fbpx

Tips dan Cara Memilih Body Lotion (Handbody) Kulit Kering

Tips dan cara memilih body lotion (handbody) untuk kulit kering pria & wanita yang baik dan benar (tepat). Body lotion yang bagus bisa mengatasi kulit kusam, gatal dan kulit kering.

Pria dan wanita dengan jenis kulit sensitif bisa mengalami alergi ketika memakai hand body lotion. Anda perlu mengenali ciri-ciri alergi karena tidak cocok handbody dan ciri-ciri body lotion yang berbahaya untuk kulit. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk membaca review  dan testimoni sebuah produk kosmetik sebelum membelinya.

Tahukah anda bahwa lotion dengan kandung SPF (Sun Protection Factor) dapat melindungi kulit dari sinar matahari yang menyebabkan kanker? Dalam artikel ini akan kami bahas tentang kaitan berapa lama kulit terpapar sinar matahari dan lotion with spf (uv protection) berapa yang paling cocok untuk kulit.

Yuk mari dikepoin.

Body Lotion untuk UV Protection Sinar Matahari

Tips dan Cara Memilih Body Lotion yang Baik dan Tepat untuk Kulit

Body Lotion merupakan salah satu produk kecantikan yang banyak digunakan oleh wanita untuk melindungi kulit mereka dari paparan sinar matahari. Intensitas sinar matahari yang tinggi di negara tropis, seperti Indonesia, sangat membahayakan kulit terutama dari pancaran sinar ultraviolet (UV) yang disebarkan oleh matahari. Bahkan, dalam ruangan yang teduh pun tidak luput dari hamburan atau bauran sinar matahari yang memantul secara acak.

Sinar matahari ditengarai dapat menyebabkan kanker kulit pada manusia. Sangat berbahaya bukan? Oleh karena itu, sunblock atau lebih dikenal dengan nama body lotion sangat diperlukan untuk melindungi kulit dari bahaya tersebut. Baca artikel kami tentang cara memilih body lotion yang bagus ini hingga tuntas.

SPF (Sun Protection Factor) dalam Handbody Lotion

Pengertian apa itu SPF dalam lotion

SPF (Sun Protection Factor) adalah faktor yang menunjukkan waktu aman dari paparan sinar matahari (tidak ada pembakaran, sun burn). Dengan  melipatgandakan SPF, maka anda dapat lebih lama berada di bawah paparan sinar matahari.

Burning time

Burning time adalah waktu terlama terpapar sinar matahari langsung tanpa mengalami sunburn. Burning time dihitung dari ekuivalen energi UV 1 MED sebagai basis perhitungan.

MED: Minimal Erythemal Dose

MED: Minimal Erythemal Dose – Dosis UV efektif yang menyebabkan kulit kemerahan (kecoklatan) yang sebelumnya tidak terpapar.

Kategori Kulit Wilayah Perkiraan MED
Category 1: (burner)Umumnya orang yang tinggal di negara 4 musim seperti Eropa< 300 J m-2 effective
Category 2: (tanner)Pendatang di negara Eropa dan yang menggunakan pemutih600 J m-2 effective
Category 3: (naturally brown, coklat alami)Didominasi oleh orang Asia, Amerika Tengah dan Amaerika Latin800 J m-2 effective
Category 4: (naturally black, hitam alami)Orang Afrika dan Karibia (Caribbean)1000 J m-2 effectiv

Jadi orang Indonesia berada di kategori 3 yang kulitnya umumnya berwarna sawo matang (coklat alami). Handbody yang cocok untuk kulit sawo matang adalah lotion yang mengandung spf 15.

Tahukah anda bahwa karakteristik kulit wanita Indonesia yang berwarna coklat terang hingga kuning langsat dan tidak ada bintik-bintik sangat mudah menggelap, serta sulit terbakar matahari?

UV Index

kerusakan kulit karena sinar matahari

Berdasar sumber tabel di atas weatheronline.co.uk maka UV Indeks di Indonesia berada di angka 8-9. Penjelasan resiko dalam UV Index:

  • Low risk berarti tidak ada yang perlu dikhawatirkan, sinar matahari langsung tidak membahayakan kulit anda. Kemerahan (erythema) akan tampak dalam 2 jam.
  • Medium risk berarti sinar matahari tidak berbahaya, namun anda harus menghindari paparan sinar matahari langsung selama 1-2 jam. Kemerahan (erythema) akan muncul bila anda terpapar semakin lama. Kategori kulit putih (burner) sebaiknya menggunakan sunscreen dengan skin protection factor (SPF) 15. Gunakan kacamata UV-A+B untuk perlindungan maksimal.
  • High risk berarti kulit anda akan terbakar dalam 30 – 60 menit. Jauhi paparan sinar matahari langsung . Gunakan sunscreen lotion SPF 15+.
  • Very high risk berarti kulit anda dapat terbakar parah dalam 20 – 30 menit. Jauhi paparan sinar matahari langsung . Gunakan sunscreen lotion SPF 15+.

