprice.com.

Review:

MUKA JADI BERSIH & SEGAR

Ini facial wash terbaik selain harganya murah, gampang didapatkan, dan yg pasti scrub nya bikin nyaman itung-itung buat exfoliating scrub. Ga rugi banget pake produk ini, muka langsung terasa segar dan bersih. TOP!”

Derryputra (Femaledaily)

ADA EFEK DINGIN DI MUKA

Sudah tak terhingga sih beli yang ini ( lebih dari 8 kali ) saking suka nya dan cocok banget. Ini ciamik buat bersihin wajah kalau habis aktivitas seharian, ini lebih cooling dibanding yang charcoal. efek cerahnya juga dapet banget.”

ogg333 (Femaledaily)

TERASA FRESH DI KULIT

Ini punya suamiku, dan aku tergoda mencoba. Karena ini basicnya skincare pria, jadi aku cuma pake sedumil aja, kira-kira setengah biji jagunglah. Ternyata lucu ya, emang dingin-dingin kayak es gitu di kulit, terasa fresh banget, scrubnya juga gak menyakitkan kok. Setelah dipakai so pasti terasa lebih kesat karena ini skincare pria. sumber: femaledaily.com, Indonesia’s most trusted beauty community.”

mimiaffandi_e (Femaledaily)

Vaseline Men Face Healthy White Face Wash

Pembersih wajah dengan kandungan vitamin B3 dan E yang diklaim dapat membuat kulit tampak lebih bersinar dengan cara menghambat produksi melanin, meratakan warna kulit dan menyamarkan bintik hitam. Produk ini juga sudah teruji secara dermatologis untuk semua jenis kulit. 

Produk ini dijual dalam ukuran 50g dengan harga mulai dari Rp15.500 dan ukuran 100g dengan harga mulai dari Rp18.000 dilansir dari id.priceprice.com.

Nivea Acne Control Brightening Facial Foam

Sabun pembersih wajah berupa foam yang diklaim mampu membersihkan dan mencerahkan kulit secara efektif. Formula oil controlnya 10x lebih maksimal untuk mencegah munculnya jerawat dan kulit menjadi kusam.

Produk ini dijual dalam ukuran 100ml dengan harga mulai dari Rp 23.000 dilansir dari id.priceprice.com

Vaseline Men Active Bright Oil Expert Gel Wash

Pembersih wajah berbentuk gel yang memiliki 10x lebih banyak manfaat melembabkan. Efektif mengontrol minyak berlebih tanpa membuat kulit menjadi terlalu kering. Sangat cocok untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat. 

Dilansir dari situs resminya, produk ini memiliki fungsi:

  1. Membantu mengunci dan menarik kelembaban dari udara 
  2. Memberi kelembaban dengan cepat dan tahan lama dibandingkan sabun (berdasarkan uji klinis tahun 2012)
  3. Kulit lebih lembut, halus dan tampak lebih muda
  4. Tidak membuat kulit kering atau terlalu kencang
  5. Mencerahkan kulit yang kusam dan tampak lebih sehat

Produk ini tersedia dalam ukuran 50 gram dan 100 gram yang dijual dengan harga mulai dari Rp 24.500 hingga Rp34.500 dilansir dari id.priceprice.com.

Kao Men’s Biore BLACK & WHITE Deep Fresh

Pembersih wajah dengan butiran scrub penyerap minyak (oil absorber scrub), magnet micro scrub formula serta kandungan black mineral. Dua kandungan tersebut diklaim mampu mencerahkan, mengangkat kotoran hingga ke dalam pori dan mencegah kulit wajah menjadi kusam tanpa membuat kulit menjadi kering.

Produk ini dijual dengan ukuran 100 gram yang dijual dengan harga mulai dari Rp 26.000.

