Sabun Transparan: Cara Membuat Sabun Transparan dan Harga Jual

Sabun Transparan: Cara Membuat Sabun Transparan dan Harga Jual

Sabun transparan yang dibuat dari minyak kelapa murni atau VCO (Virgin Coconut Oil) memiliki manfaat yang baik untuk wajah. Perbedaan sabun transparan dan sabun biasa terletak pada penampilan fisiknya. Sabun transparan terlihat lebih bening dibandingkan dengan sabun biasa. Namun demikian, dasar teori pembuatan sabun transparan itu sama dengan sabun biasa.

Saat ini, sabun bening atau transparan dianggap sebagai sabun kecantikan yang memiliki nilai bisnis fantastis. Lihat saja sejarah sabun transparan di internet. Jika anda perhatikan lapak online (baca marketplace) seperti Tokopedia dan BukaLapak, maka anda akan mendapati sabun transparant tersedia dalam berbagai merk. Sabun transparan ini juga menarik para pengusaha MLM untuk selanjutnya dipasarkan ke anggotanya.

Jika anda tertarik untuk menggunakan jasa maklon kosmetik murah dari pabrik/perusahaan jasa maklon, silakan call 081297010812 untuk informasi biaya dan harga jasa maklon kosmetik (shampo) terupdate dari PT. ADEV Natural Indonesia.

Dalam artikel ini, anda akan membaca tentang apa itu sabun transparan, bahan dan cara untuk membuat sabun transparan, harga jual sabun transparan dan dimana tempat untuk membeli sabun transparan. Yuk simak selengkapnya.

Pengertian Sabun Transparan Adalah

Menurut M Yashleen via indiatimes.com, sabun transparan adalah jenis sabun dari gliserin yang bagiannya tersusun atas garam sabun dan pelarut. Natrium hidroksida yang digunakan dalam pembuatan sabun menyebabkan terbentuknya kristal di dalam sabun. Kristal tersebut mengakibatkan sabun menjadi buram (opaque).

Untuk membuat sabun jadi transparan, maka kristal di dalam sabun harus dilarutkan dengan pelarut sehingga ukuran kristal menjadi sangat kecil. Kecilnya ukuran kristal tersebut membuat cahaya bisa menembus sabun dengan bebas, sehingga membuat sabun terlihat transparan (transparent).

Tidak ada ukuran pasti tentang berapa jumlah pelarut yang dibutuhkan untuk membuat sabun menjadi transparan. Cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menemukan jumlah pelarut tersebut adalah dengan menggunakan rasio (perbandingan). Anda bisa memulainya dengan rasio pelarut dan sabun adalah 60:40. Selanjutnya anda bisa bereksperimen dengan rasio pelarut sabun adalah 50:50 dan seterusnya.

Sabun transparan adalah salah satu jenis sabun unik karena tembus pandang yang digunakan untuk wajah dan badan. Sabun kecantikan jenis ini memiliki kelebihan dalam hal penampilannya yang transparan atau tembus cahaya sehingga menarik mata pelanggan.

Sabun Transparan adevnatural.com

Sejarah Sabun Transparan

Dikutip dari realmofhistory.com, Sabun tertua digunakan untuk tujuan ritual oleh pendeta Sumeria. Mereka mensucikan diri dengan sabun sebelum melakukan upacara sakral. Selanjutnya, beberapa versi sabun yang dimodifikasi dan digunakan untuk mengobati penyakit kulit.

Bangsa Mesir kuno (sekitar 1500 SM) merancang teknik dan metode untuk meramu komponen seperti sabun, caranya mencampur alkali dengan minyak. Hal tersebut dibuktikan oleh beberapa spesimen papirus. Selanjutnya, bangsa Neo-Babylonia memperbaiki resep sabun ‘washing-stone’. Mereka menggabungkan abu, ekstrak cypress dan minyak wijen, pada abad ke-6 SM.

sejarah sabun

Gambar ilustrasi sejarah sabun di Mesir

Sejarah pembuatan sabun sudah ada sejak abad ke-8 Masehi. Berdasasarkan tulisan N Elisseeff dalam Ensiklopedia Islam volume IV yang berjudul “Qasr al-Hayr al-Sharqi“para arkeolog menemukan bukti pembuatan sabun pada masa kekhalifahan Islam sedang mengalami masa kejayaan (keemasan).

Al-Maqdisi seorang muslim yang ahli ilmu kelahiran Yerusalem mengungkapkan kemajuan industri sabun di dunia Islam dalam risalahnya yang berjudul “Ahsan al-Taqasim fi ma’rifat al-aqalim“. Menurut al Maqdisi, pada abad ke-10 Masehi, kota Nablus (Palestina) sangat terkenal sebagai pusat industri sabun. Selanjutnya, sabun dari kota Nablus tersebut dikirmikam ke kota-kota Islam pada masa itu.

buku al maqdisi

Raja al-Muzaffar Yusuf ibnu Umar ibnu ‘Ali ibn Rasul mengisahkan bahwa Suriah sangat dikenal sebagai penghasil sabun keras (hard soap) untuk keperluan di toilet pada abad ke 13 Masehi.

Al-Maqdisi juga menyebutkan bahwa sabun juga dibuat kota-kota di kawasan Mediterania, termasuk di Spanyol Islam. Kali itu, Andalusia dikenal sebagai penghasil sabun dari minyak zaitun (olive oil). M Shatzmiller dalam tulisannya bertajuk al-Muwahhidun, yang tertulis dalam Ensiklopedia Islam terbitan Brill Leiden, juga mengungkapkan betapa pesatnya industri sabun berkembang di dunia Islam. Menurut Shatzmiller, pada tahun 1200 M, di Kota Fez (Maroko) terdapat 27 pabrik sabun.

Sungguh demikian panjang sejarah sabun.

Bahan Pembuatan Sabun Transparan

Bahan untuk membuat sabun terdiri atas bahan baku (dasar) sabun dan bahan pembantu (pendukung, penolong).

Bahan Baku/Dasar Sabun

Apa pun jenis sabun, apakah itu sabun cair atau sabun batang bahan bakunya sama yakni minyak (lemak) dan alkali (basa, lye).  Perbedaan sabun cair dan sabun batang adalah penggunaan jenis alkali yang digunakan dalam reaksi penyabunan. Untuk membuat sabun cair digunakan alkali berupa KOH (Kalium atau potasium hidroksida, sedangkan dalam pembuatan sabun batangan digunakan alkali berupa NaOH (Natrium atau sodium hidroksida).

bahan pembuat sabun

Bahan alami pembuatan sabun

Minyak atau lemak merupakan bahan alami pembuatan sabun. Sebenarnya komponen penyusun lemak/minyak yang berupa asam lemak adalah bahan baku alami pembuatan sabun. Asam lemak ini bersama gliserol membentuk trigliserida. Trigliserida inilah yang direaksikan dengan alkali membentuk garam (berupa sabun). Reaksi ini merupakan reaksi penggaraman atau penetralan. Karena tujuan reaksi adalah membentuk sabun, maka reaksinya disebut dengan reaksi penyabunan.

Perbedaan minyak dan lemak terletak pada segi bentuk fisiknya. Pada suhu ruang, lemak cenderung berbentuk padat (solid) sedangkang minyak berbentuk cair (liquid). Perbedaan lainnya terletak pada asal bahan tersebut berasal. Lemak umumnya diperoleh dari hewan (animal), sedangkan minyak diekstrak dari tanaman. Menurut pediaa.com, perbedaan minyak dan lemak ditinjau dari struktur asam lemaknya (secara kimia) adalah komponen utama minyak berupa asam lemak jenuh (saturated fatty acid) sedangkan komponen utama lemak adalah asam lemak tidak jenuh (unsaturated fatty acid).

Tabel 1. Perbedaan lemak dan minyak

PerbedaanLemakMinyak
PenjelasanLemak adalah ester asam lemak dari gliserol dan penimbunan energi utama pada hewanMinyak berfungsi untuk mencari kolesterol yang menyubat arteri pada aliran darah dan membawanya ke hati (liver) untuk selanjutnya diproses
Asal kataMiddle English, from Old English fǣtt, past participle of fǣtan to cram; akin to Old High German feizit fatMiddle English oile, from Anglo-French, from Latin oleum olive oil, from Greek elaion, from elaia olive
Kapan ditemukanAbad ke-12Abad ke-13
Kondisi pada suhu ruangPadatCair
Diperoleh dariHewanTanaman
JenisLemak translemak tidak jenuh tunggal
Lemak tidak jenuhlemak tidak jenuh ganda
Lemak jenuh
Lemak total
FungsiDerajat jenuhCadangan energi
Panjang struktur asam lemakMelindungi organ vital dan pelindung panas
Konfigurasi Cis-transMedia transport untuk vitamin larut minyak
Struktur kristalHunger suppressor
ContohAnimal fats –Vegetable fats –
ButterOlive oil
CreamPeanut oil
LardSeed oil

Referensi differencebetween.info

Dalam pembuatan sabun bening minyak yang digunakan adalah minyak kelapa. Minyak kelapa tersusun atas asam lemak (rantai hidrokarbon) dengan panjang rantai karbon yang pendek, secara umum dibawah 18. Beberapa produsen sabun membuat sabun transparan dari minyak kelapa murni atau VCO (virgin coconut oil). VCO adalah jenis minyak kelapa yang kaya nutrisi. Harga jual sabun bening dari VCO tentu lebih mahal dibandingkan sabun yang dibuat dari minyak kelapa biasa.

Bahan kimia pembuat sabun yang utama

Alkali berupa basa kuat (NaOH dan KOH) merupakan bahan kimia utama yang digunakan dalam pembuatan sabun. Untuk membuat sabun cair digunakan alkali berupa KOH (Kalium atau potasium hidroksida, sedangkan dalam pembuatan sabun batangan digunakan alkali berupa NaOH (Natrium atau sodium hidroksida).

Tahukah anda bahwa alkali berasal dari bahasa Arab al-qali yang bermakna abu? Elemen ini jika bereaksi dengan air akan terurai menjadi ion hidroksida dan membentuk larutan alkali (alkaline solution). Lihat skrinsut berikut ini.

alkali

Referensi alkali berasal dari bahasa Arab adaalah vanderkrogt.netlibretexts.org, dan stepfeed.com.

KOH

Kalium hidroksida adalah suatu senyawa anorganik dengan rumus kimia KOH, dan umumnya disebut sebagai potash kaustik. Bersama dengan natrium hidroksida, padatan tak berwarna ini adalah suatu basa kuat. Dikutip dari Wikipedia berikut adalah beberapa informasi terkait KOH.

Rumus: KOH
Nama IUPAC: Potassium hydroxide
Massa molar: 56,1056 g/mol
Kepadatan: 2,12 g/cm³
Titik didih: 1.327°C
Larut dalam: Air, Alkohol, Gliserol

NaOH

Natrium hidroksida, juga dikenal sebagai soda kaustik, soda api, atau sodium hidroksida, adalah sejenis basa logam kaustik. Natrium Hidroksida terbentuk dari oksida basa Natrium Oksida dilarutkan dalam air. Wikipedia

Rumus: NaOH
Massa molar: 39,997 g/mol
Terkait: Litium hidroksida; Kalium hidroksida; Rubidium hidroksida; Sesium hidroksida
Kebasaan (pKb): -2,43
NFPA 704: 0 3 1
Nama IUPAC: Sodium oxidanide, Sodium hydroxide

Bahan tambahan sabun

Bahan tambahan/pendukung dalam pembuatan sabun adalah jenis bahan selain bahan baku/utama. Bahan tambahan sabun digunakan untuk meningkatkan kualitas produk sabun, baik dari nilai guna maupun dari daya tarik. Bahan pendukung yang umum dipakai dalam proses pembuatan sabun di antaranya natrium klorida, natrium karbonat, natrium fosfat, parfum, dan pewarna.

Telah diuraikan sebelumnya bahwa bahan yang digunakan untuk membuat sabun transparant adalah minyak dan  alkali (lye). Untuk memperbaiki kualitas sabun seperti supaya lebih bening/transparan atau lebih wangi anda dapat menambahkan bahan lain. Inilah yang disebut dengan bahan tambahan sabun. Umumnya dalam pembuatan sabun transparan berbasis alkohol digunakan etanol, gliserin, gula pasir, pewarna, pewangi dan pengawet.

Etanol

Etanol, disebut juga etil alkohol, alkohol murni, alkohol absolut, atau alkohol saja, adalah sejenis cairan yang mudah menguap, mudah terbakar, tak berwarna, dan merupakan alkohol yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan data dari Wikipedia berikut data tentang etanol.
Rumus: C2H6O
Titik didih: 78,37°C
Titik nyala: 13 °C (55.4 °F)
Viskositas: 1,200 cP (20 °C)
Rumus molekul: C2H5OH
Kelarutan dalam air: tercampur penuh

Gliserin/Gliserol

Gliserol adalah senyawa gliserida yang paling sederhana, dengan hidroksil yang bersifat hidrofilik dan higroskopik. Gliserol merupakan komponen yang menyusun berbagai macam lipid, termasuk trigliserida. Wikipedia
Rumus: C3H8O3
Kepadatan: 1,26 g/cm³
Nama IUPAC: propane-1,2,3-triol
Massa molar: 92,09382 g/mol
Titik lebur: 17,8°C
Titik didih: 290°C

Alat Untuk Membuat Sabun di Rumah

Sabun transparan dapat dibuat dengan menggunakan alat yang sederhana. Anda dapat membeli mesin pembuat sabun di kami. Bahkan, dalam skala rumah tangga, peralatan rumah tangga seperti panci pun dapat digunakan untuk membuat sabun transparant.

  • Panci kecil (Small Crock Pot)
  • Pengaduk atau spatula dari karet atau silikon (Rubber or Silicone Spatula)
  • Cetakan sabun dengan kapasitas 40 oz (Soap Mold with 40 oz Capacity)
  • Timbangan (Scale)
  • Gelas ukur (Measuring Containers)

alat untuk membuat sabun

Resep Sabun Transparan

Aneka macam bahan dalam pembuatan sabun tersebut selanjutnya digabungkan menjadi satu formula atau satu resep. Jumlah (takaran) dan jenis bahan sabun itu berbeda-beda komposisinya. Oleh karena itu, meskipun nama produknya sama sabun bening, bisa saja komponen penyusunnya berbeda dalam hal jumlah dan jenis bahan. Baca resep dan fungsi bahan sabun yang transparan. Harga jual sabun transparan bergantung komponen aktif yang masuk ke dalam resep cara membuat sabun wajah transparan itu sendiri. Berikut adalah contoh resep dalam pembuatan sabun transparan.

1.5 oz Sodium Hidroksida (NaOH)
3.0 oz Air terdistilasi (aquades)
3.2 oz Minyak jarak (Castor Oil)
1.0 oz Minyak kelapa (Coconut Oil)
4.2 oz Asam stearat (Stearic Acid)
1.9 oz Asam miristat atau asam laurat (Myristic Acid OR Lauric Acid) (pilih salah satu saja!)
7.0 oz Cocamidopropyl Betaine
12.0 oz Propylene Glycol
6.5 oz Larutan sorbitol 70% (Sorbitol 70% Solution)
2.5 oz Vegetable Glycerin
1.2 oz Triethanolamine (TEA)

Selanjutnya kita simak cara membuat sabun transparant dan beberapa tips sederhana pembuatan sabun transparant.

resep sabun transparan

Gambar ilustrasi resep sabun transparan

Dasar Teori Pembuatan Sabun

Sabun adalah bentuk garam natrium atau garam kalium dari asam lemak rantai panjang. Ketika trigliserida dalam lemak/minyak bereaksi dengan larutan NaOH atau KOH, maka trigliserida diubah menjadi sabun dan gliserol. Reaksi ini disebut dengan hidrolisis alkali (basa) dari ester. Karena reaksi ini mengarah pada pembentukan sabun, itu disebut proses atau reaksi Saponifikasi.

Prinsip dasar untuk membuat sabun transparant adalah membuat garam (sabun) dari trigliserida (ada di dalam minyak). Disini, kita perlu mereaksikan minyak dengan garam alkali (contohnya: sodium hiroksida atau NaOH). Anda perlu memperhatikan proses reaksi saponifikasi (penyabunan) secara detil dan seksama. Perhatikan suhu reaksi, lama reaksi, dan bahan tambahan (pewangi, pengawet, pewarna) yang digunakan pada saat reaksi saponifikasi seperti yang diperlihatkan pada gambar berikut

reaksi penyabunan

reaksi penyabunan atau reaksi saponifikasi

Gambar ilustrasi reaksi penyabunan atara trigliserida dalam minyak/lemak dengan sodium hidroksida

Molekul sabun tersusun atas 2 bagian, yakni gugus polar (-COO-Na +) dan gugus non-polar (bagian R-hidrokarbon). Gugus polar disebut kepala dan gugus non-polar disebut ekor. Dengan demikian, molekul sabun memiliki kepala polar dan ekor hidrokarbon non polar. Kepala polar bersifat hidrofilik (mencintai air) dan ekor non polar bersifat hidrofobik (penolak air) di alam.

struktur molekul sabun

Gambar struktur molekul sabun

Langkah-langkah membuat sabun tranparan

Persiapan Bahan Sabun

Tahapan pertama yang harus dilakukan dalam membuat sabun adalah mempersiapkan bahan baku dan bahan tambahan yang diperlukan untuk memproduksi sabun transparan. Bahan baku yang diperlukan adalah asam stearat, minyak (kelapa, sawit, jarak, jagung kedelai dll), NaOH, gliserin, etanol, gula pasir, Coco DEA. Adapun bahan tambahan yang harus disiapkan adalah NaCl, Asam Sitrat, pewarna dan pewangi.

Penimbangan Bahan Sabun

Bahan-bahan yang telah disiapkan kemudian ditimbang sesuai dengan formula yang telah ditentukan. Penimbangan bahan-bahan harus dilakukan seteliti mungkin. Jika keliru dalam menimbang bahan baku dan bahan tambahan berdampak pada terjadinya perbedaan karakteristik, sehingga karakteristik produk sabun transparan yang dihasilkan tidak sesuai dengan standar.

Pemanasan Bahan Sabun

Pemanasan dilakukan untuk melelehkan bahan yang berbentuk padatan agar dapat dengan mudah dicampur dengan bahan lain yang berbentuk cairan. Bahan yang perlu dilelehkan adalah asam stearat, dilelehkan pada suhu 60 oC.

Pencampuran ( Blending) Bahan Sabun

Proses pencampuran dilakukan setelah bahan baku berbentuk padat dilelehkan. Hasil pelelehan kemudian dicampur dengan bahan – bahan lain yang berbentuk cairan maupun dengan bahan yang berbentuk padat lainnya yang tidak perlu dilelehkan terlebih dahulu. Pencampuran bahan-bahan dilakukan pada suhu sekitar 70 – 80 oC, kecuali pada penambahan pewarna dan pewangi yang dilakukan pada suhu 40 oC.

Pengadukan Adonan Sabun

Selama proses pencampuran berlangsung, pengadukan harus dilakukan secara kontinyu. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan sediaan sabun transparan yang homogen. Apabila tidak dilakukan pengadukan secara kontinyu beberapa bahan yang dicampurkan menjadi tidak merata dan menggumpal. Hal tersebut akan mempengaruhi tampilan sabun transparan.

Pencetakan Adonan Sabun

Proses pencetakan dilakukan dengan menuangkan sediaan sabun transparan ke dalam cetakan sabun. Bahan cetakan sabun dapat berupa stainless steel, plastik, kayu, fiber dll. Model cetakan disesuaikan dengan bentuk sabun yang akan dihasilkan, misalnya bulat oval, persegi dan sebagainya.

Setelah dituangkan ke dalam cetakan, sediaan sabun dibiarkan selama beberapa saat supaya sabun mengeras sempurna. Proses pengerasan (aging) dilakukan pada suhu kamar selama 1 bulan.

Pengemasan Sabun

Pengemasan dilakukan dengan menggunakan bahan kemasan plastik atau kertas. Untuk bahan plastik digunakan jenis plastik wrapping yang elastis. Untuk bahan kertas digunakan jenis kertas yang tipis. Pengemasan sabun transparan dapat dilakukan secara manual.

Cara Membuat Sabun Transparan [Video]

Untuk memudahkan anda dalam pembuatan sabun, silakan lihat video berikut.

Setelah dikemas, sabun bening anda siap untuk dijual. Berapa harga jual sabun transaparan?

Cara Menentukan Harga Jual Sabun Transparan

Tidak ada aturan baku mengenai berapa harga jual sabun transparant yang terbaik. Produsen sabun memiliki kewenangan dalam hal penentuan harga tersebut.

Dalam penentuan harga jualnya, produsen akan memperhitungkan daya beli konsumen, ongkos produksi, keuntungan yang ingin diambil dan faktor lainnya. Bagi anda yang mencari harga sabun transparant dengan harga murah, ada baiknya anda memperhatikan kredibilitas perusahaan sabun. Jangan hanya terpaku pada kata murah. Kata terjangkau mungkin lebih representatif, meskipun harga yang ditawarkan lebih tinggi namun ada jaminan kualitas dalam produk tersebut.

Sabun Cuci Muka

Gambar ilustrasi contoh sabun transparan

Harga sabun transparant di pasaran sangat beragam. Di pasaran, harga jual sabun transparan berkisar Rp 12.000. per 50 gram. Jika anda mendapati penjual dengan harga retail, mungkin harga tersebut akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan anda mendapatkan penjual yang sekaligus distributor atau produsen sabun dan kosmetik.

PT Adev Natural Indonesia adalah perusahaan yang menjual sabun transparan dengan berbagai macam varian warna, ukuran atau dimensi, bentuk, arom dan bahan khusus yang ingin ditambahkan dalam formula sabun seperti ramuan herbal, madu atau pun susu.

Perusahaam MLM Sabun Transparan

Jenis sabun kecantikan yang bening atau transparanbanyak dijualbelikan secara online dan offline. Silakan cek marketplace seperti Tokopedia dan BukaLapak.

Perusahaan MLM (Multi Level Marketing) seperti Gove (Gold Versatile) dan PT. Herba Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) juga turut memasarkan produk sabun kecantikan . Perusahaan MLM tersebut menjual sabun bening dengan sistem keanggotaan (membership). HPAI berdiri sejak 19 Maret 2012. Perusahaan ini menjual aneka jenis sabun transparan seperti sabun madu transparan , sabun propolis transparan dan sabun kolagen transparan.

Produsen Sabun Transparan

Anda dapat menghubungi kontak perusahaan sabun transparan, PT. ADEV Natural Indonesia, untuk mendapatkan penaran khusus mengenai maklon sabun transparan ataupun maklon kosmetik secara umum. PT. Adev Natural Indonesia memiliki produk ini dalam jumlah yang tersedia (in stock) cukup. Jika anda tertarik untuk menggunakan jasa maklon kosmetik murah dari pabrik/perusahaan jasa maklon, silakan call 081297010812 untuk informasi biaya dan harga jasa maklon kosmetik (shampo) terupdate dari PT. ADEV Natural Indonesia.

Demikianlah artikel singkat tentang apa itu sabun transparan, cara membuat sabun transparan, harga jual sabun transparan dan bahan yang digunakan dalam pembuatan sabun transparan

Sabun Transparan: Cara Membuat Sabun Transparan dan Harga Jual
4.8 (96%) 35 votes

Tags: Sabun transparan, sabun transparan adalah, pengertian sabun transparan, sabun tranparan, sabun tramsfaran, sabun tra, pt bpk bekasi produksi sabun shinzui, jual sabun transparant, jual sabun transparan batangan, dimanakah toko yang menjual sabun bahan dasar handmade di bandung, dimana beli sabun transparan, contoh upk pembuatan sabun transparan

15 pemikiran pada “Sabun Transparan: Cara Membuat Sabun Transparan dan Harga Jual

    • Selamat sore Sdr Alfi,

      Terima kasih atas kesediaan dan keinginan bapak untuk menjadi agen produk kami. Akan kami kirimkan syarat dan ketentuan menjadi agen kami. Untuk fast response silakan hubungi BB atau line telepon yang tersedia di halaman kontak

      Terima kasih

  1. Halo admin, mau tanya apakah ada dampak negatif atau yang lainnya jika gliserin ketemu dengan Minyak Atisiri dan Air mawar? mohon untuk membalas… trimakasih ^_^

    • Yth Bpk Achmad Didit H
      Gliserin atau gliserol merupakan senyawa yang dihasilkan dari reaksi penyabunan, yaitu reaksi antara asam lemak (ada di dalam lemak dan minyak) dengan basa kuat (NaOH atau KOH). Reaksi penyabunan yang berhasil dicirikan terbentuknya trace atau lapisan gliserin tersebut. Umumnya, gliserin sendiri ditambahkan ke dalam reaksi penyabunan karena gliserin yang terbentuk masih dalam jumlah sedikit. Jadi penambahan gliserin ke dalam minyak atsiri tidak berbahaya.

      Air mawar umumnya merupakan ekstrak mawar yang dilarutkan ke dalam pelarut, biasanya digunakan alkohol (etanol). Gliserin sendiri bereaksi atau larut di dalam alkohol seperti halnya minyak yang larut di dalam alkohol.

      Penambahan air mawar ke dalam minyak dan gliserin berfungsi untuk melarutkan kedua bahan tersebut sehingga membentuk satu larutan yang stabil.

      Kesimpulannya adalah tidak ada dampak negatif pencampuran minyak atisiri, gliserin dan air mawar selama dalam komposisi yang seimbang.

      Semoga membantu

      Terima kasih

  2. saya dari PT anugerah bangun mandiri perusahaan marketing yang baru berdiri. kami mencari produk berkualitas untuk kami pasarkan melalui sistem dairek selling/mlm. apa bisa kami daftar sebagai distributor dari perusahaan bapak. kami ingin menjual produk produk yang bisa memutihkan wajah/tubuh.termasuk sabun transparan . bagaimana cara dan syaratnya agar kami bisa menjadi distributor bapak, trimakasih

    • Permintaan bapak sudah kami teruskan ke bagian yang bertanggungjawab. Untuk mendapatkan respon lebih cepat, silakan hubungi kontak yang tertera di halaman kontak. Silakan hubungi beliau, dan sebutkan nama Slamet Purwanto. Semoga mendapatkan diskon….

    • Ini sabun. Bukan permen. Penampilan yang transparan dan glossy sehingga mirip permen. Maka dari itu, jauhkan dari jangkauan anak-anak jika dipajang untuk hiasan

  3. Ini sabun yang direkomendasikan sama dokter kulit saya nih waktu saya masih di Bogor. Kalo beli untuk pribadi boleh ga? Soalnya sabunnya udah mau habis dan ga ada yang jual di tempat saya sekarang.

Tinggalkan komentar

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

x Shield Logo
This Site Is Protected By
The Shield →