Cara memilih spf dalam lotion

Dengan karakteristik kulit yang dimiliki oleh warga Indonesia, terutama wanita kulit sawo matang, maka waktu maksimal untuk terkena paparan sinar matahari secara langsung adalah 33 menit. Namun, apabila Anda menggunakan SPF20, maka efek yang dibutuhkan sebelum terkena efek sinar uv matahari adalah 33 x SPF20 = 660 menit atau 11 jam.

Salah satu hal yang perlu anda perhatikan adalah tidak semua body lotion yang mengandung SPF dapat anda gunakan. Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis kulit Anda sebelum memilih body lotion dengan SPF yang tepat. Dengan menggunakan body lotion yang tepat, Anda dapat menjaga kesehatan dan kelembaban kulit Anda.

Cara Memilih Body Lotion Terbaik sesuai Jenis Kulit

Wanita ataupun pria yang memiliki jenis kulit kering tentu membutuhkan bantuan pelembab (lotion) lebih banyak bila dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Lotion untuk kulit kering ini berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit sehingga tidak bersisik.

Tidak semua jenis lotion cocok dengan jenis kulit anda. Penggunaan lotion yang tidak tepat malah menimbulkan efek samping yang tidak anda inginkan.

Apapun tipe kulit anda, apakah itu kering, berminyak atau normal, perlu menggunakan jenis lotion yang tepat sesuai jenis kulit. Cara menguji kecocokkan produk body lotion dengan tipe kulit anda adalah

  1. Setelah mandi tempel tissue di kulit sekitar 3 sampai 4 jam
  2. Jika terdapat minyak di atasnya maka kulit anda berminyak
  3. Jika kulit terlihat kering, kusam dan agak bersisik, maka memiliki jenis kulit kering.

Memilih lotion yang tepat untuk kulit anda sebenarnya tidak terlalu susah. Cukup sesuaikan bahan lotion dengan tipe kulit. Berikut beberapa tips dan cara memilih body lotion yang baik dan tepat untuk kulit:

Kulit kering

Jenis kulit yang ini biasanya akan bermasalah ketika musim hujan tiba. Gunakan lotion yang kaya akan pelemabab. Untuk mengatasi udara dingin, beli lotion yang mengandung gliserin, alpha hydroxy acid, dan sebagian lanolin. Saat temperatur mulai hangat, gantilah dengan pelembab ringan yang cocok untuk musim panas.

Kulit normal

Tipe yang paling butuh sedikit perhatian dan perawatan ini tidak terlalu sulit dalam memilih produk. Meskipun begitu bukan berarti harus tidak terawat. Sangat cocok untuk menggunakan pembersih yang lembut, ditambah dengan lotion yang ringan. Meskipun tidak membutuhkan banyak perawatan, dengan sedikit kelembaban dari lotion bisa membuat kulit jenis ini jadi terlihat sempurna.

Kulit berminyak

Mungkin sepintas terlihat basah dan tidak memerlukan pelembab. Kulit jenis ini memerlukan pelembab yang ringan tapi bebas dari kandungan minyak. Ada banyak pilihan untuk kulit jenis ini, jadi tidak perlu khawatir. Perawatan tetap nomor satu untuk kulit yang sehat.

Tips menggunakan lotion

Tes kecocokan produk

Caranya dengan mengoles sedikit saja dibagian kulit yang tidak terlalu berisiko, seperti sikut. Biasanya, ciri-ciri alergi body lotion (handbody) adalah muncul iritasi, rasa gatal, kulit memerah dan hal tidak wajar lainnya.

Kosmetik herbal jadi pilihan

Lebih aman dan tidak memberikan efek samping apapun. Walaupun hasilnya lebih lama tapi lebih aman dan terjamin. Jika kulit anda terbakar karena sengatan sinar matahari, pilih produk yang mengandung atau berbahan utama lidah buaya.

Hindari lotion berbahaya

Bahan kimia berbahaya yang bisa merusak kulit harus dihindari. Beberapa bahan di dalam lotion bisa menyebabkan alergi jika tidak cocok, jadi lakukan tes pada kulit sebelum dipakai menyeluruh.

Kandungan berbahaya dalam lotion

Dilansir dari prevention.com, beberapa bahan kosmetik berbahaya yang sebaiknya anda hindari adalah:

  • Butylated Hydroxyanisole (BHA)
  • DMDM Hydantoin
  • Fragrance dan Parfum sintetis
  • Paraben
  • Retinyl Palmitate
  • Triethanolamine
  • Hidrokuinon
  • Merkuri

Ciri ciri body lotion yang berbahaya karena mengandung merkuri

  • Tekstur produk cenderung lengket (pekat)
  • Agar tampak lebih encer, sebagian produsen nakal mencampurkan merkuri dengan bedak dingin (bedak jerawat)
  • Produk tampak tidak HOMOGEN, bila didiamkan maka komponen minyak akan terpisah.
  • Tercium bau logam merkuri. Pabrikan nakal menambahkan parfum yang menyengat untuk menghilangkan bau logam merkuri tersebut.
  • Warna produk umumnya sangat mencolok
  • Bila diusapkan pada kulit lengan terasa panas dan gatal (gejala iritasi).
  • Kulit dapat berubah putih dalam waktu singkat (kurang 2 Minggu, tergantung kadar kandungan merkuri, makin tinggi makin lebih cepat memberikan warna putih)

Biasanya produsen nakal membuat racikan lotion tersebut berdasarkan informasi di internet. Seringkali takaran bahan dalam formula dibuat berlebih untuk membuat efeknya lebih cepat. Jika produksi seperti ini dilakukan, maka bisa berbahaya buat konsumen yang menggunakannya. Terlebih lagi, bila jenis kulit mereka adalah sensitif. Rereferensi: fimela.com

Cek kelebihan lotion

Body cream lebih kaya akan nutrisi yang membuat kulit tetap lembab, sedangkan body lotion lebih untuk kulit kering seperti di musim hujan misalnya.

Lotion dengan aroma mawar atau kayu manis melembabkan kulit sembari menawarkan keharuman khasnya. Selain itu body lotion yang bagus adalah body lotion yang tidak membuat baju kuning.

Dengan menggunakan body lotion yang benar dan tepat akan melindungi kulit anda dan mencegah penguapan alami. Jika anda memiliki kulit yang menawan, maka tentunya anda akan lebih percaya diri untuk tampil di depan umum.

Semoga beberapa tips dan cara memilih body lotion yang baik dan tepat untuk kulit yang disajikan dalam artikel ini bermanfaat untuk anda. untuk harga jual lotion juga bervariasi, lebih mahal untuk lotion yang memiliki pemutih.

Jasa Maklon Kosmetik dan Sabun Kecantikan

Bagi anda pengusaha kosmetik yang membutuhkan tambahan varian produk, silakan membeli jasa maklon sabun kami, salah satunya sabun beras. Kami telah memproduksi aneka sabun seperti sabun transparan, sabun cair, sabun batang, dan jenis sabun herbal lainnya. Selain sabun, kami juga memproduksi kosmetik seperti lotion, cream, scrub, butter dan masker. Semua produk terdaftar di Badan POM.

Bagi anda pelaku UMKM yang ingin produksi sabun atau ingin jualan sabun dengan jasa maklon, silakan gunakan jasa pembuatan sabun. Jika anda tertarik untuk membeli mesin pembuat sabun untuk produksi sabun batangan (padat) dan sabun cair harga termurah & terbaru maka silakan hubungi PT. ADEV Natural Indonesia.

Jika anda berminat untuk menggunakan jasa maklon sabun kecantikan, silakan hubungi kami. Kami akan infokan harga, biaya dan syarat maklon kosmetik sabun kecantikan kepada anda. Perbesar bisnis kosmetik anda dengan menggunakan jasa kami.

Referensi tulisan body lotion (handbody):

  • http://fonteshope.blogspot.com/2014/04/memilih-lotion-tepat.html
  • http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/46031-memilih-body-lotion-dengan-spf-yang-tepat.html
Tags: merk body lotion yang aman untuk ibu hamil, ciri ciri body lotion yang berbahaya, ciri-ciri alergi handbody, body lotion untuk ibu hamil, cara memilih handbody, kenapa heandbody dapat melindungi dari sinar mataharu, Cara memilih handbody untuk kulit kering

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!