Cara Menggunakan Sabun Muka yang Benar

Pastikan dahulu tangan anda sudah bersih

Ketika anda mencuci muka dengan tangan yang masih kotor, maka bakteri-bakteri yang ada pada tangan anda akan pindah ke permukaan wajah anda, jadi sebaiknya cucilah tangan anda terlebih dahulu sebelum mencuci muka anda.

Gunakan air yang hangat untuk mencuci muka

Untuk hasil yang maksimal, gunakanlah air hangat ketika mencuci muka, jangan gunakan air yang terlalu panas ataupun dingin untuk mencuci muka, karena ini bisa menyebabkan kerusakan pada pori-pori muka anda.

Pilihlah sabun untuk muka sesuai dengan jenis kulit muka anda

Kenali jenis kulit anda, apakah kering, berminyak, sensitif ataukah jenis kulit kombinasi. Baca cara mengenali jenis kulit.

Jangan terlalu sering mencuci muka

Tips ini sejalan dengan kaidah segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Terlalu sering mencuci muka juga begitu. Selain boros air dan sabun wajah, kulit anda bisa teriritasi jika terlalu sering mencuci muka dengan sabun.

Tips Membeli Sabun Muka Pria

Umumnya konsumen lebih memilih dan membeli sabun muka karena beberapa alasan. Diantaranya adalah 

  • harganya murah
  • aromanya wangi 
  • kata atau rekomendasi teman

Masih beruntung jika anda menggunakan sabun untuk wajah yang cocok dan sesuai dengan kulit anda. Tetapi jika anda mendapati sabun yang tidak sesuai dengan jenis kulit anda maka hal tersebut bisa menjadi masalah buat kulit anda.

Sabun untuk  muka yang tidak sesuai dengan jenis kulit dapat menyebabkan kerusakan pada kulit wajah anda, seperti akan timbulnya jerawat, iritasi kulit, kulit kemerahan serta masih banyak lagi yang lainnya. 

Jasa Maklon Sabun Muka Pria 

Bagi anda pelaku UMKM yang ingin produksi sabun atau ingin jualan sabun dengan jasa maklon, silakan gunakan jasa pembuatan sabun. Jika anda tertarik untuk membeli mesin pembuat sabun untuk produksi sabun batangan (padat) dan sabun cair harga termurah & terbaru maka silahkan hubungi PT. ADEV Natural Indonesia. Produsen sabun yang berlokasi di Bogor ini jual mesin pembuat sabun lengkap seperti mixer sabun & alat pencetak sabun (mold), extruder dan mesin pengemas.

Perusahaan sabun ini juga menawarkan jasa maklon sabun sehingga anda bisa memasarkan sabun dengan merek anda sendiri. Untuk harga mesin pembuat sabun terbaru, call 0251-7539769 atau kontak adev natural. Melayani jasa maklon kosmetik Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi Bandung Surabaya Solo Jogja dan seluruh Indonesia.

Itulah tadi ulasan saya mengenai sabun untuk muka, semoga bermanfaat bagi anda semua. Saya menyarankan anda untuk memeriksakan kulit anda terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui jenis kulit anda sehingga anda dapat menggunakan sabun muka yang bagus untuk kulit anda.

Tags: sabun muka pria untuk kulit kering, pencuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat untuk lelaki, sabun muka untuk kulit kering pria, sabun muka yang bagus untuk pria, sabun wajah pria, sabun muka untuk kulit berminyak pria, sabun pemutih muka pria terbaik, sabun cuci muka wardah untuk kulit berminyak, sabun muka berminyak, sabun wajah laki laki tebal kasar, sabun queen, face wash untuk kulit kering pria, Sabun muka untuk kulit kombinasi pria, facial foam yang bagus untuk pria, pencuci wajah kering pria, sabun muka pria untuk wajah berminyak dan kering, Sabun muka pria untuk kulit kusam, kulit cowok kusam dan berminyak, sabun cuci muka laki laki untuk kulit kering, Pencuci wajah pria untuk kulit berjerawat

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!