Adev Natural Indonesia, PT – Jasa Maklon Kosmetik Sabun

13 Penyebab Awal Munculnya Jerawat

Berbagai macam masalah kulit pasti pernah kamu alami. Apabila kita terkena masalah kulit pasti akan membuat diri kita kurang percaya diri. Salah satu masalah kulit yang sering muncul atau menyerang setiap orang adalah jerawat. Penyakit yang satu ini merupakan masalah kulit yang cukup membuat kesal, terutama bagi kaum wanita. Apalagi kalo jerawatnya bernanah, meradang dan bikin gatal. Setelah diobati pun, gak sembuh sembuh, gak hilang-hilang dan gak mau hilang. Masih membandel aja tuh jerawat (Acne vulgaris).

Jerawat itu bikin gak pede lho. Bahkan setelah diobati, terkadang jerawat meninggalkan bekas seperti flek hitam, bopeng, bruntusan,

13 Penyebab Awal Munculnya Jerawat

Pada gambar di atas, anda dapat melihat 5 faktor penyebab munculnya/adanya jerawat di wajah. Kenyataanya, jerawat tidak hanya muncul di area muka seperti dagu, kelopak mata, dahi, janggut, jidat/kening, pipi, dan hidung. Bagian tubuh lain yang sering dihinggapi jerawat adalah punggung, leher, alat vital (buah zakar atau miss v). Orang kebanyakan mengenal tumbuhnya jerawat sebagai akibat perubahan hormon dan alergi. apakah anggapan tersebut benar, yuk kita cari tahu.

Penyebab jerawat itu apa aja sih? Nah berikut adevnatural.com coba jelaskan 13 penyebab awal munculnya jerawat yang perlu kamu mengerti :

  1. Masa Pubertas

Pada masa puber, seseorang akan mengalami banyak perubahan fisik dan juga hormonnya. Pada periode inilah hormon pada tubuh akan mengalami perubahan yang menyebabkan munculnya jerawat. Bisanya pada gadis puber, jerawat akan banyak muncul pada saat menstruasi.

 

  1. Faktor Stres

Penelitian menyebutkan jika seseorang mengalami stres, maka produksi hormon adrenalin dalam tubuh akan meningkat. Jika hormon satu ini berlebih dalam tubuh, maka yang terjadi adalah munculnya masalah kulit yakni jerawat.

 

  1. Kurang Asupan Vitamin A

Jika tubuh kekurangan asupan Vitamin A, maka yang akan terjadi adalah kelenjar kulit menjadi tidak sehat. Kulit tidak dapat memerangi virus dan bakteri penyebab dari jerawat. Selain itu juga, Vitamin A berguna menjadi antoksidan kulit yang bekerja untuk menjaga kesehatan kulit dari serangan radikal bebas berbahaya. Baca juga tentang vitamin C.

 

  1. Kulit Berminyak

Jenis kulit berminyak sangat berbeda dengan jenis kulit lainnya, karena kadar minyak yang terkandung dalam kulit sangat banyak. Hal ini akan berdampak wajah mudah terserang oleh bakteri. Wajah yang berminyak membuat bakteri mudah untuk menempel, sehingga menyebabkan kulit mudah sekali berjerawat. Baca artikel mengenali jenis kulit.

 

  1. Pola Makan Tidak Sehat

Salah satu penyebab jerawat yang sering dialami oleh kebanyakan orang berasal dari asupan yang tidak sehat seperti junk food atau makanan cepat saji, goreng-gorengan, dan makanan mengandung gula yang tinggi. Semua makanan tidak sehat seperti itu dapat berdampak kepada kesehatan kulit salah satunya mudah sekali terkena jerawat. Baca manfaat lidah buaya untuk wajah.

 

  1. Kurang Minum Air Putih

Apabila tubuh kurang asupan air putih maka metabolisme dalam tubuh dapat terganggu dan hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya masalah kulit, salah satunya adalah jerawat. Air putih berguna untuk meluruhkan kelebihan kadar minyak dalam tubuh.

 

  1. Polusi

Sewaktu wajah terlalu lama terpapar oleh udara yang terpolusi, bakteri dan juga virus dapat menempel pada wajah. Hal tersebut merupakan awal dari timbulnya jerawat.

 

  1. Alergi Kosmetik

Jangan sering bergonta-ganti alat kosmetik, karena hal tersebut dapat berpengaruh menimbulkan masalah kulit terutama jerawat. Karena bahan dalam setiap kosmetik berbeda-beda, bahan tersebut kadang cocok atau malah membuat kulit menjadi alergi yang menyebabkan masalah kulit.

 

  1. Paparan Langsung Sinar Matahari

Sinar matahari atau sinar ultraviolet tidak baik bagi kesehatan kulit wajah. Jika wajah terpapar terlalu lama oleh sinar matahari, dapat mengakibatkan jaringan luar dari kulit wajah menjadi rusak. Jika jaringan tersebut rusak, maka yang terjadi adalah perlindungan terluar dari kulit wajah menghilang dan menjadikan kulit menjadi rentan untuk terserang bakteri dan virus penyebab masalah kulit terutama jerawat.

 

  1. Seringnya Tangan Menyentuh Wajah

Pada umumnya tanpa sengaja diri kita sering sekali menyentuh wajah, terlebih jika wajah terdapat jerawat yang mengganggu. Kita sering memencetnya hingga mengeluarkan darah, hal tersebut sangatlah tidak dianjurkan. Padahal tangan merupakan sarang dari kuman dan bakteri yang tidak baik bagi kesehatan kulit wajah. Jika bekas jerawat tadi terpegang oleh tangan, maka yang akan terjadi adalah jerawat akan semakin banyak dan mungkin bisa meradang.

 

  1. Jarang Membersihkan Wajah

Jika sesudah melakukan rutinitas diluar ruangan, sebaiknya sesampainya di rumah segerakan untuk membersihkan wajah. Jika hal tersebut tidak kamu lakukan, maka wajah dapat terserang berbagai masalah kulit terutama jerawat yang disebabkan oleh penumpukan kotoran, bakteri dan virus pada wajah.

 

  1. Merokok dan Minuman Beralkohol

Perlu kamu ketahui jika zat yang dikandung oleh rokok dapat merusak pembentukan sel dalam kulit. Maka regenerasi kulit akan terhambat akibat tercemar oleh zat nikotin. Jika hal tersebut terjadi masalah kulit dapat meyerang kapanpun terutama masalah jerawat. Selain dari dalam, faktor lainnya adalah wajah terpapar langsung oleh kandungan CO2 pada asap rokok yang juga pemicu dari munculnya jerawat.

Minuman alkohol tak jauh berbeda dengan rokok, karena kandungan berbahaya pada alkohol dapat menyebabkan rusaknya seluruh jaringan tubuh, terutama jaringan kulit. Hal tersebut berimbas pada kesehatan kulit wajah yang mudah terserang oleh jerawat.

 

  1. Kurang Tidur

Apabila pola tidur Anda tidak teratur, maka yang akan terjadi adalah hormon dalam tubuh menjadi tidak karuan dan daya tahan tubuh menjadi turun. Hal tersebut membuat jerawat dapat tumbuh subur, maka sebaiknya rubah pola hidup kamu.

Setelah mengetahui penyebab jerawat di atas, mari kita hindari. Daripada mengobati jerawat yang terus muncul dan tak kunjung hilang, lebih baik mencegak munculnya jerawat dengan pola hidup sehat.

Semoga artikel ini menambah wawasan dan pengetahun anda. Baca juga artikel cara mengatasi jerawat dengan jeruk nipis.

13 Penyebab Awal Munculnya Jerawat
Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

6,828 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress