fbpx

Minyak Zaitun: Kandungan, Manfaat, Efek Samping Olive Oil

Kandungan minyak zaitun (olive oil) memiliki manfaat & efek samping untuk kesehatan kulit wajah, rambut dan payudara. Selain manfaat, minyak zaitun juga ada efek samping jika cara mengkonsumsinya kurang tepat.

Bagian-bagian Zaitun

Buah zaitun terdiri dari dua bagian yakni daging buah dan biji. Sekitar 70% hingga 90% dari berat buah tersebut adalah dagingnya. Sementara sekitar 10%-30%nya adalah biji.

Daging Buah Zaitun

Kandungan buah zaitun

Kandungan utama dari daging buah zaitun adalah air, minyak, gula, protein kasar, fiber, abu, pektin yang merupakan karbohidrat kompleks, dan komponen lainnya. Daging buah zaitun juga mengandung berbagai jenis vitamin dan elemen-elemen mineral dalam jumlah banyak, seperti potasium, kalsium, magnesium, sulfur, iron,zinc, mangan, tembaga dan sejenisnya.

Rendemen minyak dari buah zaitun

Daging buah zaitun dapat dijadikan sebagai komposisi dari minyak zaitun. Minyak yang terkandung di dalam daging buah zaitun biasanya sekitar 11% hingga 27.6%.

Biji Zaitun

Kandungan biji zaitun

Komposisi utama dari biji buah zaitun adalah air, minyak, gula, selulosa, protein dan abu. Jumlah total daging dan biji dari keseluruhan buah adalah 15% dan 30%. Hasil minyak dari buah yang dikeringkan adalah sekitar 40%. 

Warna minyak biji zaitun

Minyak zaitun dengan warna kuning kehijauan dan tidak terasa kering adalah cairan bersuhu ruangan yang telah ditambahkan dengan beberapa aroma.

Komposisi kimiawi

Komposisi kimiawi utama dari minyak zaitun adalah gliserida dan non-gliserida asam lemak. Kandungan gliserolipid berasal dari asam lemak jenuh asam lemak tak jenuh, asam linoleat, dan asam heptadekanoat. Namun, kandungan non-gliserida dalam olive oil sangat rendah sehingga nilai penyerapan olive oil oleh tubuh cukup tinggi.

Selain itu, minyak ini juga mengandung lebih banyak antioksidan alami, squalene, VE, VK, karoten dan bahan-bahan non-gliserida lainnya. 

Kandungan Minyak Zaitun

minyak zaitun

Asam lemak tak jenuh tunggal

Dilansir dari theolivetap.com, Olive oil (minyak zaitun) mengandung sekitar 65.8-84.9% in asam lemak tak jenuh tunggal. Selain menyuplai badan dengan panas, asam lemak tak jenuh tunggal juga menyesuaikan dengan konsentrasi plasma manusia. 

Olive oil dapat meningkatkan keseimbangan HDL lipoprotein densitas tinggi tubuh dengan menyediakan proporsi tinggi kolesterol lipoprotein densitas rendah. Olive oil juga mengurangi konsentrasi plasma dan lipoprotein densitas rendah dengan tujuan untuk mencegah kelebihan kolesterol dalam tubuh. 

Pada intinya, asam lemak tak jenuh tunggal sangat bermanfaat bagi jantung, otak, ginjal dan pembuluh darah. Selain asam lemak tak jenuh tunggal, minyak zaitun juga mengandung banyak unsur lainnya, seperti squalene, flavonoid, senyawa polifenol, dan kandungan lainnya yang dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan dan anti penuaan tubuh. 

Omega 9 dan vitamin E

Minyak zaitun atau olive oil adalah jenis minyak alami yang mengandung omega 9 dan vitamin E cukup tinggi. Vitamin E bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit sehingga kulit menjadi lebih kencang, halus, dan sehat.

Khasiat & Manfaat Minyak Zaitun

Manfaat extra virgin olive oil untuk diet

Hasil riset yang dimuat di The British Journal of Nutrition menyebutkan, penggunaan minyak zaitun untuk menggantikan minyak jenuh selama empat minggu, tanpa mengubah pola makan, mampu mengurangi berat badan hingga 2-3 kg. Penelitian lain menyebutkan, olive oil dapat memecah sel adiposit penyebab obesitas. Ekstrak virgin olive oil direkomendasikan untuk menggantikan diet minyak lemak jenuh yang sering dikonsumsi.

Manfaat minyak zaitun untuk kulit

Menjaga elastisitas kulit

Selain sebagai anti kanker, minyak zaitun juga mengandung banyak vitamin E yang sangat berguna untuk menjaga elastisitas kulit. Dengan mengkonsumsi minyak alami ini, secara tidak langsung kulit akan terasa lebih kencang, halus, dan sehat.

Melembabkan kulit

Di samping itu, minyak zaitun juga berguna untuk melembabkan kulit kering saat digunakan sebagai masker. Manfaat lain yaitu dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari jika dioleskan. Jenis minyak biji mahoni juga bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Manfaat minyak zaitun untuk wajah

Mengontrol minyak berlebih

Ambil sedikit bubuk cendana dan tambahkan beberapa tetes minyak zaitun. Campur dan oleskan pada masker wajah dan biarkan selama 7-10 menit. Bilas dengan air dingin.

Membantu menghilangkan flek di wajah

Oleskan minyak zaitun pada wajah dan leher. Diamkan selama 4-5 menit dan kemudian biarkan menguap. Hal ini akan membuka pori-pori kulit dan membersihkan kulit secara alami. Hal ini juga efektif untuk menyingkirkan flek matahari yang terdapat pada kulit wajah.

Khasiat Minyak Zaitun untuk Payudara

Secara medis, dilansir dari alodokter, belum ada bukti yang mendukung bahwa penggunaan olive oil dapat memperbesar payudara. Satu-satunya cara untuk memperbesar payudara adalah melalui prosedur operasi plastik. Sementara untuk mendapatkan payudara yang kencang dan padat dapat dilakukan dengan olahraga seperti push up atau menggunakan push up bra.  

Menurut penelitian yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine 2015, dilansir dari parenting.orami.co.id, mengkonsumsi minyak zaitun dengan cara diminum yang dilakukan bersamaan dengan diet Mediterania dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara sebanyak 68%. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. 

Selain itu, masih dilansir dari sumber yang sama, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk memijat payudara. Melakukan pijat payudara dengan minyak zaitun dipercaya mampu membuat kulit payudara menjadi lebih sehat dan kencang karena kandungan vitamin A, C, D, K, E dan antioksidannya. Pijat payudara mungkin sangat disarankan terutama untuk wanita menyusui, karena kegiatan menyusui dapat menyebabkan kulit payudara mengendur. Minyak olive juga dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit payudara. 

Efek Samping Minyak Olive

Data saintifik mengenai efek samping dari minyak zaitun dapat dikatakan masih terbatas. Menurut salah satu artikel pada laman verywellhealth.com, minyak olive mungkin memicu efek samping ringan seperti sakit perut, pusing atau reaksi alergi pada pernapasan. Penggunaan minyak dari tanaman Olea europaea ini hanya perlu dibatasi untuk ibu hamil dan menyusui, penderita diabetes, dan orang yang melakukan operasi, dilansir dari webmd.com

Efek Samping Minyak Zaitun untuk Wajah dan Rambut 

Minyak zaitun yang dioleskan pada wajah dan rambut pada umumnya tidak akan menyebabkan efek samping apapun. Meskipun ada beberapa orang yang mengalami alergi, hal tersebut hanya terjadi pada sebagian kecil pengguna dan berkaitan dengan kesensitifan kulit masing-masing orang. 

Sejauh ini juga belum ditemukan laporan mengenai efek samping minyak zaitun yang digunakan semalaman. Malah, sebagian orang merasa kulitnya menjadi lebih lembab setelah mengaplikasikan minyak olive sebelum tidur dan membiarkannya semalaman. 

Efek Samping Minyak Zaitun Jika Diminum 

Dilansir dari webmd.com, minyak zaitun aman untuk diminum. Bahkan digunakan sebagai 14% asupan kalori harian untuk tubuh. Minyak olive sudah lama banyak dikonsumsi oleh mereka yang menjalani diet gaya mediterania.

Namun, memang ada beberapa orang yang mungkin kurang mentolerir minyak olive dan mengalami rasa kurang nyaman pada mulut dan lambung atau merasa mual setelah mengkonsumsinya. Minyak olive juga dapat menurunkan tekanan darah dan gula darah sehingga tidak baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang mengalami masalah darah rendah atau mengonsumsi insulin karena dapat mengakibatkan hypoglycemia (kadar gula rendah), seperti dilansir dari verywellhealth.com.

Kegunaan Minyak Zaitun

kelebihan minyak zaitun utk bahan pembuatan sabun transparan

Minyak zaitun untuk memasak

Minyak olive biasanya digunakan untuk memasak sebagai pengganti minyak kelapa atau sebagai dressing untuk salad.  Dalam memasak, menggunakan minyak ini memang lebih disarankan dibandingkan penggunaan jenis minyak yang lain. Hal ini dikarenakan minyak dari buah Olea europaea ini mengandung lebih banyak lemak sehat, dapat menekan kadar kolesterol buruk, mencegah hipertensi, mencegah stroke dan memiliki banyak manfaat lainnya. 

Minyak zaitun sebagai asupan bayi

Banyak orang yang menjadikan minyak zaitun sebagai salah satu asupan untuk buah hati mereka. Minyak olive boleh-boleh saja dikonsumsi oleh bayi, hanya saja, gunakan minyak murni atau yang disebut Extra Virgin Olive Oil atau EVOO. Dilansir dari healthline, EVOO adalah minyak olive yang diekstrak dengan metode alami berstandar terbaik.

Minyak zaitun untuk diet 

Menurut penganut tipe diet mediterania, minyak zaitun sangat baik untuk diet. Jenis tipe diet ini adalah mengganti asupan lemak tidak sehat seperti lemak trans dan lemak jenuh yang berasal dari minyak goreng, margarin atau jenis minyak masak lainnya menjadi minyak dengan lemak sehat seperti minyak alami ini. 

Minyak zaitun untuk Kesehatan Bayi & Bumil

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang sudah pernah diteliti adalah menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kemungkinan stroke, dan membantu menghindari obesitas atau menjaga berat badan. 

Meskipun begitu, minyak olive harus diperhatikan penggunaannya bagi penderita diabetes, ibu hamil dan menyusui, serta mereka yang akan melakukan operasi. Hal tersebut dikarenakan total kalori minyak zaitun yang terlalu tinggi. 

Minyak zaitun untuk bayi

Dilansir dari The Asian Parent, bayi boleh mengkonsumsi minyak zaitun setelah berumur 6 bulan. Minyak olive yang digunakan adalah minyak murni atau Extra Virgin Olive Oil (EVOO).  Hal ini dikarenakan EVOO masih sangat murni dan mengandung antioksidan yang lebih besar. EVOO juga mengandung asam oleat yang dipercaya mampu membantu meningkatkan perkembangan otak anak, bersifat anti inflamasi dan membantu mengurangi penyakit asma. 

Namun, jangan menggunakan lebih dari satu per empat sendok teh minyak olive dalam setiap 57 gram makanan bayi. Mengkonsumsi minyak ini yang terlalu banyak dapat menyebabkan diare pada bayi. Minyak olive juga sebaiknya tidak mengalami proses pemanasan karena dapat mengurangi kandungan gizinya. 

Minyak zaitun untuk Ibu hamil

Meskipun dalam pengonsumsiannya ibu hamil harus dibatasi, minyak olive masih memiliki banyak manfaat dengan pemakaian luar pada ibu hamil, di antaranya:

  1. Menyamarkan stretch mark atau guratan kemerahan pada beberapa bagian tubuh ibu hamil. Stretch mark ini muncul karena meregangnya kulit sebagai akibat dari bertambahnya berat badan. 
  2. Merawat kulit kering yang disebabkan oleh perubahan hormon. 
  3. Membantu menghilangkan kutu rambut 
  4. Mengurangi rasa kram pada kaki yang sering dialami oleh ibu hamil yang disebabkan tekanan pada pembuluh darah akibat bertambahnya berat badan. 

Namun, sebaiknya ibu hamil tetap berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter terkait penggunaan minyak zaitun. 

Minyak zaitun untuk kecantikan

Minyak zaitun dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik, contohnya cream dan sabun kecantikan. Cream merupakan sediaan kosmetik yang merupakan campuran antara air dan minyak. Ekstrak virgin olive oil ditambahkan ke dalam formula krim karena khasiat dan manfaatnya yang baik untuk kulit tubuh.

Jenis Produk Kecantikan Berbahan Minyak Zaitun

sabun zaitun

Pelembab

Sudah sejak lama minyak olive dikenal dapat melembutkan kulit yang kering dan retak-retak, terutama pada bagian siku dan tumit. Termasuk untuk kulit bibir, minyak olive sangat berfungsi sebagai pelembut dan mengatasi bibir yang pecah-pecah. 

Tidak hanya melembapkan, berdasarkan penelitian, dilansir dari alodokter.com, minyak zaitun dapat membantu penyembuhan luka bakar ringan dan mencegah berkembangnya kanker kulit.

Krim dan masker

Minyak zaitun memiliki zat antioksidan dan anti radang. Keduanya dipercaya dapat menghaluskan, mencerahkan, melindungi kulit dari radikal bebas, dan mengatasi peradangan yang menyebabkan kerutan dan berkurangnya kekencangan kulit. Oleh karena itu wajar kiranya banyak produk krim dan masker mengandung minyak dari buah Olea europaea.

Pembersih (Cleanser)

Beberapa waktu ke belakang, produk cleansing oil sangat booming di pasaran. Cleansing oil digunakan dalam tahap double cleansing dalam perawatan wajah. 

Tahukah Anda, minyak olive dapat dimanfaatkan sebagai cleansing oil yang efektif menghapus sisa-sisa make up di wajah? 

Selain dapat membantu menghapus make up dengan mudah, kelebihan minyak olive adalah tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan tidak menghilangkan minyak alami wajah. 

Anti aging

Minyak zaitun yang digunakan pada wajah dapat membantu menjaga kelembaban, memelihara kesehatan dan membantu mengurangi keriput (anti aging). Namun, minyak zaitun tidak disarankan untuk dioles pada kulit yang berjerawat. 

Obat jerawat

Dilansir dari alodokter, minyak zaitun mencegah munculnya jerawat dengan menjaga kelembaban kulit. Kulit yang kelembabannya terjaga produksi semuanya pun akan normal dan tidak berlebih sehingga jerawat tidak muncul. Namun, hal ini tidak terjadi pada semua orang. 

Sebagian orang mengalami hal sebaliknya. Minyak olive membuat pori-porinya tersumbat sehingga memicu semakin banyak jerawat. Pada intinya, penggunaan minyak olive sama dengan produk perawatan yang lainnya. Belum tentu cocok di semua orang. 

Produk perawatan rambut (Hair treatment)

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut di antaranya adalah: 

  1. Mengatasi rambut kering dan bercabang dengan kandungan asam oleat dan asam palmitatnya, 
  2. Merangsang pertumbuhan rambut dengan kandungan vitamin E-nya,
  3. Mengurangi ketombe (masih perlu penelitian lebih lanjut) 
  4. Mengatasi ketombe pada bayi (cradle crap

Tips Menggunakan Krim dari Minyak Zaitun

Gunakan day cream & night cream (krim siang dan krim malam) untuk menyempurnakan perawatan muka. Khasiat minyak zaitun dalam krim adalah secara alami membantu perawatan kesehatan kulit, melembabkan kulit , mengencangkan dan  mencerahkan. Dengan demikian, kulit anda terlihat lebih fresh dan cantik alami.

Anda juga dapat membeli sabun zaitun atau jasa maklon sabun dan jasa maklon kosmetik. Kami menawarkan harga maklon terbaik untuk produk kecantikan yang kami buat. Hubungi kami untuk penawaran jasa maklon. Lihat gambar sabun berikut ini.

sabun zaitun harga jual murah

Jasa Maklon Kosmetik dan Sabun Kecantikan

Bagi anda pengusaha kosmetik yang membutuhkan tambahan varian produk, silahkan membeli jasa maklon sabun kami, salah satunya sabun beras. Kami telah memproduksi aneka sabun seperti sabun transparan, sabun cair, sabun batang, dan jenis sabun herbal lainnya. Selain sabun, kami juga memproduksi kosmetik seperti lotion, cream, scrub, butter dan masker. Semua produk terdaftar di Badan POM.

Tags: EFEK SAMPING OLIVE OIL, manfaat minyak zaitun ekstra virgin untuk hipertensi, efek samping extra virgin olive oil suhu maksimal, manfaat minyak zaitun pada kulit, Manfaat dan efek samping mengkonsumsi minyak zaitun extra virgin, komposisi dari minyak zaitun, kandungan olive oil extra virgin, kandungan minyak zaitun olivie, kandungan minyak zaitun, Efek samping minyak zaitun untuk wajah, Efek samping minyak zaitun extra virgin, minyak zaitun untuk payudara

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!