Sabun Herbal: Cara Membuat, Harga dan Khasiat Sabun Herbal

Sabun Herbal: Cara Membuat, Harga dan Khasiat Sabun Herbal

Sabun herbal dibuat oleh produsen sabun kecantikan dari bahan alami (herbal) yang harganya relatif murah. Secara umum sabun kecantikan dari bahan alami Cocok untuk wajah.

Dalam artikel initentang manfaat dan cara membuat sabun batang herbal disini. Sabun herbal adalah sabun yang merupakan perpaduan antara sabun kecantikan dan sabun kesehatan. Khasiat herbal yang terkandung di dalam sabun batangan herbal membuat harga sabun tersebut menjadi sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan sabun biasa. Banyak tanaman herbal yang diambil khasiatnya untuk diaplikasikan ke dalam formula sabun seperti lidah buaya, papaya, mengkudu, sirih, jahe, temulawak, tomat, alpukat, bengkoang seperti yang disebutkan artikelkesehatanwanita.com.

sabun herbal

Cara Membuat Sabun Herbal

Jika anda ingin membuat sabun herbal sendiri, maka coba pikirkan untuk membuatnya dengan cara yang termudah dan tersimple. Selain itu coba berpikirlah kreatif untuk menggunakan bahan herbal yang mengandung khasiat untuk kulit dan memiliki aroma yang menyenangkan. Bahan tambahan berupa minyak berkhasiat herbal dan bahan lain seperti susu kambing dan susu sapi juga perlu anda jadikan alternatif untuk membuat sabun wajah herbal. Herbal merupakan bahan alam (natural) dan jika digunakan ke dalam formula sabun maka pilihlah bahan alam yang memiliki khasiat untuk kulit. Berikut adalah tahapan untuk membuat sabun kesehatan berban herbal.

Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat sabun herbal

  1. Haluskan bahan herbal yang akan ditambahkan ke dalam formula sabun

Panaskan 60-80 ml air, masukkan bahan herbal, panaskan selam 15 menit hingga tersisa 30-60 mlsabun herbal ramuan herbal

Potong-potong sabun gliserin

 

sabun herbal memotong sabun gliserin

Lelehkan potongan sabun gliserin sambil diaduk perlahan

 

sabun herbal melelehkan sabun gliserin

Masukkan bahan tambahan ke dalam adonan formula sabun dan aduk perlahan

 

sabun herbal menambahkan bahan lain

Tuangkan adonan sabun ke dalam cetakan sabun

sabun herbal tuang dalam cetakan

Biarkan sabun selama 30 menit dan permukaan sabun mengeras

 

sabun herbal biarkan permukaan mengeras

Letakkan cetakan sabun ke dalam freezer untuk membuat sabun mengeras lebih cepat. Tahapan ini merupakan tahapan opsional.

 

sabun herbal biarkan permukaan mengeras

Keluarkan sabun dari cetakan

sabun herbal dikeluarkan dari cetakan

Prosedur cara membuat sabun herbal diatas disadur dari wikihow tentang how to make herbal soap. Jika anda tidak mempunya sabun gliserin sebagai sabun dasar, anda dapat menggunakan campuran minyak dan larutan soda kaustik untuk membuat sabun dasar. Selamat membuat atau berbelanja sabun alami dan  herbal yang merupakan salah satu sabun natural.

Sabun Herbal: Cara Membuat, Harga dan Khasiat Sabun Herbal
5 (100%) 3 votes

Tags: cara membuat sabun mandi herbal, cara membuat sabun herbal, cara membuat sabun temulawak, sabun herbal, alat bahan dan cara membuat sabun herbal bengkoang, Mencairkan sabun transparan, sabun cair wajah murah, membuat sabun herbal dari sabun batang, membuat sabun herbal, sabun herb, manfaat sabun dari jahe, jurnal formulasi sabun herbal dari temulawak, https://adevnatural com/sabun-herbal-cara-membuat-harga-dan-khasiat-sabun-herbal/, gambar bahan pembuatan sabun pepaya, Cara membuat sabun mengkudu, cara membuat sabun mandi muka, cara membuat sabun cair kecantikan menggunakan bahan herbal alami, cara membuat masker buah, buat sabun herbal, sabun wajah batangan

6 pemikiran pada “Sabun Herbal: Cara Membuat, Harga dan Khasiat Sabun Herbal

    • Yth Nabil Annisa,
      Untuk skala rumah tangga anda dapat menggunakan kompor (gambar 4). Usahakan panas yang dihasilkan stabil sehingga suhu reaksi yang diinginkan dapat dicapai.
      Selamat bereksperimen membuat sabun
      Terima Kasih

Tinggalkan komentar

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

x Shield Logo
This Site Is Protected By
The Shield →