Sabun Herbal Wajah: Manfaat Bahan & Cara Membuat Sabun Herbal

Sabun herbal wajah alami murah yg kaya manfaat dari produsen perusahaan jasa maklon sabun. Cara membuat merk sabun herbal hawa aneila nadhifa terbaru di pabrik maklon kosmetik dan sabun. Jenis sabun kecantikan untuk wajah yang dibuat dari bahan alami (herbal) organik memang sedang mengalami trend belakangan ini.

Pengertian sabun herbal

 

sabun herbal

Gambar contoh Sabun Mandi Herbal

Sabun herbal adalah jenis sabun yang dibuat dari tanaman berkhasiat obat. Untuk dapat dibuat menjadi sabun, zat aktif dalam tanaman tersebut diekstrak (diambil). Selanjutnya bahan aktif tersebut dimasukkan ke dalam resep sabun. Umumnya, bahan tersebut berbentuk cairan (minyak, oil) dan padatan (serbuk).

Definisi lain tentang sabun herbal adalah jenis sabun mandi yang diformulasikan dengan bahan herbal dan cara pembuatannya sederhana, tanpa penambahan bahan sintentis atau bahan aditif lainnya.

Jenis sabun herbal

Jenis sabun wajah yg dibuat dari bahan alami berkhasiat obat dikategorikan sebagai sabun kecantikan dan sabun kesehatan. Jika dibuat menjadi sabun mandi, maka sabun tersebut lebih cenderung tergolong ke dalam sabun kesehatan.

Harga sabun herbal

Khasiat herbal yang terkandung di dalam sabun batangan herbal membuat harga sabun tersebut menjadi sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan sabun biasa.

Bahan alami untuk membuat sabun herbal

Dilansir dari artikelkesehatanwanita.com, beberapa jenis tanaman herbal yg dapat dibuat menjadi sabun adalah lidah buaya, pepaya, mengkudu, sirih, jahe, temulawak, tomat, alpukat, dan bengkoang. Berikut beberapa jenis tanaman herbal untuk sabun yang dilansir dari laman www.healthresource4u.com:

bahan herbal untuk membuat sabun

Gambar ilustrasi bahan herbal untuk membuat sabun

Chamomile

Tanaman chamomile merupakan herbal perawatan kulit yang sangat direkomendasikan dan sifatnya khas. Manfaat chamomile adalah membantu untuk menghilangkan jerawat, luka, luka, luka bakar, ruam, dan gigitan serangga. Efek aromaterapi chamomile adalah mengobati kegelisahan, trauma, dan kecemasan. Selain itu, kandungan aktif chamomile membuat anda tenang dan santai sepanjang hari.

Calendula

Calendula memberikan aroma alami yang menyenangkan untuk sabun. Calendula memiliki banyak kegunaan. Calendula dapat dimanfaatkan untuk teh relaksasi, terutama untuk mengatasi masalah gastrointestinal, menyembuhkan luka, dan sebagai balsem atau salep obat.

Tea tree oil

Khasiat minyak tea tree adalah untuk menyebuhkan kondisi kulit yang rusak karena paparan bahan kimia yang berlebihan. Kemampuan penetrasi minyak tea treaa ini menjadi alasan utama kenapa kemampuan penyembuhannya sangat baik.

Peppermint

Peppermint bisa alternatif terbaik untuk meredakan penyakit dan masalah kulit. Pepermint berkhasiat untuk mengatasi muntah, kelenjar getah bening, mual, sinusitis, dan infeksi pernapasan.

Lavender

Lavender adalah salah satu tanaman untuk perawatan herbal terbaik. Lavender bermanfaat untuk mengatasi tone of skin, distress, dan menghaluskan yang kulit terbakar.

Barberry

Ramuan barberry bermanfaat untuk mengurangi erupsi kulit di tahap psoriasis.

Rosemary

Rosemary bermanfaat untuk meringankan masalah sirkulasi pada rambut dan berguna untuk menghindari kebotakan impulsif.

Arnica Flower

Bunga arnica dapat digunakan untuk menyembuhkan sunburn (kulit terbakar), menghilangkan memar, stres dan pembengkakan kulit.

Kayu cendana (Sandalwood)

Tanaman ini memiliki minyak esensial yang dapat digunakan untuk melembabkan kulit kering dan menahan penuaan dini. Sandalwood berguna untuk menghilangkan iritasi dan gatal-gatal untuk beberapa kondisi kulit berminyak.

Kunyit

Kunyit bermafaat untuk mengatasi cedera kulit dan luka ringan, luka kurap, dan terutama kaki atlet.

Kemangi

Kemangi atau basi bermanfaat untuk mengatasi iritasi kulit, sengatan, gigitan ular dan serangga, dan jerawat kulit. Kemangi dianggap sebagai bahan utama untuk menggosok tubuh aromatik yang merilekskan kulit.

Neem

Tanaman neem dapat menyembuhkan rasa terbakar dan nyeri sambil mengurangi kemerahan lesi yang tidak menentu.

maklon sabun herbal

Cara Membuat Sabun Herbal dari Chip Soap

Jika anda ingin membuat sabun herbal sendiri, maka coba pikirkan untuk membuatnya dengan cara yang termudah dan tersimple. Selain itu coba berpikirlah kreatif untuk menggunakan bahan herbal yang mengandung khasiat untuk kulit dan memiliki aroma yang menyenangkan. Bahan tambahan berupa minyak berkhasiat herbal dan bahan lain seperti susu kambing dan susu sapi juga perlu anda jadikan alternatif untuk membuat sabun wajah herbal. Herbal merupakan bahan alam (natural) dan jika digunakan ke dalam formula sabun maka pilihlah bahan alam yang memiliki khasiat untuk kulit. Berikut adalah tahapan untuk membuat sabun kesehatan berban herbal.

Siapkan alat untuk membuat sabun

Alat yang diperlukan untuk membuat sabun herbal adalah alat tumbuk, saringan, gelas air, cawan penampung, pisau, pengaduk, pemanas (kompor), cetakan sabun.

Jika anda tidak mempunyai sabun gliserin sebagai sabun dasar, maka anda perlu membuat sabun dasar (base soap) terlebih dahulu. Untuk membuatnya maka campurkan minyak dan larutan alkali (soda kaustik). Pembuatan sabun seperti ini menggunakan prinsip reaksi saponifikasi.

Siapkan bahan untuk membuat sabun

Bahan yang diperlukan untuk membuat sabun herbal adalah air, chip soap (sabun gliserin)

Ekstrak bahan aktif dari tanaman herbal

  1. Haluskan bahan herbal yang akan ditambahkan ke dalam formula sabun
  2. Panaskan 60-80 ml air, masukkan bahan herbal, panaskan selam 15 menit hingga tersisa 30-60 ml.

sabun herbal ramuan herbal

Potong-potong sabun gliserin (chip soap)

sabun herbal memotong sabun gliserin

Lelehkan potongan sabun gliserin sambil diaduk perlahan

sabun herbal melelehkan sabun gliserin

Masukkan bahan tambahan ke dalam adonan formula sabun dan aduk perlahan

sabun herbal menambahkan bahan lain

Tuangkan adonan sabun ke dalam cetakan sabun

sabun herbal tuang dalam cetakan

Biarkan sabun selama 30 menit dan permukaan sabun mengeras

sabun herbal biarkan permukaan mengeras

Dinginkan sabun

Letakkan cetakan sabun ke dalam freezer untuk membuat sabun mengeras lebih cepat. Tahapan ini merupakan tahapan opsional.

sabun herbal biarkan permukaan mengeras

Keluarkan sabun dari cetakan

sabun herbal dikeluarkan dari cetakan

Prosedur cara membuat sabun herbal diatas disadur dari wikihow tentang how to make herbal soap.

Manfaat Sabun Herbal

Bergizi untuk kulit (nourishing)

Sabun herbal mengandung kebaikan bahan alami sehingga bergizi untuk kulit. Bahan herbal memiliki khasiat yang membuat kulit nyaman, menyembuhkan dan menghilangkan stres.

Terapeutik

Karakteristik (sifat) herbal dari tanaman yang menetralisir (relief) tensi dan khasiat menyembuhkan mampu menimbulkan efek segar pada pikiran badan dan jiwa.

Aromatik

Sabun herbal memiliki aroma yang unik. Sifat aromatik ini berbeda dengan pewarna dan pewangi (fragrance) buatan. Umumnya sabun dari proses kimia dibuat dari lemak hewan dan sedikit mengandung minyak atsiri (essential oil). Minyak esensial yang diekstrak dari tumbuhan mampu memberikan aroma yang alami dan menyenangkan (wangi).

Menyembuhkan Penyakit Kulit

Anda yang memiliki jenis kulit sensitif atau kulit mengalami penyakit psoriasis atau eksim dapat dibantu penyembuhannya dengan sabun herbal (natural handmade soap). Sabun gliserin adalah jenis sabun yang cocok untuk kulit yang sensitif dan halus. Saat anda membuat sabun alami herbal maka pastikan kandungan (komposisi) gliserinnya tinggi. Gliserin mampu mempertahankan kulit tetap sehat dan lembut dengan cara mengabsorp air di udara.

Ramah Lingkungan

Sabun yang dibuat dari bahan kimia cenderung berbahaya untuk lingkungan. Berbeda dengan sabun batang kimia, sabun organik herbal yang mengandung ingredient alami akan bersifat ramah lingkungan karena bahan dari alam lebih mudah terurai secara alami.

Jasa Maklon Sabun Herbal BPOM

Bagi anda pelaku UMKM yang ingin produksi sabun atau ingin jualan sabun dengan jasa maklon, silakan gunakan jasa pembuatan sabun. Jika anda tertarik untuk membeli mesin pembuat sabun untuk produksi sabun batangan (padat) dan sabun cair harga termurah & terbaru maka silakan hubungi PT. ADEV Natural Indonesia. Produsen sabun yang berlokasi di Bogor ini jual mesin pembuat sabun lengkap seperti mixer sabun & alat pencetak sabun (mold), extruder dan mesin pengemas. Perusahaan sabun ini juga menawarkan jasa maklon sabun sehingga anda bisa memasarkan sabun dengan merek anda sendiri. Untuk harga mesin pembuat sabun terbaru, call 0251-7539769 atau kontak adev natural. Melayani jasa maklon kosmetik Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi Bandung Surabaya Solo Jogja dan seluruh Indonesia.

Selamat membuat atau berbelanja sabun alami dan  herbal yang merupakan salah satu sabun natural.

Tags: cara membuat sabun mandi herbal, cara membuat sabun herbal, cara membuat sabun alami dari buah, manfaat membuat sabun alami, cara membuat sabun temulawak, sabun herbal, brosur sabun herbal, pengertian sabun herbal, sabun cuci muka herbal cuci muka herbal yang memutihkan, bahan untuk membuat sabun muka, sabun muka berbahan dasar tomat, resep sabun kecantikan, Produksi sabun wajah herbal, cara membuat sabun wajah cair alami, buatsabunperawatan, Bikin sabun jerawat, tahapan dalam membuat ramuan herbal secara terperinci

Last Updated on by

6 Comments

    1. Yth Nabil Annisa,
      Untuk skala rumah tangga anda dapat menggunakan kompor (gambar 4). Usahakan panas yang dihasilkan stabil sehingga suhu reaksi yang diinginkan dapat dicapai.
      Selamat bereksperimen membuat sabun
      Terima Kasih

    1. Dear Mita
      Bisa langsung digunakan, tidak perlu menunggu lama, asalkan selama proses pembuatannya sabun yang dibuat dengan formulasi ekses fat sehingga tidak ada kelebihan alkali yang dapat mengiritasi kulit.
      Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *