fbpx

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Kosmetik Aman

Cara memutihkan wajah secara alami untuk pria & wanita secara permanen dan cepat dalam 1 hari itu gimana? Tahukah kamu bagaimana cara untuk memutihkan wajah dengan bahan alami seperti tepung beras, air mawar, minyak zaitun, lemon, jeruk nipis, madu, kopi, susu beruang atau susu dancow?

Untuk menghilangkan kusam di wajah, wanita jaman dulu menggunakan racikan bahan alami sehingga menjadi produk seperti masker atau lulur. Berbeda dengan wanita jaman dulu, cewek masa kini yang kerja kantoran lebih prefer menggunakan kosmetik untuk mengatasi masalah wajah kusam atau wajah berminyak. Umumnya, mereka pengen hasil instan dalam memutihkan wajah.

Kalo kamu merasa kulit kamu gelap atau kusam dan pengen membuatnya lebih putih, maka silakan baca artikel ini hingga tuntas.

ADEV Natural coba menyajikan informasi tentang apa itu pemutih wajah, Cara memutihkan wajah secara alami dengan krim pemutih yang aman, dan rekomendasi produk krim pemutih wajah berdasarkan review & testimoni.

Pengertian Krim Pemutih Wajah

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Kosmetik Aman BPOM

Krim pemutih wajah adalah produk kosmetik yang fungsinya untuk mencerahkan kulit wajah. Cara kerja produk pemutih adalah menekan pertumbuhan pigmen melanin pada kulit sehingga berkurang jumlahnya. Pengertian dan definisi apa itu krim pemutih wajah dikutip dari laman webmd.com.

Pigmen Melanin dan Warna Kulit

Pigmen melanin pada kulit merupakan zat dalam tubuh yang bertanggung jawab terhadap warna gelap (hitam) pada kulit seseorang.

Pigmen melanin dihasilkan pada lapisan epidermis oleh sel melanosit. Karakteristik melanin berbeda pada setiap individu dan dipengaruhi oleh genetik.

Dilansir dari study.com, Warna pigmen melanin bervariasi, mulai dari merah kekunigan hingga coklat kehitaman. Ada 2 jenis bentuk dasar melani, yakni eumelanin dan pheomelanin.

Eumelanin

Eumelanin merupakan bentuk melanin yang paling banyak dijumpai. Warnanya cenderung kecoklatan.

Pheomelanin

Bentuk lainnya dari melanin adalah pheomelanin. Warna yang dihasilkan pigmen ini adalah merah kecoklata dan sering dikaitkan dengan bintik-bintik (freckles) dan rambut merah.

Produksi melanin dalam tubuh

Produksi melanin dalam tubuh dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti:

  • paparan sinar matahari
  • genetik
  • ukuran sel melanosit
  • kondisi khusus, seperti albino

Selain pigmen, perubahan hormon juga berpengaruh pada warna kulit.

Manfaat Memakai Krim Siang dan Malam

Beberapa wanita menggunakan sediaan kosmetik berbebentuk krim karena kemudahan pemakaiannya. Beberapa manfaat memakai krim siang dan malam adalah:

  • Memutihkan wajah
  • Mengurangi bintik-bintik hitam dan bekas jerawat
  • Mengurangi kerutan sebagai tanda penuaan
  • Menyeragamkan warna kulit akibat perubahan hormon

Proses memutihkan kulit wajah secara alami tidak semudah yang dibayangkan kebanyakan orang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka kamu perlu melakukan perawatan kulit secara rutin (optimal). Jika kamu konsisten merawat kulit, maka kulit putih, cerah dan bersih sesuai dambaan bisa kamu dapatkan.

Tidak Semua Produk Pemutih Wajah Aman Digunakan

Tahukah kamu bahwa tidak semua kosmetik berupa krim pemutih wajah itu cocok dan aman digunakan? Oleh sebab itu, kamu harus selektif dan berhati-hati saat memilih dan pembeli produk pemutih kulit wajah. Jadi kosmetik komersial bukan satu-satunya Cara memutihkan wajah secara alami.

Krim pemutih wajah yang tidak aman biasanya mengandung bahan kosmetik berbahaya seperti merkuri dan hidrokuinon. Hasil kulit putih memang cepat terlihat, tetapi efek samping jangka panjang bisa membahayakan kesehatan.

Untuk melindungi konsumen, pemerintah melalui Badan POM mengharuskan industri kecantikan yang membuat krim pemutih harus mendaftarkan produknya sebelum dipasarkan di Indonesia.

Buat kamu yang cari perusahaan kosmetik yang buka jasa maklon, maka silahkan hubungi PT. Adev Natural Indonesia. Perusahaan ini membuka jasa produksi kosmetik & skincare private label.

Tips dan Cara Memilih Krim Pemutih Wajah yang Aman

Beberapa tips dan cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan wajah cerah dan berseri adalah:

  1. Menggunakan krim pemutih yang terbuat bahan alami dan bahan kosmetik tidak berbahaya
  2. Melihat komposisi produk
  3. Mengetahui Jenis Kulit
  4. Memastikan bahwa Produk kosmetik yang dibeli telah terdaftar di BPOM

Berikut ini adalah penjelasan dari step by step di atas.

Produk krim terbuat dari bahan alami dan bahan kosmetik yang aman

Cara memutihkan wajah secara alami bisa menggunakan bahan seperti:

  • Aloe vera (lidah buaya)
  • Susu
  • Madu
  • Alpukat
  • Ekstrak Citrus
  • Minyak zaitun (olive oil)

Komponen krim pemutih bisa dibuat dari bahan kosmetik yang aman. Misalnya:

  • Kojic Acid
  • Alpha Arbutin
  • Ekstrak Mulberry
  • Alpha Hydroxy Acid
  • Azelaic Acid
  • Niacinamide
  • Glycolic Acid
  • Citrus Ekstrak
  • Ekstrak Akar Licorice
  • Asam Laktat
  • Glutathione
  • Avocado Oil

Beberapa bahan tersebut telah banyak digunakan manufaktur kosmetik modern sebagai salah satu komponen dalam produk krim pemutih dan pencerah wajah.

Jadi, sebelum membeli produk pemutih perhatikan dengan cermat komposisi bahan pembentuknya. Ini adalah salah indikasi produk sebagai Cara memutihkan wajah secara alami.

Bagaimana cara mendapatkan produk krim pemutih wajah yang aman? Untuk mendapatkan produk pemutih wajah yang terbaik, kamu perlu melakukan riset sederhana.

Supaya tidak salah langkah memilih produk krim pemutih wajah, maka perhatikan tips memilih dan membeli produk krim pemutih wajah berikut ini. Hal ini bermanfaat untuk menghindari dampak negatif karena salah membeli produk.

Melihat komposisi produk

Komposisi produk adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan. Pasalnya, ada beberapa produk krim pemutih wajah yang mengandung bahan berbahaya seperti merkuri dan hydroquinone.

Pada dasarnya, merkuri dan hidrokuinon sudah dilarang penggunaannya dalam kosmetik di Indonesia. Dilansir dari laman agelessderma.com bahwa Eropa sudah melarang bahan tersebut sejak lama.

Jika sekiranya kamu menemukan nama seperti calomel, mercuric, mercurous, atau mercurio, maka itu adalah merkuri. Oleh karena itu, harap berhati-hati dan cermat saat membaca komposisi krim pemutih. Terlebih lagi kosmetik import yang terkadang bahasanya asing.

Uji kecocokan produk dengan jenis kulit

Sebelum memutuskan untuk menggunakan krim pemutih wajah, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter kulit. Tujuannya adalah untuk mengetahui jenis kulit kamu.

Apakah kulit kamu jenis kulit kering, berminyak, normal, sensitif atau lainnya. Pasalnya, tidak semua krim pemutih cocok diaplikasikan pada semua jenis kulit.

Dengan mengetahui jenis kulit, kamu dapat menemukan produk krim pemutih wajah. Misalnya di label kemasan tertera “untuk kulit berminyak”, maka jika kulit kamu kering jangan beli produk tersebut.

Produk kosmetik terdaftar di BPOM

Sebelum membeli krim pemutih, pastikan produk tersebut telah terdaftar di BPOM. Untuk mendapatkan izin edar atau notifikasi edar, sebuah produk kosmetik harus mendapatkan no registrasi BPOM. Salah satu persyaratannya adalah tidak mengandung bahan kosmetik berbahaya.

Adanya Badan POM sangat penting untuk melindungi keselamatan dan kesehatan masyarakat dari peredaran kosmetik dan obat-obatan. Oleh karena itu, selalu perhatikan lebel No. NA pada kemasan produk.

Kami telah menuliskan beberapa produk seperti sabun dan krim pemutih pria yang bisa kamu baca dan jadikan referensi.

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami

Kamu dapat mencerahkan wajah secara alami dengan menggunakan bahan sederhana di rumah. Berikut tutorialnya:

Bahan-Bahan

  • Susu Bubuk Rasa Vanila (Bisa menggunakan merek dancow atau yang lainnya)
  • Baking Soda
  • Cuka Putih 
  • Air secukupnya
  • Garam

Cara mencerahkan wajah dengan bahan-bahan di atas, yakni susu, baking soda dan cuka makan memang sudah dilakukan oleh banyak orang dan terlihat manfaatnya. Namun, belum ada penelitian yang lebih lanjut terkait khasiat dari ketiga bahan tersebut, termasuk terkait efek samping jika masker digunakan dalam jangka panjang.

Susu bubuk

Masker yang terbuat dari susu memang memiliki manfaat untuk kecantikan, dilansir dari alodokter. Mulai dari menjaga kelembaban, menghaluskan, menghidrasi, dan mencerahkan kulit.

Dalam hal ini, yang digunakan adalah susu murni yang dicampur dengan bahan-bahan alami seperti madu, oatmeal dan buah-buahan. Masker semacam itu bebas dari bahan pengawet dan zat-zat buatan seperti pewarna dan pewangi. Tetapi masker susu juga harus dihindari oleh mereka yang memang sudah memiliki kecenderungan alergi laktosa.

Cuka

Cuka makan, dilansir dari grid.id, memiliki dua manfaat untuk kulit. Sifat astringent-nya diklaim mampu menjaga keseimbangan pH kulit, sementara zat asam asetat alaminya dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Namun, sekali lagi, dua hal tersebut belum ada penelitian lebih lanjut. Terlebih untuk kulit yang memang sensitif, cuka makan memiliki tingkat keasaman yang dapat mengiritasi kulit. 

Baking soda

Terlebih baking soda, dilansir dari alodokter, sifat dasar baking soda adalah mengiritasi kulit, dapat membuat kulit wajah menjadi lebih tipis dan lebih sensitif sehingga tidak penggunaannya tidak disarankan. Terutama pada wajah yang sensitif, baking soda dapat merusak kulit, membuat kulit menjadi kering, bahkan menyebabkan luka iritasi.

Meskipun artikel lain mengatakan boleh saja untuk mencoba baking soda sebagai pemutih kulit, tetapi perlu disadari bahwa pasti ada efek samping dari penggunaannya.

Alat

  • Mangkuk Bersih
  • Sendok kecil
  • Saringan

Cara membuat masker pemutih

  1. Campurkan air dengan susu bubuk, aduk merata hingga susu benar-benar larut 
  2. Masukkan beberapa tetes cuka makan. Cuka makan digunakan untuk memisahkan air dengan larutan susu yang menggumpal hingga menghasilkan bentuk seperti masker
  3. Saring larutan susu. Anda akan mendapatkan larutan susu yang sudah berbentuk seperti masker.
  4. Masukkan sedikit baking soda, aduk secara merata. 
  5. Masker susu homemade pun siap untuk digunakan.

Cara penggunaan masker

  1. Oleskan masker pada wajah, tubuh, atau kedua-duanya.
  2. Diamkan sementara hingga masker mengering.
  3. Setelah masker kering, gosok secara perlahan hingga terkelupas.
  4. Cuci muka dengan bersih dan menyeluruh.

Video bagaimana cara memutihkan wajah

Review Merk Krim Pemutih Wajah yang Aman untuk Memutihkan Wajah

Beberapa produk yang diulas dalam artikel ini adalah sebagai berikut:

  • Wardah Lightening Day Cream
  • Pond’s Flawless White
  • Erha21 Truwhite
  • La Tulipe Lightening Cream
  • Krim Pemutih HN

Wardah Lightening Day Cream

Salah satu merk krim pemutih wajah pabrikan lokal adalah Wardah. Kosmetik Wardah menjadi produk yang laris dan terkenal di pasaran.

Wardah sangat inovatif. Perusahaan wardah menelurkan serangkaian produk pemutih. Diantaranya adalah cream step 1 dan step 2 untuk mencerahkan.

Produk cream step 1 terdiri atas vitamin B3 dan Ekstrak Akar Licorice. Khasiat dari tanaman alami tersebut mampu mencerahkan kulit wajah secara maksimal. Produk cream step 2 mengandung ekstrak rumput laut, AHA (alpha Hydroxy Acid), dan allantoin. Manfaat dari bahan-bahan tersebut adalah melembabkan kulit dan mencegah kulit kering kusam.

Krim pemutih Wardah step 2 cocok digunakan untuk memutihkan jenis kulit kering. Wardah step 1 cocok diaplikasikan pada kulit normal.

Pond’s Flawless White

Krim pemutih merk Pond’s juga menjadi salah satu produk pemutih wajah yang paling banyak digunakan wanita Indonesai. Kandungan formula GenActivTM dalam krimnya mampu memudarkan noda hitam dan mencerahkan kulit wajah dari dalam.

Untuk melindungi paparan sinar matahari maka ditambahkan SPF 18 PA++ ke dalamnya. Perlu kamu tahu bahwa salah satu penyebab kulit gelap adalah paparan sinar matahari. Produk kosmetik brand Pond’s ini juga mampu memudarkan kerutan yang merupakan ciri penuaan dini.

Erha21 Truwhite

Krim pemutih merek Erha21 Truwhite merupakan krim pemutih racikan dokter kulit spesialis di klinik Erha. Salah satu bahan alami di dalamnya adalah arbutin.

Arbutin dapat bermanfaat untuk mencerahkan kulit secara alami, menyamarkan flek hitam, bekas jerawat dan mampu menekan pertumbuhan pigmen melanin kulit.

Kelebihan lainnya dari produk Erha21 Truwhite adalah dilengkapi dengan double protection, yakni SPF 30/PA ++. SPF adalah penangkal UV sinar matahari.

La Tulipe Lightening Cream

Krim pemutih merk La Tulipe Lightening Cream diklaim cocok untuk semua jenis kulit. Produk pemutih ini mampu menghilangkan bekas jerawat, noda hitam atau bintik hitam akibat sengatan panas matahari dan menjaga kelembapan kulit. Kompoenen krim La Tulipe aman karena berupa bahan alami seperti Ekstrak Korean Golden Bell dan AHA.

Krim Pemutih HN

Buat kamu yang ingin memutihkan kulit secara menyeluruh direkomendasikan menggunakan paket lengkap pemutih dari HN. Produk pemutih HN ini memiliki 5 macam. Adapun jenisnya adalah:

  1. sabun bar
  2. lotion
  3. body scrub
  4. body care

Produk kosmetik HN aman. Komponen produknya adalah bahan-bahan alami. Selain itu, HN juga sudah memiliki izin edar dari BPOM.

Sampai saat ini produk pemutih HN tidak tersedia dalam bentuk sediaan krim (cream). Kamu tidak perlu berkecil hati karena bisa menggunakan lotion pemutih. Produk lotion diformulasikan khusus untuk memutihkan kulit tubuh.

Rangkaian pemutih kulit HN diperkaya dengan multivitamin dan SPF 30. Bahan tersebut mampu menutrisi kulit wajah agar tetap sehat, lembab dan terhindar dari kusam dan kering.

Itulah beberapa rekomendasi krim pemutih yang aman untuk digunakan. Review diatas diambil dari hariangadis.com.

Rekomendasi dan Saran

Kamu perlu berhati-hati ketika hendak menggunakan produk krim pemutih yang mereknya berbeda dengan yang biasa kamu gunakan (karena baru). Hindari produk kosmetik yang mengandung merkuri karena efek samping/negatif bagi kesehatan dalam jangka panjang, bahkan kanker kulit pun bisa muncul.

Kami sarankan, untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit sebelum dan saat melakukan proses pemutihan kulit. Semoga Cara memutihkan wajah secara alami ini bermanfaat buat kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!